Pesona Gunung Kerinci Objek Wisata Eksotis dan Menantang – Wisata Gunung Kerinci – Memiliki ketinggian 3.805 m dpl, dengan lebar 13 dari utara kesalatan dan mempunyai panjang 23 kmmenjadikan gunungkerinci menjadi puncak tertinggi di Pulau Sumatera sekaligus sebagai gunung berapi tertinggi se Asia Tenggara. Gunung api yang masih aktif ini terletak di area perbatasan provinsi Sumatera Berat dan Provins Jambi. Gunung Kerinci terkahir kali meletus pada tahun 2009 dan memiliki berbagai julukan diantarnya yaitu gunung Korinci, Berapi Kurinci, Gunung Gadang dan Puncak Indrapura.

Gunung yang menjulang tinggi di langit Kota Jambi ini menyimpan sejuta pesona dan potensi geowisata yang menarik dan nyaris sempurna. Medan pendakian gunung Kerinci sendiri bisa dikatakan cukup menantang segat cocok untuk kamu yang menyukai tantangan.
Jalur Pendakian Gunung Kerinci
Untuk sampai ke puncak, wisatawan dapat menempuh jalur pendakian utama, karena untuk sampai ke puncak memang tidak ada jalur alternatif lain yang dapat di lalui. Satu satu nya jalur pendakian yang dapat ditempuh yaitu berawal dari Desa Kresik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.
Pendakian gunung kerinci memakan waktu selama dua hari, jadi kamu harus mempersiapkan dengan cermat semua peralatan yang dibutuhkan. Dan disarankan untuk bersama seorang travel guide jika kamu para pemula.
Dalam perjalanan pendakian kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang masih terjaga dengan beragam flora seperti bunga raflesia, pohon mahoni, suweg raksasa dan masih banyak lagi. Untuk fauna nya kamu dapat menyaksikan monyet ekor panjang, kus-kus, gajah, tapir dan beragam jenis burung .
Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Kerinci adalah antara bulan Juli dan bulan Agustus, karena pada waktu ini adalah musim kemarau dan Gunung Kerinci banyak dikunjungi oleh wisatawan. Akan tetapi pada bulan Agustus sering kali banyak angin kencang di puncak gunung ini. Oleh karena itu para pendaki harus memiliki sistem kekebalan dan tubuh yang kuat.

Keindahan gunung Kerinci memang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Baik di pagi hari menikmati momen matahari terbit (sunrise) yang menghangatkan, siang hari dengan udara sejuk khas pegunungan serta sore hari di penghujung senja menikmati momen matahari tenggelam (sunsite), ataupun malam hari dengan gemerlap langit yang bertabur bintang. pesona Gunung Kerinci Memang selalu terpampang dengan megahnya.

Dibalik pesona keindahan Gunung Kerinci yang begitu eksotis dan menantang, juga terdapat resiko yang tinggi dalam pendakiannya. Untuk itu kamu harus selalu berhati-hati ketika melakukan pedakian di gunung ini. Biasanya cuaca buruklah yang membuat para pendaki tersesat dan kehilangan arah.
Merasa tertantang untuk mengeksplorasi keindahan Gunung Kerinci yang tersoshor di pulau Sumatera ini? Jika iya, mulilah merencanakannya sejak sekarang.