Pesona Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu Flores NTT – Danau Tiga Warna Kelimutu – Para traveller sejati dan para pembaca yang usianya 20 tahun ke atas. Saya pastikan Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan nama Danau Tiga Warna ini. Pasalnya daya tarik danau ini telah mendunia dan pernah di abadikan dalam mata uang rupiah kita. Tepatnya uang kertas 5.000 Rupiah.

Nama Kelimutu sendiri berasal dari kata “keli” yang berarti gunung dan “mutu” yang berarti mendidih. Dua kata tersebut digabungkan menjadi Kelimutu. Danau Kelimutu merupakan sebuah keajaiban alam berupa danau tiga warna yang berbeda, yaitu merah, putih dan biru. Walaupun begitu warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring berjalnnya waktu. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau tiga warna Kelimutu tersebut memiliki arti dan makna masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.
Danau berwarna biru atau sebutan lainnya “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” dipercaya juga sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Dan satunya lagi danau berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan.
Luas dari ketiga danau kelimutu tersebut berkisar sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air sekitar 1.292 juta meter kubik. Batas antara 1 danau dengan ke dua danau lainnya dipisahkan dinding batu sempit. Ketinggian dinding danau berkisar 50 sampai 150 meter.
Danau-danau unik tersebut terbentuk akibat terjadinya letusan gunung Kelimutu yang berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT beberapa tahun silam.
Terlepas dari namanya yang menyeramkan dan penuh misteri, Danau Kelimutu sejatinya merupakan danau kawah yang cantik dan menakjubkan dan patut untuk dikunjungi oleh wisatawan, masing-masing kubangan mempunyai warna air yang selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Misal, kubangan air berwarna merah dapat menjadi hijau tua dan merah hati. Perubahan warna tersebut terjadi akibat perubahan reaksi dari ketiga kawah yang berbentuk danau tersebut dan hal itulah yang justru menambah keindahan dan keunikan salah satu tempat wisata utama di Nusa Tenggara Timur ini.
Tidak hanya itu, untuk Anda hunter Sunrise tempat wisata danau tiga warna gunung kelimutu ini juga menawarkan spot yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbit. Tentunya pengunjung harus berjalan di pagi buta untuk mendapatkan pemandangan indah ini.
Fasilitas dan harga Tiket Masuk Kawasan Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu
Fasilitas yang tersedia di kawasan ini cukup lengkap, mulai dari toilet yang memadai, tempat parkir, beberapa gazebo dan kios-kios yang menjual makanan dan minuman.
Harga tiket masuk Untuk menyaksikan Keindahan Danau Kelimutu terbilang cukup murah kamu hanya perlu membayar Rp.3000 per orang dihari biasa dan Rp 5.000 pad Weekday.
Nah itulah informasi singkat tentang objek wisata danau tiga warna kelimutu Flores NTT. Happy Travelling!