Air Terjun Sri Gethuk – Hallo sahabat traveller, ternyata untuk liburan seru dan menyenangkan layaknya di luar negeri itu tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri ya, karena di Indonesia sendiri tepatnya di Kota Yogyakarta (Jogja) menyimpan destinasi wisata layaknya Grand Canyon Arizona, Amerika Serikat.

Sudah “mengenal” Grand Canyon yang berada di utara Arizona, Amerika Serikat? Jika belum, berikut sedikit gambarannya. Grand Canyon di Arizona merupakan bentukan alam berupa jurang dan tebing tinggi terjal yang dihiasi oleh aliran sungai Calodro yang begitu memukau.


Nah jika Anda berkunjung ke Wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta ini maka keindahan serupa akan Anda jumpai, yakni hijaunya aliran sungai yang membelah tebing-tebing dan beberapa aliran air terjun indah yang saling berdekatan seakan tak pernah lelah mengalir disepanjang musim. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Sri Gethuk.

Dinamakan Air Terjun Sri Gethuk, karena air terjun indah yang memiliki ketinggian mencapai 50 meter tersebut dipercaya sebagai tempat penyimpanan kethuk (instrumen gamelan) milik Jin Anggo Meduro. Konon, pada waktu-waktu tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.

air terjun sri gethuk

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Berdasarkan info terbaru, sebelum pengunjung dapat melihat dan merasakan langsung keindahan wisata Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung diharuskan untuk membayar tiket masuknya terlebih dahulu. Untuk tiket masuknya cukup murah kok,engunjung hanya perlu membayar Rp 7.000,- per orang.

Oh ya, tapi harga tersebut hanya berlaku untuk memasuki kawasannya saja ya, jika pengunjung ingin menggunakan paketan lengkap wisata air terjun ini seperti perlengkapan tambahan seperti rakit dan pelampung beserta pemandu wisata maka pengunjung harus membayar Rp 30.000,-

Hanya dengan harga segitu Anda bisa sepuas-puasnya meng-eksplore wisata keren yang satu ini.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun menakjubkan ini merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istemewa Yogyakarta (DIY).

Alamat lengkapnya adalah di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Atau berjarak sekitar 28 Km dari pusat kota.

Akses Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Para pengunjung dapat mencapai lokasi objek wisata air terjun Sri Gethuk dengan memilih dua jalur, yaitu:

  • Yogyakarta – Wonosari – Pathuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan. (Jalur utama).
  • Imogiri Barat – jalan Panggang – Panggang – Paliyan – Playen – Bleberan. (Jalur alternatif).

Sesudah sampai di desa Blaberan, Anda kembali harus melanjutkan perjalanan menuju Dusun Menggoran yakni melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI, kondisi jalan yang akan dilewati bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan berbatu.

Sesampainya di Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan deretan ladang jati.

Ladang jati sudah terlewati, kini sampailah di areal pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir. Di sana terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun.

Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak dan pilihan kedua melawan arus Sungai Oya menaiki rakit yang terbuat dari drum (perahu tradsional).

Jika Anda penasaran dan menyukai hal yang baru maka menaki perahu di atas sangat direkomendasikan. Di atas rakit sederhana tersebut Anda dan teman-teman bisa menikmati momen langka mengitari tebing-tebing karst yang diselimuti tumbuhan hijau di atas aliran air sungai yang menyenangkan.

Di atas perahu tersebut juga menjadi spot foto favorit banyak pengunjung lho, biasanya para pengunjung akan mengabadikan momen langka tersebut dengan berfoto ria atau diabadikan dalam bentuk video.

rute menuju air terjun sri gethuk

Jika Anda lebih memilih menggunakan perahu, sebaiknya datang di pagi hari dan saat sungai tidak mengalami pasang dan arus sungai cukup tenang.

Sebaliknya jika Anda lebih menyukai tantangan di alam bebas, Anda bisa menuju titik air terjun dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Pepohonan rindang berwarna hijau akan menjadi teman Anda disepanjang perjalanan sekaligus menjadi bukti bahwa tempat ini masih terjaga keasriannya.

Setelah 20-45 menit menyusuri jalan mulai terdengarlah gemuruh air terjun Sri Gethuk yang menyamubut kedatangan Anda. Di sana air terjun jernih yang mengalir ke sungai melintasi bebatuan yang tersusun rapi akan menjadi teman Anda yang paling setia.

Di sana Anda dapat bermain air sepuas-puassnya. Dijamin seru deh, pemandangan alam di sana seakan membuat kamu tiada henti mengagumi keindahan yang diciptakan Tuhan.

Foto Air Terjun Sri Gethuk

 

2Video Lain Air Terjun Sri Gethuk

Video 1:

Video 2:

Itulah review singkat tentang pesona air terjun Sri Gethuk Grand Canyon ala Yogyakarta. Tertarik untuk mengunjunginya? Buruan OTW ke Air Terjun Sri Gethuk!