Ranu Kumbolo Tulungagung adalah salah satu tempat wisata keren yang ada di Kabupaten Tulungagung. Ranu Kumbolo Tulungagung kian diburu para traveller setelah foto-foto pemandangan alamnya yang indah menjadi viral di media sosial.

Lokasi Ranu Kumbolo Tulungagung

Ranu Kumbolo berlamat di Desa Mulyosari, Kec Pagerwojo, Kab Tulungagung, Prov Jawa Timur. Tempat ini memang belum begitu terkenal sehingga belum banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke lokasi Ranu Kumbolo Tulungagung.


sumber : http://www.benburger.net

Namun untuk kemudahan Anda mengakses lokasi wisata ini, bisa terlebih dahulu mencari Waduk Wonorejo yang sudah cukup terkenal. Lokasi Ranu Kumbolo Tulungagung tidak begitu jauh dari tempat tersebut.

Pelancong juga dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps supaya lebih mudah menemukan lokasi wisata Ranu Kumbolo Tulungagung.

Pada mulanya, lokasi Ranu Kumbolo ditemukan oleh seorang wisatawan yang sedang berkunjung ke Waduk Wonorejo. Nah, di sebelah Waduk Wonorejo inilah ditemukan sebuah danau dengan pemandangan indah yang kemudian dinamakan Ranu Kumbolo.

Keberadaan Ranu Gumbolo yang masih asri ini kian dikenal dan ramai oleh wisatawan semenjak foto-foto pemandangannya tersebar di media sosial. Tempat ini pun selanjutkan dikembangkan menjadi tempat wisata dengan sejumlah fasilitas dan spot-spot menarik.

Bahkan, di Ranu Kumbolo Tulungagung telah dibangun rumah pohon yang dapat pengunjung naiki untuk berfoto atau menikmati pemandangan danau yang indah dari ketinggian.

Rute Ranu Kumbolo Tulungagung dari Kediri

Rute menuju Ranu Kumbolo Tulungagung dapat ditempuh dari berbagai arah. Untuk lebih memudahkan wisatawan yang datang dari luar kota, ada baiknya melalui pusat kota Tulungagung terlebih dahulu. Dari sini, baru lanjutkan perjalanan Anda menuju ke Ranu Kumbolo.

Begitu juga dengan wisatawan yang datang dari arah kota Kediri, jarak ke pusat kota Tulungagung sekitar 39 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalan berkendara. Dari pusat kota Tulungagung, Anda bisa melintasi Jalan Raya Sumber Gempol terus ke arah barat.

Hingga tiba di IAIN Tulungagung, lurus terus dan beloklah ke kanan setibanya di pertigaan Kauman. Di sini Anda akan melintasi Jl KH Hasyim Ashari, lurus terus sampai bertemu perempatan lalu belok kanan mengarah ke Jalan Wilis.

Ikuti terus jalan tersebut sampai ke Desa Wonorejo atau Waduk Wonorejo ada pertigaan di dekat SDN 2 Mulyosari.

Kalau belok ke kiri Anda akan mengarah ke Waduk Wonorejo, beloklah ke kanan untuk menuju ke Ranu Kumbolo. Tidak begitu jauh dari pertigaan tersebut Anda akan sampai ke lokasi Ranu Kumbolo Tulungagung.

Medan jalan yang akan dilalui sudah beraspal, namun Anda tetap harus berhati-hati karena sebagian masih ada ruas jalan yang berlubang. Jalur menuju ke lokasi lumayan berkelok-kelok karena lokasi Ranu Kumbolo Tulungagung memang berada di kawasan perbukitan.

Di dekat kawasan wisata Ranu Kumbolo juga terdapat dua obyek wisata danau lainnya antara lain Waduk Wonorejo dan Waduk Tumpak Bledek. Bila ada cukup waktu, Anda bisa menyambangi ketiga obyek wisata tersebut sekaligus dalam satu hari.

Harga Tiket Masuk Ranu Kumbolo Tulungagung

Harga tiket masuk ke Ranu Kumbolo Tulungagung lumayan terjangkau. Wisatawan yang datang hanya dikenai biaya tiket masuk Ranu Kumbolo sebesar Rp 5.000 per orang.

Bahkan, tiket tersebut juga sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Wah, tempat rekreasi yang relatif murah bukan? Enggak perlu bayar parkir lagi deh!

Ada banyak aktivitas wisata yang menyenangkan bisa Anda lakukan di Ranu Kumbolo Tulungagung. Pengunjung dapat menyewa hammock dengan tarif Rp 5.000 dan memasangnya di antara pepohonan.

Anda bisa tiduran menikmati udara segar sambil berayun di bawah rimbunnya pepohonan menggunakan hammock tersebut.Aktivitas wisata lainnya yang dapat Anda nikmati di Ranu Kumbolo Tulungagung adalah berkeliling danau dengan menaiki sebuah perahu.

Tarif sewa perahu ini sebesar Rp 7.500 per orang. Tentunya bisa menjadi tempat wisata yang romantis bagi sepasang kekasih yang tengah kasmaran.

Fasilitas Wisata Ranu Kumbolo Tulungagung

Seiring kian bertambahnya wisatawan yang berkunjung ke Ranu Kumbolo Tulungagung, kelengkapan fasilitas penunjang yang ada di tempat ini juga semakin dibenahi.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di sini antara lain gazebo, taman bermain, area parkir, toilet, warung makan, area pemancingan, dan lain-lain.

Di Ranu Kumbolo Tulungagung telah dibangun rumah pohon yang bisa pengunjung manfaatkan untuk berfoto atau menikmati indahnya pemandangan Ranu Kumbolo dari atas ketinggian.

Foto IG:@n_hidda

Rumah pohon Ranu Kumbolo Tulungagung juga menjadi spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Namun, karena keterbatasan kapasitas Anda harus mengantri untuk naik ke rumah pohon, terutama saat kondisi sedang ramai di saat akhir pekan.

Anda juga enggak boleh lama-lama kalau mau berfoto atau berselfie di rumah pohon ini yah! Kasihan pengunjung lain yang juga tengah mengantri ingin naik ke rumah pohon. Ganti-gantian dong! Hehe. Selamat bersenang-senang di akhir pekan!