Kepulauan Seribu menjadi salah satu tujuan wisata bahari yang cukup seru untuk disambangi ketika musim liburan tiba. Para warga Jakarta, Tangerang dan sekitarnya bisa menghabiskan masa liburan mereka dengan berwisata laut, wisata alam dan juga wisata sejarah. Kepulauan Seribu memiliki seratusan buah pulau, salah satu pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Untung Jawa. Pulau yang satu ini menawarkan panorama pantai yang eksotis dengan jarak tempuh yang tak jauh dari Ibukota.

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau yang berlokasi di Kepulauan Seribu, letaknya tidak jauh dari Tangerang. Terdapat sejumlah pantai indah di Pulau Untung Jawa, salah satunya adalah Pantai Untung Jawa.


Ada banyak aktivitas seru yang dapat wisatawan lakukan di Pulau Untung Jawa. Mulai dari snorkeling, diving, bermain banana boat dan Jetski, berpetualang di hutan bakau, hingga berkeliling dengan kapal menikmati keindahan panorama alam di Pulau Untung Jawa.

sumber : http://iklantravel.com

Lokasi Pantai Untung Jawa

Pantai Untung Jawa berlokasi di Pulau Untung Jawa yang terdapat di antara gugusan Kepulauan Seribu. Wisata Bahari yang terletak tidak jauh dari kawasan Ibu Kota Jakarta ini dapat menjadi destinasi yang menarik untuk Anda kunjungi saat liburan tiba.

Pulau Untung Jawa menyajikan keindahan panorama yang sangat eksotis, selain itu juga banyak tersedia wahana permainan yang seru untuk liburan Anda maupun keluarga yang berdomisili di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya.

Backpacker ke Pulau Untung Jawa

Mengenai sarana bermalam para backpacker tidak usah khawatir, sebab berbagai fasilitas yang ada sudah sangat memadai. Dibuka banyak penginapan yang dimiliki warga lokal dimana tarif kamarnya mulai Rp.150 ribuan – Rp.400 ribuan/malam. Para wisatawan backpacker pun dibolehkan untuk memasang tenda sendiri jika memang penginapan sedang penuh.

Bila menginap di Pulau Untung Jawa itu artinya para wisatawan memiliki waktu cukup untuk menikmati beberapa pulau cantik lainnya dekat dengan Pulau Untung Jawa, antara lain Pulau Kahyangan, Pulau Rambut, dan Pulau Onrust. Para pelancong yang pernah berkunjung ke Pulau Untung Jawa boleh jadi memiliki keinginan kembali lagi sebab belum semua keindahannya bisa dinikmati. Setidaknya perlu dua hingga tiga hari memuaskan keinginan berlibur di sini.

Rute ke Pulau Untung Jawa

Wisatawan bisa memilih berangkat dari dermaga Tanjung Pasir, dermaga Ancol, atau dari dermaga Kali Adem Muara Angke. Dari Jakarta, pelancong bisa masuk ke Tol Bandara Sukarno Hatta lalu keluar di pintu tol Tegal Alur. Setelah itu menuju ke Rawa Bokor – Dadap Kosambi – Kampung Melayu – Tanjung Pasir.

Lama perjalanan laut dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung Jawa sekitar 1 jam menggunakan kapal motor penyeberangan dengan tarif Rp.50.000 per orang. Sedangkan untuk yang ingin berangkat dari Muara Angke, sudah tersedia kapal motor penyeberangan dengan biaya sekitar Rp.40.000 per orang. Keberangkatan dari dermaga Marina Ancol ke pulau Untung Jawa biasanya bagi para wisatawan yang mengambil paket wisata dengan biaya mulai Rp.400 ribu sudah komplet.

Jadwal Kapal dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung Jawa

Rute menuju Pulau Untung Jawa bagi wisatawan yang datang dari Jakarta dapat berangkat dari Muara Angke. Selanjutnya naik perahu motor berkapasitas 50 sampai 100 orang.

Perahu ini biasanya memasang tarif sekitar Rp 50 ribu per orang. Jadwal keberangkatan perahu ini setiap jam 7 pagi, dan 12 siang dengan lama perjalanan sekitar 40 menit menuju ke lokasi Pulau Untung Jawa.

Sementara jika wisatawan datang dari Tangerang, bisa menuju ke Pulau Untung Jawa dengan berangkat dari Pantai Tanjung Pasir yang terletak di Kecamatan Teluk Naga, sekitar 29 kilometer sebelah utara kota Tangerang.

Jadwal keberangkatan kapal dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung Jawa biasanya selalu ada dari pagi sampai sore. Sekarang ini sudah banyak perahu motor yang siap untuk melayani penyeberangan ke Pulau Untung Jawa dari Tanjung Pasir.

Wisatawan disarankan untuk melalui rute ini karena jaraknya lebih dekat sehingga tarifnya lebih murah. Waktu tempuhnya hanya sekitar 15 sampai 20 menit saja, tentu lebih cepat dibandingkan melalui rute Muara Angke.

sumber : http://www.pulautidungdanial.com

Tarif penyeberangan menggunakan perahu motor ke Pulau Untung Jawa dari Pantai Tanjung Pasir sekitar Rp 25 ribu per orang atau Rp 250 ribu untuk sewa satu kapal.

Paket Wisata Pulau Untung Jawa

Bila Anda ingin lebih nyaman dan mudah berwisata dapat menggunakan jasa paket wisata Pulau Untung Jawa yang banyak ditawarkan oleh agen perjalanan wisata.

Harga paket wisata Pulau Untung Jawa tentunya bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu per orang. Bila Anda wisata bersama rombongan tentu tarifnya bisa lebih murah lagi.

Fasilitas yang didapatkan dari paket wisata tersebut umumnya berupa tiket dermaga, parkir mobil, kapal pulang-pergi via Tanjung Pasir, dan Homestay / Aula / Tenda.

Transportasi ke Pulau Untung Jawa

Transportasi ke Pulau Untung Jawa tentunya hanya bisa lewat jalur laut menggunakan kapal. Untuk para wisatawan dari Jakarta, dapat berangkat dari dermaga Muara Angke dengan kapal bermotor yang bisa mengangkut hingga 100 orang penumpang dalam sekali angkut dengan lama perjalanan sekitar 40 menit.

Biaya per orang kurang-lebih Rp.50 ribu, berangkat setiap jam 7 pagi hingga 12 siang. Sementara untuk wisatawan yang ingin berangkat dari Tangerang, bisa memulainya dari dermaga Tanjung Pasir dengan waktu tempuh cuma 20 menitan saja.

Harga Sewa Homestay di Pulau Untung Jawa

Soal penginapan di Pulau Untung Jawa, wisatawan tidak perlu bingung karena di lokasi sudah banyak tersedia hotel maupun homestay. Beberapa penginapan dikelola oleh penduduk sekitar dengan harga sewa homestay di Pulau Untung Jawa berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 400 ribu per malam.

Bagi wisatawan yang kehabisan tempat untuk menginap, tak perlu khawatir. Anda juga diizinkan untuk mendirikan tenda sendiri di kawasan Pulau Untung Jawa. Bila Anda tidak membawa tenda dapat memanfaatkan jasa persewaan tenda yang banyak tersedia di Pulau Untung Jawa.

Penginapan Untung Jawa Island

Bingung mencari penginapan yang nyaman dengan harga terjangkau di Pulau Untung Jawa? Beberapa daftar hotel dan penginapan yang akan kami berikan berikut ini, semoga bisa menjadi rujukan untuk Anda:

  • Baronang Homestay. Beralamat di Jl Bougenville RT 001 RW 001, Kec Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa. Telp (021) 23804646.
  • Karang Bolong Homestay. Beralamat di Jl Pantai Tias No 4, RT 001 RW 002 Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu Selatan.
  • Lumba-lumba Homestay. Beralamat di Jl Bougenville, RT 001 RW 001, Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu Selatan. Telp (021) 70627910.
  • Kakap Merah Homestay. Beralamat di Jalan Nirwana, RT 001 RW 001, Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu. Telp (021) 9813535.
  • Mutiara Homestay. Beralamat di Jalan Bougenville, RT 001 RW 001, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan. Telp (021) 68777604.
  • Pulau Bidadari Resort. Beralamat di Jalan Karang Bolong Raya No 21, Blok 30-31, Ancol Barat, Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu. Telp (021) 64710048.
  • Pulau Ayer Resort. Beralamat di Jalan Pulau Air Besar, Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu Selatan. Telp (021) 32865897.

Bila tak ingin repot dengan akomodasi, para wisatawan bisa mengambil paket wisata yang banyak ditawarkan. Misalnya Paket One Day Trip melalui dermaga Marina Ancol dengan biaya Rp.400.000. Paket wisata ke Pulau Untung Jawa ini sudah termasuk : transportasi pulang pergi, welcome drink, tiga kali makan, gratis tiket masuk Ancol, akomodasi, Coffee Break , banana boat, snorkeling, hopping island, underwater photo, alat pancing, pemandu lokal, dokumentasi, dan asuransi.

Fasilitas Publik Pulau Untung Jawa

Ketika wisatawan menginjakkan kakinya di pulau cantik ini, pemandangan pantai yang bersih dengan pasir putih dan sedikit koral sungguh cantik dipandang mata. Berbagai aktifitas seru bisa dicoba di pulau ini. Selain menikmati panorama pantai dan bermain pasir, wisatawan juga dapat mencoba snorkeling, diving, banana boat, jetski, menelusuri hutan bakau, hingga mengelilingi pulau menggunakan kapal.

Untuk banana boat wisatawan harus membayar Rp.30 ribu per orang, sementara untuk donat boat sebesar Rp.35 ribu per orang. Menikmati keindahan bawah air di Pulau Untung Jawa bisa menyewa peralatan snorkeling sebesar Rp.50 ribu per orang. Ada lagi wisata bunga Sakura yang ketika mekar benar-benar indah untuk dilihat, pohon pengantin, dan yang tak boleh ketinggalan adalah wisata kuliner seafood. Menyusuri hutan mangrove menjadi pengalaman lain yang sangat berharga sebagai salah satu bentuk wisata edukasi.

Di sini para pengunjung bisa berjalan-jalan di atas jalan beton diantara rimbunnya hutan bakau hingga mengelilingi pulau. Setelah lelah beraktifitas, saatnya mengisi perut dengan berbagai kuliner khas pantai. Ada banyak warung seafood di pulau ini. Harganya cukup standar, misalnya paket menu untuk 5 orang yang terdiri dari nasi, cumi, udang, lalapan dan minuman hanya Rp.150 ribu. Sementara harga ikan bakar mulai Rp.50 ribu tergantung besar kecilnya.

Nah, itulah sejumlah hotel dan penginapan di Pulau Untung Jawa yang bisa menjadi rujukan bagi Anda yang ingin menginap dengan nyaman dan hemat.

Jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu bila ingin menginap di salah satu homestay di atas agar Anda tidak kehabisan tempat. Terutama pada saat musim liburan, di mana lokasi wisata Pulau Untung Jawa akan menjadi sangat ramai.