Pulau Pisang merupakan salah satu nama pulau yang ada di provinsi Lampung, tepatnya berada di Kabupaten Pesisir Barat yang terkenal dengan ombak berselancar terbaik ke 3 di dunia.


Sejarah Pulau Pisang

Meski namanya adalah Pulau Pisang, bukan berarti di pulau ini terdapat banyak pohon pisangnya. Dinamakan Pulau Pisang karena bentuk pulaunya yang mirip buah pisang bila dilihat dari puncak menara yang ada di sekitar pulau.

Area Pulau Pisang cukup luas, sehingga sejak tahun 2012 silam mulai diresmikan sebagai kecamatan baru dengan 6 jumlah desa yang dinaunginya.

sumber : http://backpackerlampung.com

Lokasi Pulau Pisang

Pulau Pisang adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal dengan perairannya berwarna biru mempesona. Lokasi Pulau Pisang berada di Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Prov Lampung.

Wisata Pulau Pisang menawarkan pemandangan indah birunya perairan dengan aneka biota laut di dalamnya, mulai dari terumbu karang, hingga gerombolan Lumba-lumba yang bisa wisatawan lihat di lepas pantai Pulau Pisang.

Pulau Pisang dapat menjadi destinasi wisata tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di tempat dengan suasana alam yang masih asri dan berbagai pesona keindahan biota lautnya.

Tak hanya dikunjungi wisatawan domestik, Pulau Pisang juga sering menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan asing, terutama pada bulan-bulan tertentu di musim liburan.

Rute Menuju Pulau Pisang

Rute menuju Pulau Pisang sangat mudah dituju bila Anda berangkat dari kota Bandar Lampung. Arahkan kendaraan menuju Krui melalui jalur Lintas Barat Sumatera, dengan rute yang ditempuh antara lain:

Bandar Lampung >> Kemiling >> Gedong Tataan >> Gading Rejo >> Pringsewu >> Talang Padang >> Gisting >> Kota Agung >> Hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan >> Bengkunat >> Krui >> Pulau Pisang.

Waktu tempuh perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju Pulau Pisang sekitar 6-7 jam berkendara. Dari Dermaga Krui, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan kapal penyeberangan selama kurang lebih 40 menit.

Pemandangan indah lautan biru yang mempesona mulai dapat Anda nikmati saat berada di kapal penyeberangan. Bahkan, bila beruntung Anda dapat berjumpa dengan gerombolan Lumba-lumba.

Paket Wisata ke Pulau Pisang

Wisata ke Pulau Pisang akan lebih mudah dan hemat bila Anda menggunakan jasa paket wisata yang banyak ditawarkan oleh sejumlah agen. Paket wisata ke Pulau Pisang biasanya ditawarkan dengan harga kisaran Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu per orang, tergantung fasilitas yang Anda terima.

Foto IG :@marianimari

Sebagai referensi Anda bisa memilih paket wisata untuk 2 hari 1 malam dengan start point dari Krui, Lampung. Paket wisata ini ditawarkan dengan harga Rp 485.000 untuk 3 orang dengan satu kamar penginapan.

Sejumlah fasilitas akan Anda dapatkan dari paket wisata tersebut, antara lain:

  • Tiket Penyeberangan Krui – Pulang Pisang untuk pulang-pergi.
  • Penginapan atau homestay non-AC selama 1 malam.
  • Makan sebanyak 3 kali.
  • Sewa Alat-alat snorkeling seperti goggle, fin, dan life-vest selama 1 hari.
  • Foto-foto kamera underwater ketika Anda snorkeling.
  • Wellcome Drink (Es kelapa muda) dan air mineral selama jadwal wisata.
  • Peralatan P3K.
  • Guide dari VTT Krui.
  • Dokumentasi CD termasuk ongkos kirim ke alamat rumah atau kantor.

Selain menggunakan jasa paket wisata, Anda juga dapat nge-trip sendiri bareng keluarga. Sebagai gambaran biaya perjalanan yang akan dikeluarkan antara lain:

  • Penyeberangan dari Dermaga Krui ke Pulau Pisang: Rp 300 ribu – Rp 500 ribu.
  • Sewa penginapan atau homestay: Rp 75 ribu – Rp 175 ribu per malam.
  • Sewa kapal wisata: Rp 400 ribu-500 ribu.

Pulau Pisang menjadi salah satu wisata andalan di Provinsi Lampung. Ada banyak kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan saat berlibur ke Pulau Pisang, di antaranya:

  • Berkeliling pulau dengan pemandangan yang indah.
  • Berenang di pantai.
  • Bermain di atas pasir putih yang bersih dan halus
  • Memancing ikan
  • Snorkeling dan berfoto bersama biota laut dan terumbu karang yang cantik.

Penginapan di Pulau Pisang

Begitu tiba di Pulau Pisang, Anda dapat langsung mencari penginapan. Penginapan di Pulau Pisang umumnya berupa homestay yang dikelola oleh warga sekitar.

Wisatawan tidak akan kesulitan mencari penginapan di Pulau Pisang karena banyak tersedia homestay yang nyaman dengan harga terjangkau.

Penginapan tersebut biasanya ditawarkan dengan tarif Rp mulai dari Rp 350.000 per malamnya. Dengan harga segitu, Anda akan memperoleh sejumlah fasilitas, di antaranya space ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, kamar mandi dan halaman belakang yang lega.

Selain itu, ada juga penginapan di Pulau Pisang yang harganya lebih terjangkau, sekitar Rp 100 ribuan. Namun, tentu saja fasilitasnya tidak sebaik dengan penginapan yang harganya lebih mahal.