Lampung adalah provinsi yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Wilayahnya yang sebagian besar berbatasan langsung dengan garis pantai. Oleh sebab itu, sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Sementara itu pada sektor pariwisata, Lampung begitu kental dengan wisata budaya. Berbagai macam festival kebudayaan sering sekali digelar pada kota tersebut. Belum lama ini, potret akan keindahan wisata alam di Lampung mulai bermunculan. Salah satunya adalah wisata alam Puncak Mas Sukadanaham yang terdapat di kota Bandar Lampung.

Seperti pada namanya, lokasi Puncak Mas ini berada di desa Sukadanaham, Bandar Lampung. Wilayah ini berupa perbukitan, sehingga sekarang mulai dikembangkan dengan spot wisata berupa gardu pandang seperti wisata Gua Pinus Batu Malang. Dari atas ketinggian Puncak Mas ini pengunjung dapat menikmati view perkotaan, pegunungan dan juga laut. Terdapat sebuah rumah pohon untuk menikmati keindahan kota Lampung dari ketinggian. Rumah pohon ini yang menjadi incaran oleh kalangan anak muda yang suka ber swafoto. Puncak Mas Sukadanaham Lampung adalah destinasi yang menyuguhkan indahnya pemandangan kota Bandar Lampung. Siapa pun yang berkunjung dan menyaksikan sendiri keindahan lansekap di sana pastinya akan merasa jatuh hati.

Fasilitas Puncak Mas Sukadanaham

Meskipun wisata ini baru dibuka di awal tahun 2017 ini,  namun fasilitas yang terdapat di Puncak Mas terhitung sudah lengkap. Mulai dari cafe outdoor, toilet, ruang ibadah atau musholla, sampai dengan tempat parkir. Hal penting yang lain yang menambah nilai plus dari destinasi wisata ini yaitu tempatnya yang bersih dan juga nyaman. Puncak Mas Sukadanaham lampung merupakan spot wisata terbaru di Bandar Lampung yang membawa konsep wisata alam serta cafe. Terdapat banyak fasilitas menarik yang dapat kamu temui di tempat ini, seperti cafe outdoor, rumah pohon, jembatan cinta, serta gazebo dan taman.

Lokasinya yang terdapat di kawasan perbukitan membuat Puncak Mas Sukadanaham memiliki pemandangan alam yang menyegarkan mata yang bisa mendamaikan pikiran, hati dan juga jiwa. Waktu terbaik saat berada di Puncak Mas yaitu malam hari, di mana kamu dapat melihat harmonisasi cantik antara kota Bandar Lampung yang bagaikan lautan kunang-kunang serta langit lepas yang dihiasi ribuan bintang juga teduhnya sinar bulan. Pemandangan pada siang hari pun juga tak kalah cantik. Sebab dibangun outdoor, jadi pastikan kamu mengunjungi tempat wisata baru ini pada saat sedang tidak hujan.

Lokasi Puncak Mas Sukadanaham Lampung

untuk Lokasi puncak mas ini tepatnya berada di jln. haji Hamim RJP, desa Sukadanaham. Dan bertepat di Kecamatan Tanjung Karang Barat, kota Bandar Lampung. Apabila dari kota Bandar Lampung memakan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menitan. Untuk yang datang dari luar kota ataupun dari Jawa, dapat menginap disini sebab ada fasilitas pondok penginapan.

Rute Menuju Puncak Mas Lampung

Apaila dari citraland, silahkan menuju pada arah lembah hijau. Sesudah sampai di tiga duren belok ke arah kiri menuju desa Sukadanaham. Dan dari arah ini lurus saja. Dan nantinya akan sampai pada lokasi Puncak Mas Sukadanaham. Sedangkan apabila dari Pasar Tamin, anda bisa langsung saja menuju tugu duren. Selanjutnya anda tinggal belok kanan lalu ikuti jalan tersebut. Dan apabila dari jalur dua Kemiling anda harus masuk ke Palang Besi yang termasuk jalur alternatif menuju Teluk Betung. Dari Palang Besi, jalanlah terus menuju tempat Tugu Duren. Apabila sudah sampai disana, anda dapat mengikuti petunjuk arah untuk menuju Puncak Mas ini. Dari Teluk Betung arahkan kendaraan anda menujuke  PDAM Way Rilau. Ambilah jalan belakang yang melintasi Lazuardi Haura serta Citraland Lampung. Anda dapat jalan terus menuju Tugu Duren selanjutnya ikutilah petunjuk arah menuju Puncak Mas.

Harga Tiket Masuk Puncak Mas Sukadaham Lampung

Untuk yang ingin menikmati keindahan kota bandar lampung dari ketinggian, cukup dengan membayar tiket masuk puncak mas sebesar Rp 20 ribu tiap orang. Fasilitas di tempat ini sudah cukup banyak seperti halnya tempat ibadah, rumah pohon, gazebo, penginapan dan juga bermacam macam spot selfie. Dengan harga yang murah anda bisa menikmati pemandangan alam kota Bandar Lampung yang sangat indah ini. Anda juga bisa mendapatkan foto selfie dengan latar belakang pemandangan yang indah. Wisata baru ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari wilayah Lampung atau lainnya.