Pulau Pahawang merupakan salah satu surga snorkeling yang ada di Lampung. Spot snorkeling di Pulau Pahawang memiliki panorama bawah laut yang begitu mengagumkan.

Dengan kekayaan biota laut dan beragam terumbu karang yang terdapat di dalamnya, memang tidak salah bila Pulau Pahawang disebut sebagai surganya snorkeling.

Lokasi Pulau Pahawang

Lokasi Pulau Pahawang berada di area Kecamatan Punduh Pidada, Kab Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau Pahawang dapat ditempuh dengan 2 jam perjalanan berkendara dari kota Bandar Lampung.

Di lokasi wisata Pulau Pahawang terdapat sejumlah spot snorkeling yang sering menjadi tujuan wisatawan, antara lain Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Pulau Kelagian, dan Tanjung Putus.

Semua spot snorkeling tersebut menyajikan panorama alam bawah laut yang begitu mengagumkan. Sebaiknya Anda membawa kamera untuk mengabadikan momen keindahan saat ber-snorkeling di Pulau Pahawang.

Rute ke Pulau Pahawang Lampung

Rute terdekat menuju Pulau Pahawang Lampung adalah melalui Dermaga Ketapang. Anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang datang dari arah kota Bandar Lampung, perjalanan menuju Dermaga Ketapang memakan waktu sekitar 40 menit.

Dari arah Bandar Lampung, Anda akan melintasi pesisir Pesawaran, menyusuri Teluk Lampung dengan pemandangan indah laut biru selama perjalanan. Kemudian Anda akan melewati Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pantai Dewi Mandapa, dan Pasar Hanura.

Selanjutnya Anda akan segera tiba di Dermaga Ketapang. Perjalanan masih harus dilanjutkan dengan cara menyeberang menggunakan kapal ke Pulau Pahawang Besar.

Perjalanan ke lokasi masih sekitar 20 menit lagi. Dari atas kapal, Anda bisa santai sejenak menikmati indahnya pemandangan laut yang biru di sekitar Dermaga Ketapang.

Penginapan di Pulau Pahawang

Informasi tentang akomodasi merupakan hal penting yang tak boleh dilewatkan wisatawan saat berlibur terutama mengenai penginapan di Pulau Pahawang.

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pahawang umumnya menghabiskan waktu antara 2-3 hari. Bagi wisatawan yang berlibur tanpa menggunakan jasa paket wisata Pulau Pahawang tentunya harus mencari akomodasi penginapan sendiri.

Di Pulau Pahawang ada banyak tempat menginap untuk wisatawan sehingga Anda tak perlu risau. Sebagian besar penginapan berupa homestay yang dikelola oleh warga sekitar Pulau Pahawang.

Beberapa penginapan di Pulau Pahawang yang bisa menjadi rujukan di antaranya Bumi Pahawang, Homestay Pahawang Indahnesia, Penginapan Dermaga Pulau Pahawang, Homestay Arifin dan Sewa Kapal, Turi Indah Homestay, Villa Terapung Pondok Bagoes, serta Homestay Pak Slamet.

Homestay atau penginapan yang kami sebutkan tadi merupakan daftar penginapan yang lumayan nyaman dari segi fasilitas dan pelayanan. Tarif menginap yang ditawarkan pun relatif terjangkau sehingga Anda bisa berwisata ke Pulau Pahawang dengan lebih hemat.

Silahkan Anda memilih salah satu dari beberapa penginapan tersebut! Bagi wisatawan yang berlibur bersama rombongan, disarankan untuk menyewa villa dengan tarif berkisar Rp 3.000.000 per malam.

Villa dengan tarif tersebut tergolong cukup besar, dan dapat menampung hingga 24 orang dalam satu rombongan.

Sementara bagi wisatawan yang datang sendiri atau tidak bersama rombongan dapat memilih penginapan dengan sistem per kamar. Tarifnya berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 700.000 per malamnya tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Bahkan bagi pengunjung yang ingin lebih berhemat lagi atau ingin merasakan sensasi camping di Pulau Pahawang dapat mendirikan tenda dan berkemah di area yang telah tersedia.

Sebenarnya akan lebih hemat bila Anda berlibur ke Pulau Pahawang menggunakan jasa paket wisata. Sebab, mayoritas agen perjalanan wisata sudah bekerja sama dengan pihak-pihak penyedia penginapan sehingga biaya akomodasinya pun menjadi lebih murah.

Paket Wisata Pulau Pahawang

Ada banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata Pulau Pahawang dengan tarif yang bervariasi. Untuk paket wisata Pulau Pahawang full day trip biasanya ditawarkan dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 250.000.

Sementara untuk trip 2 hari 1 malam harganya mulai dari Rp 450.000. Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas sewa kapal, perjalanan keliling pulau Pahawang, makan, kamera bawah air, hingga sewa alat snorkeling.

Bila dihitung-hitung, biaya menggunakan paket wisata Pulau Pahawang ini bisa lebih hemat dibandingkan Anda berwisata sendiri, apalagi jika Anda berencana menginap di Pulau Pahawang biaya sewa kamarnya saja sudah mahal bila Anda pergi tanpa menggunakan jasa paket wisata.

Paket wisata Pulau Pahawang juga akan semakin murah bila Anda datang bersama rombongan. Semakin banyak orang yang ikut dalam rombongan tersebut, semakin murah pula biaya wisata yang akan Anda keluarkan.