Pulau Kelor merupakan obyek wisata alam dan wisata sejarah yang terletak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau Kelor memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan kental dengan nuansa sejarah sehingga menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dapat menjadikan Pulau Kelor sebagai destinasi wisata yang cocok untuk Anda berakhir pekan atau saat datang masa liburan.

Foto IG : @pulaukelor

Lokasi Pulau Kelor

Pulau Kelor berlokasi di gugusan Kepulauan Seribu yang berada di sebelah utara Ibu Kota Jakarta. Lokasi Pulau Kelor berdekatan dengan pulau lain di sekitarnya yang juga menjadi destinasi wisata favorit di Kepulauan Seribu seperti Pulau Onrust, Bidadari, Petondan, dan Pulau Cipir.

Bagi wisatawan yang hendak menuju ke lokasi Pulau Kelor dapat menaiki kapal speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Selain itu bisa juga dengan naik perahu motor milik nelayan melalui Dermaga Muara Kamal Cengkareng, atau Dermaga Tanjung Pasir, Tangerang.

Bedanya, bila Anda melalui rute dermaga Marina Ancol biaya penyeberangannya cenderung lebih mahal karena aksesnya lebih jauh dibandingkan melalui Muara Kamal ataupun Tanjung Pasir.

Mahalnya biaya penyeberangan juga dikarenakan kapal yang berangkat dari Marina Ancol rata-rata merupakan kapal besar dengan fasilitas yang mewah.

Sedangkan bila Anda berangkat dari Muara Kamal ataupun Tanjung Pasir, rata-rata kapal yang digunakan adalah perahu motor dari kayu yang dikelola oleh nelayan setempat.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kelor sudah lumayan lengkap dan ditata dengan apik. Di samping terdapat dermaga sebagai tempat pemberhentian kapal, di Pulau Kelor juga sudah tersedia fasilitas saung untuk bersantai para pengunjung, toilet umum, dan banyak pula fasilitas lainnya.

Alamat Pulau kelor

Alamat Pulau Kelor secara administratif tepatnya berada di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu Selatan, Kab Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Wisatawan dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone untuk menemukan lokasi dan alamat Pulau Kelor secara lebih mudah.

Misteri Pulau kelor

Fakta unik yang menjadi misteri Pulau Kelor adalah dulunya pulau ini dijadikan sebagai tempat eksekusi para tahanan politik pemerintah Hindia Belanda.

sumber : https://www.indonesiakaya.com

Pada zaman dahulu, Pulau Kelor memang dikenal sebagai tempat untuk mengeksekusi para pejuang dan warga pribumi yang menjadi tahanan politik pemerintah Hindia Belanda.

Pulau ini juga menjadi kuburan bagi tahanan-tahanan tersebut, hingga kemudian Pulau Kelor terkenal dengan sebutan “Kuburan Kapal Tujuh” atau Sevent Provincien.

Konon, mayat-mayat para tahanan yang dieksekusi langsung dikubur di sini, namun tanpa menggunakan batu nisan. Kuburan para tahanan tersebut masih ada dan berada di sekitar area wisata Pulau Kelor.

Meskipun Pulau Kelor ini kecil, tapi menyimpan begitu banyak misteri maupun sejarah zaman kolonial Belanda. Salah satunya adalah Benteng Martelo yang hingga kini masih tetap berdiri kokoh.

Benteng Martelo sudah terlihat dari kejauhan saat kita akan mengunjungi Pulau Kelor. Tempat ini juga menjadi spot wisata favorit di kalangan wisatawan yang datang ke Pulau Kelor.

Benteng Martelo merupakan bangunan yang didirikan oleh VOC pada abad ke-17 guna menghalau serangan musuh dari luar. Bentuk bangunan berupa benteng yang melingkar 360 derajat dan terbuat dari bata merah yang kokoh.

Pada tahun 1883, benteng ini pernah porak-poranda oleh tsunami akibat meletusnya Gunung Krakatau. Namun, sisa-sisa benteng ini masih berdiri kokoh dan menyajikan pemandangan eksotis dengan nuansa abad pertengahan.

Namun terlepas dari cerita misteri yang ada di Pulau Kelor, panorama alam di sini sangatlah indah dan sedap dipandang. Udaranya yang sejuk dan segar khas alam laut menambah kenyamanan bagi para pengunjung yang berwisata ke Pulau Kelor.

Di tempat ini juga banyak terdapat spot foto yang menarik dan favorit bagi para pecinta fotografi. Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang bisa Anda jadikan latar untuk berfoto, tapi juga bangunan-bangunan kuno yang eksotis akan membuat hasil foto Anda semakin mengagumkan.

Anda akan merasa kagum dengan berbagai pesona keindahan yang tersaji di Pulau Kelor, mulai dari pasirnya yang putih, air lautnya yang jernih, dan berbagai bangunan bersejarah yang tampak eksotis semua ada di pulau ini.

Biaya ke Pulau kelor

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Kelor tentunya harus menghitung dan merencanakan biaya perjalanannya terlebih dahulu. Anda bisa menuju ke Pulau Kelor melalui beberapa rute seperti Marina Ancol, Muara Kamal, ataupun Tanjung Pasir.

Untuk informasi kisaran biaya ke Pulau Kelor secara umum adalah sebagai berikut:

  • Biaya parkir kendaraan di dermaga: Rp 20.000
  • Tiket kapal penyeberangan ke Pulau Kelor: Rp 100.000 per orang.
  • Harga tiket masuk Pulau Kelor: Rp 5.000
  • Jasa pemandu (tour guide): Rp 250.000 per rombongan.

Kisaran biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan masih dihitung secara umum. Biaya ke Pulau Kelor akan lebih hemat dengan menggunakan jasa paket wisata dibandingkan Anda pergi berwisata ke Pulau Kelor sendiri.