Pulau Onrust dapat menjadi sebuah destinasi wisata bahari sekaligus wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Pulau Onrust merupakan salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu dengan panorama alam nan indah dan juga situs bersejarah sisa-sisa kolonial Belanda.


Di Pulau Onrust, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan pantai dan perairan biru yang jernih. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat bekas lokasi basis pertahanan tentara Belanda pada masa penjajahan di masa lampau.

Lokasi Pulau Onrust

Pulau Onrust terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Lokasinya berdekatan dengan Pulau Bidadari, Pulau Kelor, dan Pulau Cipir.

Sebelum menuju ke Pulau Onrust, wisatawan dapat singgah terlebih dahulu ke Pulau Bidadari karena di sini terdapat dermaga yang melayani rute perjalanan menuju ke pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.

Pada masa penjajahan Belanda, Pulau Onrust disebut juga oleh warga sekitar dengan Pulau Kapal. Karena pada masa itu, pulau ini sering disinggahi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia.

Banyak peninggalan bersejarah masa kolonial Belanda yang terdapat di Pulau Onrust. Salah satunya berupa sebuah rumah yang sekarang ini dijadikan Museum Pulau Onrust.

Keindahan Pulau Onrust

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu dengan pemandangan alam yang memukau. Udaranya yang sejuk, perairan birunya yang jernih, dan pemandangan situs-situs bersejarah yang masih tersisa akan menambah kekaguman kita terhadap keindahan Pulau Onrust.

Di Pulau Onrust, wisatawan dapat melihat bangunan-bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda, seperti benteng pertahanan, dan pelabuhan kuno.

Sementara pulau-pulau lain di sekitarnya seperti Pulau Bidadari, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor memang dibangun sebagai pendukung wisata Pulau Onrust.

Cara Menuju Pulau Onrust

Lokasi Pulau Onrust berdekatan dengan sejumlah pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu seperti Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan Pulau Bidadari.

Cara menuju Pulau Onrust cukup mudah, yaitu dengan menaiki speedboat atau perahu nelayan setempat yang melayani penyeberangan ke Pulau Onrust.

Anda bisa mengambil rute melalui dermaga di Marina Ancol ataupun memulai perjalanan dari Pelabuhan Muara Kamal. Bagi wisatawan yang ‘berkantong tebal’, dapat memilih rute melalui Pelabuhan Marina Ancol dengan menaiki kapal mesin mewah menuju Pulau Onrust.

Sedangkan bagi wisatawan yang ingin berhemat dan memiliki sedikit jiwa petualang, dapat mengambil rute dari pelabuhan Muara Kamal dengan menaiki perahu nelayan. Namun biasanya rute ini hanya melayani penyeberangan dengan sistem carter (borongan).

Tarifnya cukup terjangkau, Anda bisa berkeliling di kawasan Pulau Onrust hanya dengan biaya Rp 500.000 untuk 20 orang.

Pemberangkatan biasanya tidak lebih dari jam 8 pagi dan pulang pada jam 3 sore supaya dapat menghindari angin dan ombak besar. Saat kondisi cuaca sedang baik, perahu nelayan tersebut sanggup membawa Anda mengunjungi Pulau Onrust sekaligus 3 pulau lain yang ada sekitarnya.

Selain dari Pelabuhan Muara Kamal dan Marina Ancol, wisatawan juga dapat mengambil rute ke Pulau Onrust melalui Pelabuhan Angke. Di pelabuhan ini ada banyak kapal motor yang melayani penyeberangan ke gugusan Kepulauan Seribu.

Biaya ke Pulau Onrust

Biaya ke Pulau Onrust cukup terjangkau. Bahkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata perairan yang hemat bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya.

Anda dapat berkunjung ke Pulau Onrust kapan saja, tentunya dengan berbagai alternatif transportasi yang tersedia. Rute menuju ke Pulau Onrust juga cukup mudah, dan bisa ditempuh dari beberapa lokasi seperti dermaga Marina Ancol, dermaga Angke, ataupun dermaga Muara Kamal.

Bagi pelancong yang ingin berwisata ke Pulau Onrust dengan biaya lebih hemat, disarankan untuk menggunakan perahu nelayan yang berangkat dari Muara Kamal.

Perahu nelayan ini bisa disewa kapan saja selagi kondisi cuaca dalam kondisi baik dan tidak ada gelombang tinggi. Untuk perahu berkapasitas 20 orang, pengunjung dapat men-carter seharga Rp 500.000. Transaksi langsung dilakukan dengan nelayan pemilik perahu dari dermaga Kamal.

Sementara untuk kapal motor dengan kapasitas besar kisaran 50 orang Anda bisa mencarinya di Muara Angke. Di sini lebih mudah untuk Anda menjumpai kapal motor berkapasitas besar.

Jika Anda ingin berwisata lebih mudah dan hemat lagi, silahkan menggunakan jasa paket perjalanan wisata. Selain dapat memudahkan Anda, juga ada banyak fasilitas yang tersedia sebagai penunjang wisata Anda. Selamat berlibur!