Pelabuhan Ratu – Nama Pantai Pelabuhan Ratu tentu sudah sangat populer dan terkenal. Pantai teluk yang unik berpadu dengan pantai landai dan pantai curam dengan pemandangan alam yang mengagumkan.

Pantai ini juga dikelilingi hutan-hutan cagar alam dan terdapat karang-karang terjal dengan hempasan ombak yang dahsyat di sisi lainnya.

Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki kaitan erat dengan legenda mistis Nyi Roro Kidul sehingga memberi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Mitos Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu selalu identik dengan legenda mistis penguasa Laut Selatan yang terkenal, Nyi Roro Kidul. Konon, di tempat inilah bersemayam kerajaan Ratu Pantai Selatan yang besar dan penuh misteri.

Oleh sebab itu, masyarakat di sekitar Pelabuhan Ratu selalu rutin mengadakan ritual upacara adat pada setiap bulan April. Hari Nelayan, begitulah ritual ini disebut oleh warga sekitar.

Ritual diadakan dengan tujuan sebagai wujud syukur atas rezeki yang telah diperoleh dari hasil laut dan juga agar warga di sekitar kawasan Pelabuhan Ratu terhindar dari bencana.

Dalam upacara ini, telah disiapkan sesaji berupa kepala kerbau yang nantinya dihanyutkan ke tengah laut sebagai persembahan untuk Penguasa Laut Selatan.

Lokasi Pelabuhan Ratu

Tempat wisata Pantai Pelabuhan Ratu berada di pesisir Samudra Hindia, lokasinya tepat di wilayah kota Pelabuhan Ratu, dan berjarak sekitar 60 kilometer ke arah selatan dari kota Sukabumi.

Bila ditinjau secara administratif, Pelabuhan Ratu merupakan suatu kecamatan yang terdiri dari sembilan desa dan satu kelurahan. Jarak dari ibukota Jakarta sekitar 137 kilometer dengan waktu perjalanan antara 3 sampai 4 jam menggunakan kendaraan.

Sedangkan jaraknya dari kota Bandung, ibukota Provinsi Jawa Barat sekitar 153 kilometer, lebih jauh dibandingkan jarak Pelabuhan Ratu ke Jakarta.

Popularitas wisata pantai Pelabuhan Ratu sudah sangat terkenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Itulah sebabnya pantai ini selalu ramai dikunjungi baik di hari biasa maupun musim liburan.

Rute Menuju Pelabuhan Ratu

Berikut ini kami sampaikan rute yang bisa dilalui bila Anda ingin menuju ke Pantai Pelabuhan Ratu menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Rute dari arah Jakarta:

Jakarta (Cawang) – Tol Jagorawi – keluar di pintu tol Ciawi – Ciawi – Cicurug – Parung Kuda – Cibadak – Cikembar – Warung Kiara – Pelabuhan Ratu.

Rute dari arah Bandung:

Bandung (Pasteur) – Tol Purbaleunyi (Cipularang) – keluar di pintu tol Padalarang – Padalarang – Cipatat – Rajamandala – Ciranjang – Cianjur – Gekbrong – Sukaraja – Sukabumi – Cikembar – Warung Kiara – Pelabuhan Ratu.

Rute menggunakan kendaraan umum:

Wisatawan yang datang dari Jakarta, Bogor, Bandung, Sukabumi, atau Pangandaran, bisa menggunakan bus jurusan Pelabuhan Ratu. Biasanya selalu ada di setiap terminal daerah tersebut.

Bila sudah tiba di kota Pelabuhan Ratu, bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau angkutan umum yang menuju ke kawasan wisata Pantai Pelabuhan Ratu.

Di dekat Pantai Pelabuhan Ratu juga terdapat beberapa spot wisata lainnya yang menarik seperti Karang Hawu, Pantai Tenjo Resmi, Kebon Kelapa, Break Water, Cibangban, Citepus, Cimaja, dan juga Pantai Cibareno.

Tiket Masuk Pelabuhan Ratu

Pengunjung hanya dikenai biaya tiket masuk Rp 2.000 per orang. Namun bagi pengunjung yang datang menggunakan kendaraan akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 15.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus rombongan.

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan biasanya saat musim liburan tiba, kemungkinan harga dapat mengalami kenaikan.

Penginapan di Pelabuhan Ratu

Popularitas pantai Pelabuhan Ratu yang semakin terkenal membuat semakin banyak berdirinya hotel dan penginapan di kawasan wisata ini. Ada yang berupa hotel, villa, hingga losmen-losmen kecil pun marak dibangun di sekitar tempat ini.

Anda pun tidak perlu bingung untuk memilih tempat menginap di sini. Bila ingin lebih hemat, Anda bisa menginap di losmen dengan harga yang bersahabat dan pas di kantong.

Selain wisata alam pantai, di dekat Pelabuhan Ratu juga terdapat wisata pemandian air panas. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari Pantai Pelabuhan Ratu, tepatnya berada di daerah Cisolok dan masih di kota yang sama.

Pelabuhan Ratu juga tempat wisata selancar yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Di sini terdapat 9 titik lokasi favorit untuk berselancar, antara lain Ujung Genteng, Ombak Tujuh, Sunset Beach, Karang Haji, Cimaja, Indicator, Samudra Beach, Batu Guram, dan Karang Sari. Kesulitan yang berbeda akan Anda temui di masing-masing pantai tersebut.

Bagaimana, tertarik untuk berlibur ke Pelabuhan Ratu sekarang juga?