Rute Pendakian di Objek Wisata Gunung Semeru – Objek wisata gunung semeru ternyata masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dengan memiliki luasan sekitar 50.273 hektar, taman nasional ini juga jadi tempat berdirinya gunung-gunung yang lain, seperti gunung batok, gunung widodaren, dan gunung bromo. Tapi, diantaranya semua gunung tersebut, gunun semerulah yang paling tinggi dengan ketinggian yang mencapai 3.676 mdpl.
Objek wisata gunung semeru adalah salah satu destinasi wisata gunung berapi yang hingga kini paling aktif di Indonesia. Yang mana, menurut catatan di setiap 20 menit sekali gunung ini akan mengeluarkan kepulan asap yang disebut “Wedhus Gembel”, tak hanya itu saja, gunung semeru juga mengeluarkan material lainnya seperti batu kerikil dan pasir.
Gunung semeru yang memiliki puncak paling populer dengan nma mahameru dikalangan para pendaki, sehingga gunung ini seolah-olah menjadi magnet yang akan terus menarik perhatian bagi para pendaki untuk datang dan menaklukkan ketinggiannya tersebut.
Rute pendakian di objek wisata gunung semeru
Ranu pane – ranu kumbolo
Perjalanan Anda nantinya akan dimulai dari ranu pane menuju ke ranu kumbolo dengan melalui watu rejeng. Anda dapat menyewa tenaga pemandu atau pun berjalan kaki dengan mengikuti jalanan setapak menuju ke ranu kumbolo. Perjalanan Anda ini akan memakan waktu 3 jam.
Ranu kumbolo – kalimati
Perjalanan dari ranu kumbolo untuk menuju ke kalimati ini memang akan sangat memanjakan mata para pendaki. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam ini sungguh menyuguhkan sebuah pemandangan yang sangat luar biasa cantiknya, hamparan padang rumput dan juga bunga-bunga. Meninggalkan ranu kumbolo, jangan lupa isi botol minum Anda, sebab setelah ini Anda tidak akan menemukan lagi sumber air. Sesampai di kalimati, Anda dapat beristirahat untuk mendirikan tenda dan bermalam di sana.
Kalimati – mahameru
Ini merupakan sesi terakhir dari perjalanan menuju ke puncak mahameru. Dari kalimati inilah Anda bisa berangkat sekitar jam 2 dini hari supaya Anda dapat menyaksikan sebuah pemandangan indah dari matahari terbit yang sangat luar biasa. Suhu udara di punca mahameru ini berkisar 10 hingga 4 derajat celcius, bahkan dapat mencapai minus di saat kemarau, dan tidak jarang pula ditemui kristal es.
Itulah rute pendakian di objek wisata gunung semeru yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat.