Pantai Wohkudu merupakan salah satu destinasi wisata di Gunungkidul yang masih sangat asri. Pasirnya bersih, dan di pinggiran pasir tersebut di tumbuhi rumput hijau yang segar.

Pantai Wohkudu memang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, lokasinya agak tersembunyi dan sunyi. Terlihat hanya beberapa wisatawan saja, mungkin mereka memang hobi melancong ke tempat-tempat wisata baru dan asri seperti di Pantai Wohkudu ini.


Foto IG:@parmnature

Lokasi Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu menjadi salah satu pantai di Gunungkidul yang lokasinya masih tersembunyi dan jarang dikunjungi. Lokasi pantai ini berada di Dusun Wiroso, Ds Girikarto, Kec Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Titik koordinatnya melalui GPS berada di -8.098967,110.440380.

Pemandangan di Pantai Wohkudu sangatlah mempesona, pantai ini diapit dua bukit besar di sampingnya, karakteristiknya mungkin hampir sama dengan Pantai Baron dan Pantai Greweng. Hanya garis pantai di Wohkudu lebih kecil yaitu sekitar 20 meter saja.

Jarak Pantai Wohkudu dari pusat kota Yogyakarta sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi sekitar 1 jam 50 menit.

Rute Menuju Pantai Wohkudu

Bagi pelancong yang ingin berwisata ke Pantai Wohkudu dari arah kota Yogyakarta, terdapat dua rute yang bisa dilalui dengan pertigaan Girikarto sebagai acuannya.

  • Rute pertama dengan melintasi Ringroad Jl. Wonosari, melewati Piyungan, dan Patuk. Kemudian belok kanan di Gading (lapangan terbang), terus melintasi pasar Playen, Paliyan, Girikarto, dan Anda akan segera tiba di Pantai Wohkudu.
  • Rute kedua adalah melewati Banguntapan, Imogiri, Siluk, Panggang, hingga ke Girikarto. Kemudian beloklah ke arah Pantai Wohkudu, lokasi tidak begitu jauh dari Girikarto.

Akses jalan menuju Pantai Wohkudu memang belum begitu bagus, masih berupa jalan corblok. Setibanya di area parkir Pantai Wohkudu, pengunjung masih harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak melintasi area kebun hingga bukit-bukit kecil.

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu

Pengelolaan Pantai Wohkudu masih dilakukan oleh warga dan pemerintah desa setempat. Untuk masuk ke lokasi dan beraktivitas wisata di Pantai Wohkudu, pengunjung diharuskan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk sepeda motor.

Tiket masuk tersebut dibayarkan di portal desa terakhir, dan sudah termasuk tiket untuk ke wilayah Pantai Kesirat yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Wohkudu.

Penginapan Pantai Wohkudu

Akomodasi untuk penginapan memang belum tersedia di Pantai Wohkudu. Bagi Anda yang ingin bermalam di Pantai Wohkudu dapat berkemah dan mendirikan tenda di sekitar kawasan pantai.

Pantai Wohkudu memang sering dijadikan area berkemah untuk rombongan wisatawan, terutama saat waktu liburan tiba.

Sungguh pengalaman yang mengesankan ketika Anda dapat menyusuri area Pantai Wohkudu sambil menikmati keindahan pemandangan alam hijau yang masih asri dan sunyi.

Fasilitas di Pantai Wohkudu masih sangat terbatas, disarankan bagi wisatawan untuk membawa bekal makanan dan minuman masing-masing dari rumah.

Keindahan Pantai Wohkudu

Meskipun area Pantai Wohkudu ini kecil, namun di setiap sudut pantai banyak sensasi mengesankan yang bisa pengunjung rasakan dan abadikan dengan berfoto ataupun selfie.

Dihiasi hamparan pasir putih yang diapit dua buah bukit, dan cekungan kaki gunung yang terbentuk akibat hantaman ombak. Suasana di Pantai Wohkudu terasa asri dan sunyi. Seolah pantai milik pribadi, kita bisa melakukan berbagai aktivitas wisata dengan leluasa di sini.

Foto :[email protected]_snf

Namun tetap harus ingat, kita harus turut menjaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan. Santai sejenak di tepian pantai di ujung pasir putih, terdapat rerumputan hijau yang segar. Pengunjung dapat mendirikan tenda di tempat ini.

Di sisi timur maupun barat pantai merupakan area perbukitan yang sering dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat memancing dan mencari lobster. Pokoknya, Anda dapat memperoleh berbagai pengalaman seru saat berwisata ke Pantai Wohkudu.

Wisata Terdekat Sekitar Pantai Wohkudu

Sejumlah wisata terdekat juga bisa Anda turut kunjungi di sekitar Pantai Wohkudu. Di antaranya Pantai Kesirat, Pantai Celeng Tibo, dan Pantai Gesing.

Pantai Kesirat hanya berjarak sekitar 5 menit dari Pantai Wohkudu, tempat ini menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berkemah. Sedangkan Pantai Celeng Tibo juga terletak tidak jauh, hanya berjarak sekitar 6 menit dari Pantai Wohkudu.

Berikutnya adalah Pantai Gesing, lokasinya sekitar 12 menit perjalanan dari Pantai Wohkudu. Pantai ini juga memiliki karakteristik diapit oleh dua buah bukit dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona.