Pulau Sempu – Berpetualang ke Pulau Sempu di Malang akan memberikan pengalaman berbeda dari wisata alam lainnya. Pasalnya, untuk dapat menikmati keindahan pulau ini pengunjung harus melalui tantangan perjalanan selama 2 hingga 3 jam melewati hutan yang lebat, menyusuri jalan setapak yang curam dan dipenuhi dengan batu-batu karang yang tajam. Terutama jika musim hujan, medan perjalanan akan semakin ekstrim untuk ditempuh.

Dengan menjelajahi Pulau Sempu, pastinya siapapun yang datang akan mendapatkan pengalaman petualangan yang berkesan di hati. Mengunjungi Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu sambil mendirikan kemah untuk bermalam di tepi laguna dengan suasana intim di tengah hutan tropis yang lebat. Berenang di sekitaran laguna yang tenang serta bermain di tepiannya tentunya adalah pengalaman mengesankan selama berada di Pulau Sempu.

pulau sempu image by http://anekatempatwisata.com

Menyesuri jalan setapak ditengah hutan tropis Pulau Sempu, merupakan salah satu pengalaman yang mengasyikan. tidak jarang dalam perjalanan pengunjung akan mendapati jaan setapak yang berliku, menanjak dan curam. Adakalanya harus melompat atau pun menerobos dari setiap batang pohon yang berada di tengah jalan setapak ini.

Medan jalannya akan semakin menantang pada saat musim hujan karena tanahnya menjadi sangat licin. Karena itu ketika ingin menembus Pulau Sempu lebih baik dilakukan tidak pada saat musim hujan.

Danau Segara Anakan di Tengah Pulau Sempu

Namun, ketika sampai di danau Segara Anakan rasa lelah selama perjalanan menembus hutan di Pulau Sempu ini akan hilang seketika terbawa angin dan melihat indahnya hamparan pasir putih dengan air nya berwarna biru nan jernih juga dikelilingi oleh tebing-tebing sebagai benteng dari terjangan ombak besar yang berasal dari Samudera Hindia.

Danau atau Segara Anakan yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu ini terbentuk dari terjangan ombak dari arah selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Tebing inilah yang menjadikan Segara Anakan sebagai danau dengan pasirnya yang putih dan airnya yang tenang.

Di tempat ini siapapun bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti bermain bola, volley ataupun berjemur di bawah matahari. Bahkan di Segara Anakan ini pengunjung dapat menginap mendirikan tenda di tepi danau sambil memandangi bintang-bintang malam.

Di sebelah kiri Segara Anakan cobalah untuk memanjat ke tebingnya. Di tempat inilah terdapat yang eksotis menghadap lautan lepas pantai ke arah Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa. Dari tebing ini bisa terlihat dari kejauhan pulau karang yang mengapung diatas laut darterdapat kami menemukan sebuah pemandangan yang eksotis menghadap lautan lepas pantai ke arah Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa.

Lokasi Pulau Sempu

Secara administratif, Pulau Sempu terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjingwetan. Karena pantai ini berseberangan dengan Pulau Sempu, untuk dapat sampai ke pulau ini pengunjung harus tiba terlebih dahulu di Pantai Sendang Biru yang merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pantai ini sendiri berada di Jl. Raya Sendang Biru, Pondok Dadap, Kabupaten Malang.

Rute menuju Pulau Sempu

Di era digital saat ini, sebanarnya rute menuju Pulau Sempu sangat lah mudah. pengunjung cukup mengikuti petunjuk arah di Google Maps menuju Pantai Sendang Biru atau menanyakan ke orang sekitar yang rata-rata sudah tau arah jalan menuju pantai tersebut.

Karena Pulau Sempu adalah pulau terpencil yang tidak bisa dilewati dengan berkendara, maka untuk sampai ke pulau ini pengunjung harus tiba terlebih dahulu di Pantai Sendang Biru yang berhadapan langsung dengan Pulau Sempu.

Jika berkendara dari Kota Malang menuju Pantai Sendang Biru maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 72 km. Dari pantai inilah perjalanan dilanjutkan dengan menaiki perahu menuju ke Pulau Sempu sekitar 25 menit.

Namun sebelum memasuki Pulau Sempu, pengunjung wajib memiliki izin masuk khusus karena sebenarnya Pulau Sempu bukan merupakan kawasan wisata alam akan tetapi merupakan wilayah konservasi cagar alam yang dilindungi pemerintah melalui ketentuan hukum.

pulau sempu image by http://www.bromotravelguide.co

Kabar baiknya, cara paling mudah untuk mendapatkan izin masuk ke Pulau Sempu adalah dengan mendatangi kantor Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu yang letaknya tidak jauh dari tempat parkir kendaraan di Pantai Sendang Biru. Kantor Ini merupakan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam yang ada di kawasan tersebut.

Setelah memiliki surat izin tersebut, pengunjung dapat menyeberang menuju Pulau Sempu dengan menyewa perahu nelayan yang akan mengantar sampai ke Teluk Semut di Pulau Sempu. Untuk biaya sewa perahu dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 yang sudah termasuk antar jemput. Biaya sewa ini relative murah karena satu perahu bisa memuat penumpang sekitar 12 sampai 15 orang. Artinya jika 10 orang bayar patungan maka tiap orang hanya membayar sekitar Rp 10.000 saja. Sangat murah, bukan.

Pengunjung disarankan untuk bertukar nomor telepon dengan nelayan guna memudahkan penjemputan berjalan lancar. Dan bagi pengunjung yang tidak berencana untuk berkemah di Pulau Sempu, maka jangan lupa untuk kembali ke titik penjemputan pada waktu yang sudah disepakati.

Harga Tiket Masuk dan Total Biaya Ke Pulau Sempu

Untuk tiket masuk ke Pulau Sempu maka pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 38.000 per orang. Harga ini sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu. Namun, untuk menyeberang ke Pulau Sempu harus menyewa perahu dengan tarif 100.000 sekali antar jemput dengan maksimal kapasitas 15 orang.

Selain Segara Anakan, di Pulau Sempu juga terdapat tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi. Ada Pantai Waru-Waru, Telaga Lele, Tiger Cave, pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, dan Pantai Fresh Water. Pastinya tidak akan cukup satu hari jika ingin mengunjungi ke semua tempat-tempat eksotis tersebut.