Lokasi Sabana Puncak Pilar Sukabumi – Sebagai wilayah tropis, memang sedikit sulit untuk menemukan wilayah padang rumput luas atau yang sering disebut sabana, sebagaimana halnya yang kerap dijumpai di daratan Afrika. Beberapa sabana yang terkenal di Indonesia mungkin ada di wilayah NTT dan juga taman nasional di Banyuwangi, Jawa Timur. Tapi tunggu, ternyata bukan hanya itu,di Jawa Barat, tepatnya di Sukabumi juga terdapat padang rumput atau sabana yang terletak di ketinggian bukit yaitu Bukit Pilar Sukabumi.

Bukit serta sabana, tentunya kombinasi dua pemandangan tersebut akan menjadikan obyek wisata yang masih tergolong baru ini semakin menarik. Sabana Puncak Pilar Sukabumi ini menawarkan hal-hal yang sedang tren saat ini, yaitu pemandangan yang menakjubkan serta spot-spot foto dengan background yang sangat menarik. Pesona sunrise yang berkilauan juga menjadi salah satu andalan di sabana puncak pilar ini.

Lokasi Sabana Puncak Pilar Sukabumi
Lokasi Sabana Puncak Pilar Sukabumi

Karena berupa sabana, wisatawan harus mencoba juga untuk merasakan sensasi camping di puncak pilar, dan melihat sunrise yang berkilauan di pagi hari. Sebagai obyek wisata yang masih tergolong baru, sabana puncak pilar ini sudah menyedot perhatian banyak wisatawan, terutama hari libur dan akhir pekan. Menariknya, banyak spot foto yang tersebar disekitar sabana puncak pilar, seperti gardu-gardu pandang, spot sarang burung, spot ayunan, hingga spot yang berupa tangan raksasa. Spot-spot yang instagramable seperti ini tentunya mampu menyedot wisatawan, terutama para muda.

Kunjungi Juga Buttu Macca Enrekang Dengan Spot Ayunan Langit

Lokasi Sabana Puncak Pilar Sukabumi

Lantas dimanakah lokasi tepatnya Sabana Puncak Pilar Sukabumi ini? Lokasi Puncak Pilar ini terletak di Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuara, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Tak perlu khawatir bagi wisatawan karena meski masih tergolong wisata baru sudah banyak terdapat fasilitas untuk memudahkan para wisatawan yang menikmati keindahan dan pesona puncak pilar ini. Area parkir, gazebo, warung-warung makanan serta toilet sudah terdapat di sekitar obyek wisata. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan puncak pilar Sukabumi, akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000.

Kunjungi Juga Rumah Pohon Ciherang Bogor Yang Instagramable

Rute Menuju Sabana Puncak Pilar Sabana

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi sabana puncak pilar sukabumi, tak perlu khawatir karena aksesnya tidaklah sulit. Untuk menemukan jalur menuju puncak pilar, dari kota Sukabumi wisatawan bisa mencari terlebih dahulu Pertigaan Ancaen, kemudian belok kanan menuju ke arah Kecamatan Pabuaran. Dari kecamatan Pabuaran, pengunjung bisa menuju ke arah Ciselut dan kemudian menuju Desa Ciwalat. Sesampainya di Desa Ciwalat, wisatawan bisa bertanya atau meminta petunjuk pada masyarakat sekitar karena lokasi sabana puncak pilar ini cukup sulit ditemukan karena lokasinya cukup tersembunyi.

Rute Menuju Sabana Puncak Pilar
Rute Menuju Sabana Puncak Pilar

Selain puncak pilar, ada beberapa wisata lainnya yang berlokasi cukup dekat yaitu Pasir Pogor. Wisata ini sangat sesuai dengan wisatawan yang menyukai olahraga hiking. Ada juga Puncak Angin yang bisa dinikmati karena lokasinya juga tak berada jauh dengan puncak pilar. Namun juga yang tak kalah menantang untuk dicoba adalah tentu saja kuliner khas Sukabumi. Setelah memanjakan mata dengan pemandangan puncak pilar, sajian kuliner khas Sukabumi akan sangat menggoda lidah dan memanjakan perut.

Beberapa kuliner yang perlu dicoba adalah Bubur Ayam Bunut yang legendaris. Selain itu juga ada Toge Tauco yang sudah mulai sulit ditemukan. Bagi para wisatawan, tentunya Sabana Puncak Pilar Sukabumi ini akan sangat menarik dan menantang untuk dicoba, selain karena menawarkan pemandangan sunrise yang eksotik, tentunya ada juga kuliner khas Sukabumi yang wajib untuk dicoba dan sayang untuk dilewatkan.