Pulau Derawan – menjadi salah satu tempat wisata yang pantas disebut sebagai “surga dunia” karena menyajikan keindahan alam yang sungguh mengagumkan, baik panorama di atas laut maupun bawah lautnya.

Obyek wisata Kepulauan Derawan terdiri dari 4 pulau utama, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki.


Selain itu juga terdapat 31 pulau lainnya yang termasuk dalam kawasan wisata Pulau Derawan dengan panorama alam yang indah dan eksotis.

Pulau Derawan Backpacker

Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan bagi para Backpacker untuk menuju ke Kepulauan Derawan, antara lain:

  • Berangkatlah saat low season bila ingin mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih hemat. Bisa juga dengan memanfaatkan promo yang biasanya diadakan oleh sejumlah maskapai penerbangan.
  • Memilih jalur darat akan lebih hemat biaya, namun waktu tempuhnya akan lebih lama.
  • Sebaiknya gabung bersama teman-teman atau ikut rombongan bila ingin mendapatkan tarif sewa speedboat dan penginapan yang lebih terjangkau.
  • Bawalah perbekalan bila ingin menghemat biaya makanan selama perjalanan.
  • Temperatur udara di Kalimantan lebih panas, dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Oleh sebab itu bawalah sunblock dan pakaian yang mudah menyerap keringat untuk kenyamanan Anda selama berwisata.
  • Pastikan Anda membawa charger atau powerbank untuk mengantisipasi habisnya daya baterai gadget.

Lokasi Pulau Derawan

Pulau Derawan berlokasi di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Bagi Anda wisatawan luar daerah yang ingin berkunjung ke wisata Pulau Derawan, harus melalui Balikpapan atau Samarinda terlebih dahulu.

Di Balikpapan, Anda akan mendarat di Bandara Sepinggan atau yang sekarang dikenal dengan nama Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Sedangkan di Samarinda Anda akan mendarat di Bandara Temindung Samarinda.

Dari Balikpapan atau Samarinda, Anda bisa memilih dua cara untuk sampai ke Kabupaten Berau. Bisa dengan jalur darat, ataupun jalur udara.

Keindahan Pulau Derawan

Wisata Pulau Derawan menyajikan keindahan alam yang mengagumkan berupa hamparan permukaan air laut berwarna gradasi antara biru dan hijau.

Gelaran pasir putih, barisan pohon kelapa nan indah di pesisir pantai serta rumah-rumah sederhana yang letaknya menjorok 100 meter ke laut.

Rumah-rumah tersebut menjadi tempat menginap wisatawan sehingga Anda dapat menikmati secara langsung pemandangan dari atas permukaan laut dengan hiasan visual cantik berupa aneka ikan warna-warni dan penyu yang berenang ke sana – ke mari.

Anda akan menemukan aneka macam biota laut yang indah di taman laut perairan Pulau Derawan, mulai dari terumbu karang, kuda laut, gurita, cumi-cumi, ikan pipa, ikan scorpion, hingga belut pipa.

Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke sejumlah pulau lainnya yang masih termasuk kawasan wisata Kepulauan Derawan.

Masing-masing pulau menyajikan keunikan tersendiri. Anda akan berjumpa dengan berbagai macam hewan laut yang cantik seperti ikan pari hitam selebar 6 meter, lumba-lumba, panyu hijau, penyu sisik, paus, dan juga dugong.

Anda juga dapat berkunjung ke Danau Kakaban yang menjadi satu-satunya Danau di tengah Pulau dan banyak terdapat ubur-ubur di dalamnya.

Pulau Derawan sungguh menjadi “surga dunia” yang sangat mengagumkan dan tidak tempat lain di dunia yang dapat menyaingi keindahan wisata alam bahari Pulau Derawan.Pulau Derawan juga sudah sangat terkenal di mancanegara dan menduduki peringkat ketiga dunia sebagai destinasi menyelam bertaraf internasional.

Penginapan di Pulau Derawan

Di Pulau Derawan Anda bisa memilih banyak model tempat untuk menginap, mulai dari homestay hingga Resort. Anda bebas memilih tempat penginapan, tergantung berapa budget yang tersedia.

Biaya menginapnya pun bervariasi, tergantung model penginapannya. Untuk homestay di rumah penduduk, biayanya sekitar Rp 250 ribu per malam.

Sedangkan untuk cottage yang ada di atas laut, biayanya sekitar Rp 300 ribu. Bila ada budget lebih yang tersedia, Anda bisa memilih Resort dengan tarif sekitar Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah.

Harga Tiket Masuk Pulau Derawan

Tidak ada patokan khusus mengenai harga tiket masuk Pulau Derawan. Semua tergantung Anda ingin menginap di mana, berapa lama, dan akomodasi yang akan Anda sewa.

Cara paling mudah ialah dengan menggunakan jasa Paket Tour ke Pulau Derawan. Sebagai contoh untuk paket tur selama 3 hari 2 malam, biaya yang dikenakan paling murah biasanya sekitar Rp 1.800.000 per orang.

Dengan harga segitu, wisatawan biasanya akan mendapatkan fasilitas di seperti:

  • Speedboat explore ke Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki.
  • Transportasi Pulang-Pergi dari Berau menuju Derawan.
  • Penginapan water cottage AC (di atas air).
  • Peralatan Snorkeling.
  • Makan sebanyak 5 kali selama di Pulau Derawan.
  • Tiket masuk ke tempat-tempat wisata di kawasan Pulau Derawan.
  • Asuransi Jasa Raharja.

Demikian ulasan lengkap dari kami mengenai wisata Pulau Derawan. Wisata alam bahari yang menyajikan keindahan mengagumkan. Rencanakan liburan Anda dari sekarang!