Kamu suka memburu sunrise? Kamu rela mendaki gunung saat dini hari demi bisa sampai di puncak saat fajar datang? Kalau ya, berarti kamu harus mencoba mendaki Gunung Batur. Gunung yang satu ini adalah gunung tertinggi ke-2 di Bali setelah Gunung Agung. Gunung yang disucikan oleh penduduk Bali ini berada jauh dari keramaian kota.

Tempat wisata Gunung Batur memiliki tinggi 1717 mdpl. Uniknya, tempat wisata Gunung Batur ini adalah gunung berapi yang masih aktif. Pada tahun 1917, gunung ini pernah meletus hingga memberikan dampak pada beberapa desa di sekitarnya. Kabar baiknya buat kamu, trek untuk mendaki Gunung Batur ini cukup mudah untuk pemula. Tempat wisata Gunung Batur bisa dijadikan medan untuk belajar melakukan pendakian, hingga lihai menaklukkan gunung-gunung lainnya.

Meskipun treknya cukup mudah, bukan berarti pesona keindahan Gunung Batur kalah dari gunung yang susah didaki. Gunung Batur tetap memesona, bahkan sebelum kamu bertemu dengan sunrise yang konon kabarnya menjadi yang paling indah di Pulau Dewata.

Sunrise di Gunung Batur
Sunrise di Gunung Batur

Rute Menuju Gunung Batur Bali

Kalau kamu ingin memburu matahari terbit di gunung eksotis yang satu ini, silakan kamu berkendara dari Denpasar. Sekitar 2 jam perjalanan, kamu akan sampai di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Kecamatan ini adalah pintu gerbangmu untuk memijak tempat wisata Gunung Batur. Usahakan kamu sudah berada di kaki Gunung Batur pada dini hari, sekitar pukul 02.30 WITA. Dari sini, kamu bisa menjejakkan langkah pertamamu mendaki Gunung Batur. Meskipun kamu harus mendaki pada malam hari, akan ada pendamping yang siap menemanimu menembus gelap.

Kamu nggak akan bete atau bosan menyusuri jalur pendakian. Lagipula, mana mungkin kamu bosan kalau di sekeliling jalur pendakian kamu akan dikepung oleh lautan bintang?

Kamu nggak akan sadar kalau perjalanan menuju puncak tempat wisata Gunung Batur ternyata sangat terjal dan menantang. Indahnya lautan bintang di sekelilingmu pasti akan berhasil mengalihkan perhatian.

Setelah melewati perjuangan panjang hingga mencapai puncak Gunung Batur, kamu pasti akan terpana dengan pemandangan menakjubkan yang tersaji di depan matamu. Setelah mendaki dan menyabarkan diri menunggu matahari terbit muncul, semua lelah dan keringatmu akan terbayar lunas. Sinar matahari pagi akan membias hangat menerpa wajahmu dari balik lengkungan gunung. Nggak cuma sinar oranye yang akan membias di langit, kamu juga akan menemukan sinar ungu, sinar biru, dan sinar hijau yang bersatu padu dengan begitu harmonis di ufuk timur.

Panorama menawan ini akan membuatmu selalu ingin kembali ke tempat wisata Gunung Batur di Kecamatan Kintamani. Kaldera gunung tertinggi kedua di Pulau Bali ini juga menjadi laboratorium alam dan budaya. Kamu nggak akan pernah nyesel kalau datang ke tempat wisata Gunung Batur. Namun, risiko ditanggung sendiri ya kalau pada akhirnya kamu malah ingin selalu kembali.

Harga Tiket Masuk Gunung Batur

Tempat wisata Gunung Batur berlokasi di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata yang menakjubkan ini, siapkan uang untuk membayar tiket sebesar Rp100.000 per orang. Jangan lupa pula untuk menyiapkan dana tambahan untuk menyewa jasa porter. Namun rasanya, berapa pun uang yang kamu keluarkan untuk berwisata ke Gunung Batur akan tetap sepadan dengan keindahan gunung yang akan kamu dapatkan.

Jangan menunda terlalu lama untuk mendaki Gunung Batur. Lekas pesan tiket pesawat ke Bali dan jejakkan kakimu di tempat wisata Gunung Batur yang menakjubkan ini.