Pura Taman Mayura, Objek Wisata Lombok yang Memancarkan Sisi Klasik Lombok – Tidak hanya kaya akan objek wisata berupa pantai, air terjun dan pulau gilinya, akan tetapi Pulau Lombok juga kaya akan objek wisata berupa wisata sejarahnya. Nah, bagi anda yang ingin mengulik sisi lain yang dimiliki oleh Lombok, maka menikmati pesona klasik dari wisata sejarah ini sangat tepat.
Salah satu wisata sejarah yang dapat anda temukan di Lombok yakni objek wisata Pura Taman Mayura. Objek wisata yang satu ini memang memancarkan pesona klasik dari Lombok yang sangat luar biasa. Sejatinya, objek wisata Pura Taman Mayura dibangun oleh Raja A.A Made Karangasem sekitar tahun 1744 ketika kerajaan Bali masih berkuasa di Pulau Lombok. Pada mulanya area taman ini bernama Taman Kelepug. Nama tersebut diambil dari suasa klepug – klepug aliran air dari mata air yang jatuh menuju kolam. Kemudian nama ini diganti dengan nama Taman Mayura.
Lantas, apa saja daya tarik yang bisa kita temukan di objek wisata Pura Taman Mayura? Yuk simak informasi berikut ini!
Daya Tarik Pura Taman Mayura Lombok
Ada beberapa daya tarik yang bisa anda rasakan ketika berada di Pura Taman Mayura. Daya tarik dari Pura Taman Mayura ini yaitu suasana unik disini. Antara suasana alam yang asri, suasana pura yang religius dan sekaligus suasana sejarah akan anda saksikan. Wilayah taman terdiri dari dua bagian yaitu area taman dan juga area pura.
Pada area taman, anda akan mendapati taman yang tertata rapi. Disini suasana damai yang khas akan anda temukan. Sementara pada sekeliling taman dipagari dengan pohon manggis, rumput hijau yang subur terawat dan juga anda bisa menyaksikan kolam di tengah yang berdiri sebuah bangunan bernama Rat Kerte.
Ketika anda beralih berkeliling di kompleks pura, anda bisa menemui empat pura utama. Seperti Pura Gunung Rinjani, Pura Ngelurah, Pura Padmasana, dan juga Pura Gedong bisa anda temukan. Dan disana suasana yang khas menjadi sangat terasa.
Rute Menuju Objek Wisata Pura Taman Mayura
Objek wisata Pura Taman Mayura terletak di dekat kompleks bisnis dan pertokoan di daerah Cakranegara. Anda bisa berkunjung ke Pura Taman Mayura ini dengan kendaraan pribadi ataupun umum. Perjalanan ke pura ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota.
Jika memang anda menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa mencapai perempatan Cakranegara terlebih dahulu dan darisana jika anda memilih angkutan umum, anda naik angkutan umum berwarna kuing ke arah timur. Hanya membayar 5 ribu rupiah saja 
Itulah sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk anda mengenai objek wisata Pura Taman Mayura. Semoga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan selamat berlibur di Lombok.