Pulau Menjangan, Tempat Diving Terbaik di Bali Barat – Pulau Dewata Bali memang menyimpan sejuta pesona indah bagi siapa saja yang mengunjunginya, mulai dari objek wisata alamn, budaya, hingga religi, semuanya tersedia di sini. Akan tetapi, terkadang bagi sebagian orang yang suka sekali traveling ke Pulau Dewata Bali akan terasa sangat membosankan jika hanya spot-spot tertentu yang mereka kunjungi.

Tunggu dulu…! Siapa sangka bila ternyata Pulau Bali ini masih menyimpan satu surga tersembunyi yang mampu menawarkan panorama yang sangat menakjubkan bagi Anda. Surga ini adalah pulau menjangan, yang mana pulau ini adalah salah satu pulau yang hingga kini masih sangat alami dengan spot diving terbaik yang super duper amazing.

Pulau menjangan ini berada di sebelah utara kawasan Taman Nasiona Bali bagian Barat, tepatnya ada di desa Klampok, kecamatan Grokgak, kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 3 jam dari objek wisata pantai kuta Bali.

Hal menarik di objek wisata pulau menjangan
Kira-kira hal menarik apa sih yang ditawarkan pulau menjangan Bali? Di sini selain diving dan juga snorkeling Anda juga bisa melakukan wall diving. Wall diving ini merupakan salah satu jenis kegiatan menyelam di kedalaman dengan mengikuti lajur tebing yang ada di bawah laut. Tebing bawah laut yang ada di pulau menjangan ini mempunyai kedalaman sekitar 20 hingga 60 m, bahkan bisa lebih.

Walaupun sangat terkenal dengan wall divingnya, pulau menjangan ini mempunyai banyak sekali terumbu karang pada kedalaman mulai 10 m, Anda nantinya akan menemukan banyak sekali ikan jenis gorgonial fanfish. Dengan kondisi perairannya yang cukup tenang, sehingga jarak pandang Anda dapat mencapai sekitar 50 m pada kondisi cuaca tertentu.

Pulau menjangan ini telah dikelilingi oleh terumbu karang dengan banyak formasi yang unik dan bentuk yang cantik. Formasi bebatuan karang dengan kedalaman 60 m ini telah membentuk sebuah gua kecil dan juga gua besar yang mempunyai fungsi sebagai habitat terumbu karang, seperti halnya dengan kerapu besar, karang lunak, dan juga belut moray. Dan di dalam gua kecilnya Anda akan menemui kakap kecil dan juga batfish yang sedang berenang hilir mudik.
Demikianlah tadi sekilas informasi tentang pulau menjangan Bali yang dapat kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan juga menjadi inspirasi terbaik wisata Anda selanjutnya di Pulau Bali.