Pulau Bawean – Nama Pulau Bawean mungkin belum terdengar familiar di telinga sebagian traveler. Terlebih letaknya yang berada di Gresik yang masih jarang dijadikan destinasi wisata. Namun, suasana yang ada di pulau ini mampu membuat siapapun yang mengunjunginya akan terkesan dengan keindahannya yang tersembunyi.

Pulau ini pun memiliki beberapa keunikan yang mungkin tidak ada di Pulau jawa lainnya, yaitu penduduknya yang 80% didominasi oleh perempuan, kebiasaan penduduknya meninggalkan kunci motor tergantung begitu saja di motornya.

Dimanapun motor diparkirkan bahkan kebiasaan berbondong-bondong yang dilakukan penduduk ketika mengantarkan kerabat atau tentangga yang hendak merantau atau melanjutkan sekolah ke luar Pulau Bawean.

Tempat Wisata Pulau Bawean

Selain keunikan yang dimiliki pulau ini, tentu tempat wisatanya juga menjadi daya tarik utama bagi traveler. Mau tau apa saja tempat wisata yang dimiliki Pulau Bawean ? Berikut 10 tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Pulau Bawean :

1. Pulau Gili

pulau gili image by http://piknikasik.com

Selain Pulau Bawean sebagai pulau utama, ada beberapa pulau kecil lainnya di sekitaran Pulau Bawean. Salah satunya adalah Pulau Gili. Pulau ini merupakan pulau terbesar di sekitar Pulau Bawean dengan dihuni sekitar 700 kepala keluarga yang tinggal di pulau ini.

Pulau ini memiliki pantai berpasir putih dengan pemandangan sunset dan sunrise yang menawan. Hasil laut para nelayan juga merupakan hal menarik untuk dinikmati di pulau ini. Sambil menikmati pemandangan eksotis menghadap laut lepas, Anda juga bisa menikmati sajian ikan bakar segar

2. Pulau Noko

pulau noko image by rusabawean.com

Pulau Noko yang letaknya berseberangan dengan Pulau Gili memiliki luas sekitar 1 km2 dan seluruh daratannya merupakan pasir putih. Dengan air lautnya yang tenang, Anda bisa bermain-main di pantainya tanpa khawatir terseret air laut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktiitas snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

3. Pulau Noko Selayar

pulau noko selayar image by http://www.inigresik.com

Berbeda dengan Pulau Noko. Pulau Noko selayar terdapat sebuah laguna yang cantik dan pemandangan perbukitan hijau dari kejauhan seakan-akan seperti pemandangan pantai di Pulau Lombok.

Di pulau Noko Selayar Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling karena arus laut di pulau ini termasuk tenang. Dan untuk sampai ke pulau ini Anda bisa menyeberang dengan perahu penyeberangan yang waktu tempuhnya sekitar 20 menit dari Pulau Bawean.

4. Tanjung Gaang

tanjung gaang image by http://lifestyle.liputan6.com

Tempat ini terdiri dari rangkaian batu-batu karang yang berada di tengah-tengah air laut yag biru nan jernih. Salah satu cara untuk menikmati keindahan Tanjung Gaang adalah dengan berkeliling menyusuri batuan karang dengan menggunakan perahu nelayan yang bisa Anda sewa.

5. Pantai Mayangkara

pantai mayangkara http://aksesbawean.blogspot.co.id

Konon, pantai ini pertama kali ditemukan oleh Siti Zainab yang merupakan istri dari Sunan Giri. Di pantai ini lah Siti Zainab pertama kali berlabuh saat menemukan Pulau Bawean.

Pantai ini berbeda seperti kebanyakan pantai lainnya yang kebanyakan pesisirnya diselimuti pasir putih. Di pantai ini terdapat sebuah tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan hijau. Anda bisa berjalan diatas rumputnya sambil melihat pemandangan pantai ataupun bermain bola diatas rumput hijaunya.

Lanjut klik angka “2” di bawah ini untuk melihat 5 wisata alam berikutnya di Pulau Bawean yang tidak kalah menarik tentunya.