Pesona Magis di Objek Wisata Danau Tiga Warna Gunung Kalimutu – Indonesia memang mempunyai sejuta pesona dalam setiap denyut nadinya. Indahnya alam yang tidak habis untuk dipandang, bahkan dengan keragaman budayannya yang tidak pernah lekang untuk diceritakan, hingga pada struktur masyarakat yang sangat menarik untuk dikisahkan. Di bumi nusantara ini ada sejuta kisah dalam waktu silam yang masih dipupuk dan juga terus terjaga dengan baik sebagai warisan jati dri bangsa yang tidak habis tergerus jaman.

danau tiga warna image via www.tempatwisatamu.com

Ya, Pulau Flores yang ada di bagian Timur Indonesia ini adalah salah satunya, yang mana keindahan alam, budaya, serta cerita masa lampaunya dirajut dalam pesona kisah serta keindahan Kalimutu. Ada dipuncak objek wisata gunung kalimutu akan membawa Anda pada nuansa pesona alam yang sangat indah dan eksotis. Gunung kalimutu ini mempunyai keindahan danau tiga warna yang sangat mempesona, yang juga dinamai dengan kalimutu. Danau ini kabarnya terbentuk karena aktifitas gunung yang pernah melets beberapa kali. Ketiga danau tersebut mempunyai warna yang berbeda-beda, dan uniknya lagi, warna dari danau ini juga akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.


Keindahan danau tiga warna di gunung kalimutu

Danau tiga warna di gunung kalimutu ini berada di sebuah desa Pemo, kecamatan Kalimutu, Nusa Tenggara Timur. Untuk bisa mencapainya, Anda diharuskan menempuh perjalanan yang cukup jauh, yakni sekitar 45 km dari kota Ende atau 13 km dari kampung Moni. Tak hanya keindahannya saja, danau kalimutu ini ternyata juga menyimpan kisah magis yang sangat dipercaya masyarakat setempat. Yang mana mereka percaya bahwa ada makna dan kekuatan alam yang maha dahsyat dari danau tiga warna di gunung kalimutu tersebut. Dan sekarang ini, danau kalimutu berwarna biru, merah, dan juga putih.

Danau tiga warna image via https://www.instagram.com/mitsnain/

Bahkan masyarakat setempat juga percaya bahwa danau tiga warna di gunung ini adalah anugerah Tuhan yang bisa memberikan kesuburan pada tanah mereka. Maka tidak jarang di tempat wisata ini juga sering diadakan upacara adat memberikan persembahan hasil bumi bagi para arwah yang bersemayam pada ketiga danau yang indah tersebut. Tak hanya danau, objek wisata gunung kalimutu ini juga menyimpan pesona flora dan faunanya yang tidak kalah menarik

Demikianlah tadi sejuta pesona magis di objek wisata danau tiga warna gunung kalimutu yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.