Pulau Merah merupakan salah satu tujuan wisata pantai yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi. Pantai Pulau Merah, dinamakan seperti itu karena terdapat sebuah pulau kecil di lepas pantai sehingga menambah indahnya pemandangan di tempat ini.

Pulau kecil yang nampak seperti bukit ini diberi nama Pulau Merah oleh masyarakat setempat sebab tanahnya yang berwarna merah. Wisatawan dapat menyeberang ke Pulau Merah dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut.


sumber : https://banyuwangitravelweb.wordpress.com/

Sejarah Pantai Merah Banyuwangi

Sejarah Pantai Merah Banyuwangi ialah pada tahun 1990-an, terjadi bencana tsunami yang membuat kawasan Pulau Merah rusak parah. Pasca rusaknya Pantai Merah, Bupati Banyuwangi saat itu memberikan perhatian penuh untuk pengembangan obyek wisata tersebut.

Salah satu upaya pengembangan yang dilakukan adalah dengan memperbaiki akses jalan menuju lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Selain itu juga dilakukan perbaikan pada berbagai fasilitas yang ada di Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Selanjutnya, semakin lama kawasan wisata Pulau Merah Banyuwangi kian berkembang dan ramai sehingga pada tahun 2012 silam, obyek wisata ini diperkenalkan ke dunia internasional dengan diselenggarakannya ajang lomba balap sepeda “Banyuwangi Tour de Ijen”.

Dulunya, sebelum dilakukan pembenahan akses jalan ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi memang cukup sulit. Wisatawan harus melewati jalanan berbatu di tengah area perkebunan karet dan cokelat yang luas. Seiring perkembangan, sekarang ini kawasan wisata Pulau Merah Banyuwangi kian ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi Pulau Merah Banyuwangi

Letak Pulau Merah Banyuwangi berada di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi yang secara administratif berlokasi di Desa Sumber Agung, Kec Pesanggaran, Kab Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai ini termasuk kawasan pesisir selatan Jawa dan lokasinya berjajar dengan Pantai Teluk Ijo, Pantai Sukamade, serta Pantai Pancer.

sumber : http://www.indonesia-tourism.com

Pulau Merah Banyuwangi berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, dengan lama perjalanaan yang memakan waktu kurang lebih 3 jam berkendara.

Akses jalannya sudah sangat bagus dan mulus sehingga wisatawan tidak akan lagi mengalami kesulitan untuk menuju ke lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Rute Menuju Pulau Merah Banyuwangi

Rute Pulau Merah Banyuwangi sangat mudah dituju. Wisatawan dapat berkunjung ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Rute Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bagi pelancong yang menggunakan kendaraan pribadi ada dua rute jalan yang dapat ditempuh.

Rute pertama, bila Anda datang dari arah Barat Banyuwangi:
Kecamatan Genteng >> Kecamatan Pesanggaran >> Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Rute Kedua, bila Anda datang dari arah Timur Banyuwangi atau Situbondo:
Kecamatan Jajag >> Kecamatan Pesanggaran >> Pantai Pulau Merah.

Rute Menggunakan Transportasi Umum

Sedangkan bagi para backpacker atau wisatawan yang menuju ke Pulau Merah Banyuwangi menggunakan transportasi umum, rute yang dapat ditempuh adalah:
Terminal Jajag Banyuwangi >> Terminal Pesanggaran >> Naik Ojeg langsung menuju lokasi Pantai Pulau Merah.

Tiket Masuk Pulau Merah Banyuwangi

  • Nama Obyek Wisata: Pantai Pulau Merah Banyuwangi
  • Lokasi: Desa Sumberagung, Kec Pesanggaran, Kab Banyuwangi, Jawa Timur 68488
  • Harga Tiket Masuk: Rp 8.000 per orang
  • Jam Buka/Tutup: 07.00 s/d 17.00 WIB

Harga tiket masuk ke Pulau Merah Banyuwangi relatif terjangkau dan tidak menguras kantong. Anda bisa berwisata dan menikmati keindahan di Pulau Merah Banyuwangi hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 8.000 per orang.

Hotel di Pulau Merah Banyuwangi

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Pulau Merah Banyuwangi, tak perlu khawatir karena di sekitar tempat ini banyak terdapat penginapan yang bisa Anda sewa.

Mayoritas penginapan di Pulau Merah Banyuwangi berupa homestay yang dikelola oleh masyarakat sekitar lokasi. Harga sewanya pun relatif terjangkau, rata-rata hanya sekitar Rp 100.000 per malam.

Namun harga bisa lebih mahal tergantung fasilitas yang tersedia dan juga kondisi ramai atau tidaknya lokasi wisata. Kemungkinan harga sewa mengalami kenaikan saat musim liburan atau high season.

Dengan tarif yang terjangkau, fasilitas yang bisa Anda dapatkan di penginapan sekitar Pulau Merah ini antara lain bed, televisi, AC, dan kamar mandi dalam.

Nah, itulah informasi lengkap yang dapat kami sampaikan tentang lokasi, rute perjalananan, dan biaya tiket masuk ke Pantai Pulau merah Banyuwangi. Menarik bukan? Tunggu apalagi, segera rencanakan liburan Anda ke Pulau Merah.