Rekomendasi Wisata Kuliner di Lombok, Dijamin Nikmat – Sepertinya memang terasa kurang afdol bila traveling ke suatu tempat jika tidak mencicipi hidangan khas tempat tersebut, apalagi jika tujuan travelingnya adalah Pulau Lombok, yang memang notabenenya memiliki banyak sekali makanan yang enak dan lezat. Ya, wisata kuliner di Lombok memang selalu menjadi poin terpenting yang tidak pernah terpisahkan dari kegiatan traveling. Biar traveling Anda semakin lengkap dan seru, cari tahu terlebih dahulu yuk, wisata kuliner di Lombok. Dan berikut ini adalah beberapa makanan khas Lombok yang wajib Anda cicipi saat traveling ke Lombok.
Wisata kuliner di Lombok dengan mencicipi makanan yang enak dan lezat ini
Ares
Sudah pernah mencicipi olahan dari gedebok pisang belum? Gedebok pisang muda ternyata bisa lho diolah jadi makanan yang enak dan lezat. Adalah ares, nama makanan yang dibuat dari bahan dasar pelepah pisang atau yang biasanya disebut dengan gedebok muda. Ares ini adalah salah satu makanan tradisional suku Sasak yang umumnya disajikan pada acara besar, seperti halnya pesta pernikahan. Dan makanan tersebut cukup populer di Pulau Lombok.
Plecing kangkung
Ini adalah salah satu makanan khas Pulau Lombok yang tidak boleh Anda lewatkan. Bahan baku makanan tersebut sebetulnya adalah jenis sayur yang jamak orang temukan diberbagai daerah di Indonesia yang juga jadi salah satu bahan membuat gado-gado, yaitu kangkung. Hanya saja cara pengolahannya yang berbeda.
Sate bulayak
Sate bulayak merupakan sate daging sapi yang umumnya disajikan bersama dengan lontong. Tetapi bukanlah lontong yang sering Anda temukan di pasaran, ya. Karena lontong ini telah dibungkus dengan menggunakan daun aren atau sejenisnya dengan cara dililitkan memanjang dan berbentuk spiral. Bahkan bambu yang dipakai juga bambu khas suku Sasak.
Ayam taliwang
Berbicara tentang kuliner yang paling terkenal di Lombok, sepertinya tidak afdol tanpa menyebut nama ayam taliwang satu ini. Sebuah hidangan yang berupa ayam diolah dengan cara dipanggang, digoreng, atau pun dibakar bersama bumbu yang pedas memang banyak sekali dicar traveler. Selain itu, agar rasanya semakin dendang, maka ayam yang dipakai harus ayam kampung dadilumuri dengan sambal yang ekstra pedas.
Bebalung
Bebalung merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar iga sapi atau pun kerbau yang dimasak dengan campuran bumbu seperti bawang putih, cabe rawit, bawang merah, jahe, kunyit, dan juga lengkuas. Selain menghindangkan sajian yang berbahan dasar balung atau pun tulang, bagi warga suku Sasak bebalungan tersebut juga mempunyai arti tenaga dimana dipercaya setelah makan makanan tersebut maka akan memberi tenaga serta vitalitas.
Itulah rekomendasi wisata kuliner di Lombok dijamin nikmat yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.