Pariwisata Rekreasi di Daerah Banyuwangi – Meskipun dominan digunakan untuk transit saja atau jalan lalu lintas antar kota dan pulau, Banyuwangi ternyata memiliki banyak tempat wisata yang mengagumkan. Bahkan tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lainnya di Pulau Jawa serta pulau-pulau lainnya. Misalnya saja daftar pariwisata rekreasi di daerah Banyuwangi berikut ini.

1. Pantai Plengkung
Pantai Plengkung juga dikenal dengan nama G-Land. Pantai ini cukup terkenal, bahkan di dunia internasional. Hal ini karena Pantai Plengkung memiliki ombak yang sangat cocok bagi para peselancar. Hingga ombanya pun diberi julukan The Seven Gian Waves Wonder. Oleh sebab itu, tidak salah bila Anda adalah pecinta selancar untuk datang ke pantai ini. Bagi Anda yang tidak suka selancar pun tetap cocok untuk datang, karena pemandangannya sangat-sangat mempesona.

2. Air Terjun Kalibendo
Tempat wisata selanjutnya adalah Air Terjun Kalibendo. Air terjun ini jaraknya 20 km dari pusat kota. Sampai di sana Anda akan disuguhkan oleh air terjun yang deras, dengan air yang jernih. Di bagian bawahnya pun terdapat sungai yang cocok untuk menenangkan diri. Selain itu, untuk sampai di sana Anda juga akan disuguhkan oleh pemandangan yang indah. Terutama dengan hamparan perkebunan teh, cengkeh, serta kopinya yang cukup luas.

3. Agrowisata Kali Klatak
Selanjutnya Anda bisa datang ke area hutan dengan nama Agrowisata Kali Klatak. Agrowisata ini dimiliki oleh seorang pengusaha dan lokasinya berada di area lereng gunung, sehingga daerahnya masih sangat asri, dengan pepohonan yang tinggi menjulang. Di sana Anda bisa melihat-lihat berbagai tanaman yang dibudidayakan, mulai dari kopi, karet, kelapa, berbagai buah, cokelat, dan berbagai macam rempah. Tempat ini sangat cocok bagi masyarakat perkotaan yang sedang mencari kesunyian serta kesejukan.

4. Pemandian Taman Suruh
Di Banyuwangi Anda dan keluarga juga bisa datang ke sebuah pemandian. Lokasinya ada di Desa Taman Suruh, Kecamatah Glagah. Pemandian Taman Suruh ini memiliki luas wilayah sekitar 3,5 hektar dan berada di ketinggian sekitar seribu meter. Hal itu membuat pemandian ini sangat nyaman, karena udaranya bersih dan mata airnya pun dingin serta menyejukkan.

5. Air Terjun Lider
Selain Kalibendo, di Banyuwangi juga ada satu lagi air terjun, namanya adalah Air Terjun Lider. Lokasi air terjun ini ada di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Ketinggiannya sekitar 1.300 meter, sehingga dari jarak jauh pun Anda akan bisa melihatnya dengan cukup jelas. Meski begitu, untuk sampai di sana Anda membutuhkan usaha yang tidak sedikit, dikarenakan perjalanannya yang cukup panjang dan sulit. Jadi tentunya Air Terjun Lider ini sangat cocok bagi para petualang yang menyukai tantangan.

6. Kawah Ijen
Satu lagi tempat pariwisata rekreasi di daerah Banyuwangi yang sayang bila dilewatkan. Namanya adalah Kawah Ijen. Kawah ini berlokasi 2.368 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai di sana tentunya Anda harus menaiki gunung yang cukup memakan waktu. Namun bila sudah sampai, Anda akan benar-benar terpesona dengan keindahan kawahnya yang dikelilingi oleh bentangan kaldera.

Setelah melihat beberapa tempat pariwisata rekreasi di Banyuwangi di atas, tentu sedikit banyak kita akan terkagum-kagum akan keindahan alamnya yang begitu luar biasa, serta fasilitas yang ada di sana yang memanjakan para pelancong. Oleh sebab itu, tidak salah bila Anda datang ke Banyuwangi bersama keluarga.

Terlebih bagi kalian yang sangat suka dengan wisata bertema alam. Karena kita lihat sendiri, Banyuwangi ternyata kaya akan spot-spot pariwisata bertema alam, mulai dari pantai, kawah, hingga air terjun.