Pulau Derawan – menjadi salah satu tempat wisata yang pantas disebut sebagai “surga dunia” karena menyajikan keindahan alam yang sungguh mengagumkan, baik panorama di atas laut maupun bawah lautnya.

Obyek wisata Kepulauan Derawan terdiri dari 4 pulau utama, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki.

Selain itu juga terdapat 31 pulau lainnya yang termasuk dalam kawasan wisata Pulau Derawan dengan panorama alam yang indah dan eksotis.

Pulau Derawan Backpacker

Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan bagi para Backpacker untuk menuju ke Kepulauan Derawan, antara lain:

  • Berangkatlah saat low season bila ingin mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih hemat. Bisa juga dengan memanfaatkan promo yang biasanya diadakan oleh sejumlah maskapai penerbangan.
  • Memilih jalur darat akan lebih hemat biaya, namun waktu tempuhnya akan lebih lama.
  • Sebaiknya gabung bersama teman-teman atau ikut rombongan bila ingin mendapatkan tarif sewa speedboat dan penginapan yang lebih terjangkau.
  • Bawalah perbekalan bila ingin menghemat biaya makanan selama perjalanan.
  • Temperatur udara di Kalimantan lebih panas, dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Oleh sebab itu bawalah sunblock dan pakaian yang mudah menyerap keringat untuk kenyamanan Anda selama berwisata.
  • Pastikan Anda membawa charger atau powerbank untuk mengantisipasi habisnya daya baterai gadget.

Lanjut klik angka “2” di bawah ini untuk melihat dimana lokasi pulau derawan, dan melihat beberapa keindahan fotografi pulau derawan yang menakjubkan ini.