Punthuk Mongkrong memiliki daya tarik wisata yang menawarkan pemandangan indah Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu, dari atas bukit Menoreh.

Obyek wisata ini dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat desa di lereng perbukitan Menoreh Kabupaten Magelang. Punthuk Mongkrong menjadi punthuk tertinggi di antara punthuk lainnya seperti Punthuk Sukmojoyo, Punthuk Setumbu, dan Punthuk Gupakan.


Foto IG:@lee_mon_no

Lokasi Punthuk Mongkrong Magelang

Punthuk Mongkrong memiliki ketinggian sekitar 624 meter dari atas permukaan laut, dan berlokasi di dusun Kamal, Ds Giritengah, Kec Borobudur, Kab Magelang, Prov Jawa Tengah. Letaknya berada di area perbukitan Menoreh, yaitu sebelah barat daya Taman Wisata Candi Borobudur.

Jaraknya dari Candi Borobudur hanya sekitar 5 kilometer, dan kawasan candi tersebut tampak jelas bila dilihat dari Punthuk Mongkrong.

Keberadaan obyek wisata Punthuk Mongkrong masih tergolong baru, dan fasilitas serta akses jalannya dapat dikatakan belum cukup memadai.

Oleh karena itu, lokasi Punthuk Mongkrong sementara ini hanya bisa dijangkau oleh kendaraan roda dua, dan juga pastikan sepeda motor Anda dalam kondisi prima saat hendak menuju ke lokasi.

Rute Menuju Punthuk Mongkrong

Bagi wisatawan yang mencari rute menuju ke Punthuk Mongkrong, acuannya adalah kompleks wisata Candi Borobudur.

Dari lokasi tersebut, Anda akan menyusuri jalan beraspal yang terletak tepat di samping Hotel Manohara Resort Borobudur, menuju ke arah Majaksingi atau Hotel Amanjiwo Resort.

Ambil arah kanan saat Anda tiba di perempatan sebelum SDN Tuksongo I hingga sampai di perempatan Gunden, belokkan kendaraan ke arah kiri menuju Balai Desa Giritengah.

Di sekitar Balai Desa Giritengah sudah dapat Anda temui beberapa rambu petunjuk arah menuju ke Punthuk Mongkrong, Magelang. Dari Balai Desa Giritengah, perjalanan menuju ke Punthuk Mongkrong hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.

Anda pun harus memastikan bahwa sepeda motor yang digunakan dalam kondisi prima karena jalan yang akan dilalui berupa tanjakan terjal dengan ruas jalan yang sempit. Di tengah perjalanan ada pertigaan di mana kalau belok kanan akan mengarahkan Anda ke Sukmojoyo, sedangkan belok kiri menuju ke Punthuk Mongkrong.

Memasuki pemukiman dekat puncak bukit, Anda harus lebih berhati-hati karena kondisi jalan yang rusak dan sebagian tertutup tanah. Perjalanan menggunakan kendaraan harus diakhiri setibanya di area parkir.

Dari sini, pengunjung akan dikenai retribusi dan biaya parkir guna pengelolaan dan perawatan kawasan wisata Punthuk Mongkrong. Selanjutnya, perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki, menyusuri jalan setapak yang masih berupa tanah, dan dengan kondisi menanjak.

Terdapat pegangan bambu di pinggiran jalan setapak tersebut sebagai pegangan bagi pengunjung agar tidak terpeleset akibat kondisi jalan yang licin. Sesampainya di atas bukit, terdapat sebuah tugu batu yang bertuliskan “Situs BG 212 Punthuk Mongkrong Pangruwating Diyu”.

Punthuk Mongkrong merupakan puncak tertinggi di antara punthuk lainnya yang ada di sekitar kawasan Borobudur. Puncak bukitnya cukup sempit, dan dikelilingi oleh jurang.

Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan di wisata Punthuk Mongkrong akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang.

Ditambah juga dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Harga ini relatif terjangkau mengingat indahnya pemandangan dari puncak Punthuk Mongkrong yang spektakuler.

Sejumlah fasilitas telah disediakan di sekitar Punthuk Mongkrong, di antaranya bangku duduk, rumah pohon, dan spot untuk berfoto atau selfie dari jembatan di tepi tebing.

Sementara untuk toilet umum memang belum dibangun, namun wisatawan dapat menumpang pada rumah warga yang ada di sekitar lokasi wisata.

Rumah Pohon Punthuk Mongkrong Magelang

Berbagai visualisasi indah bisa pengunjung nikmati saat berada di Punthuk Mongkrong, mulai dari panorama matahari terbit, pemandangan Candi Borobudur dari atas ketinggian, hingga indahnya pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing dari atas bukit.

Hal yang menarik dan menjadi daya tarik wisata lainnya di Punthuk Mongkrong adalah keberadaan rumah pohon, dan jembatan bambu yang terletak di pinggir tebing.

Spot ini sering dijadikan lokasi pengunjung untuk berfoto atau selfie karena pemandangannya yang indah dengan latar Gunung Merapi dan Gunung merbabu.

Jembatan ini hanya boleh dinaiki oleh dua orang dewasa. Jadi, pengunjung dapat bergantian bila ingin berfoto di atas jembatan bambu pinggir tebing tersebut.

Punthuk Mongkrong dapat menjadi referensi wisata alam yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Namun, akses jalan yang sulit seringkali menjadi kendala bagi banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.