Pantai Wediombo  – memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu pasir yang luas. Bagi wisatawan yang baru mendengarnya mungkin akan membayangkan kondisi pantai pasir putih yang luas, namun nama tersebut tidak serupa dengan aslinya.

Pasalnya, Pantai Wediombo tidak memiliki pasir putih yang luas dan lebih didominasi oleh batuan karang kokoh yang ada di sekitar lokasi. Bukit karang yang terjal dapat Anda jumpai di sebelah barat dan timur Pantai Wediombo.

Meski demikian, adanya bukit-bukit karang tersebutlah yang menjadikan Pantai Wediombo memiliki pemandangan alam yang indah dan menawan. Menariknya lagi, di lokasi wisata juga terdapat sebuah kolam dari batuan karang alami yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mandi dan berenang di tempat ini.

pantai wedi ombo image by https://www.bloggerreporter.org

Lokasi Pantai Wedi Ombo

Pantai Wediombo termasuk wisata pantai di Yogyakarta yang kami rekomendasikan untuk Anda. Lokasi Pantai Wedi Ombo berada di Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Wediombo memang agak jauh letaknya.

Rute Pantai Wedi Ombo

Untuk memudahkan para pelancong yang ingin mengunjunginya, berikut kami sampaikan informasi rute menuju Pantai Wedi Ombo.

Pengunjung yang datang dari arah manapun dapat menjadikan pertigaan Pasar Jepitu sebagai acuannya.

1. Rute jalur utama menuju Pantai Wediombo:
Yogyakarta –> Jalan Raya Yogyakarta – Wonosari (arah Pantai Baron) –> pertigaan Desa Mulo lalu belok kiri –> pertigaan Pasar Jepitu kemudian belok kanan –> lurus terus hingga tiba di Pantai Wediombo.

2. Rute jalur alternatif menuju Pantai Wediombo:
Jalan Raya Wonosari-Mulo –> pertigaan Mulo lurus ke arah Pantai Baron –> sekitar 1 km ada pertigaan, lalu belok kiri arah Pantai Kukup –> Desa Tepus –> pertigaan Pasar Jepitu belok kanan, lurus terus sampai tiba di Pantai Wediombo.

pantai wedi ombo image by http://www.brobali.com

Bila Anda melalui jalur alternatif, jaraknya memang lebih jauh dengan waktu tempuh lebih lama, namun Anda bisa sekaligus menyusuri wisata pantai lainnya yang akan Anda lewati di rute tersebut.

3. Rute jalur tengah menuju Pantai Wediombo:
Semanu –> Giripanggung –> Cuelo, sesampainya di pertigaan lapangan bola lalu belok kanan –> Pertigaan Pasar Jepitu, belok kanan –> lurus terus hingga tiba di objek wisata Pantai Wediombo.

4. Jalur Timur:
Dari Praci lurus ke arah Kecamatan Rongkop/Baran –> ambil arah ke selatan menuju Nglindur –> pertigaan Pasar Ngrancah yang ada tugunya di tengah-tengah, belok ke kanan –> Pertigaan Pasar Jepitu, belok kiri –> lurus ke arah Pantai Wediombo.

Mudah-mudahan perjalanan Anda akan terbantu dengan informasi rute menuju Pantai Wedi Ombo di atas. Acuannya mudah, Anda yang datang dari arah manapun cukup mencari pertigaan Pasar Jepitu selanjutnya belok mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Wediombo.

Tiket Masuk pantai Wedi Ombo

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, Anda sudah dapat memasuki objek wisata Pantai Wediombo dan menikmati keindahan alam yang mengagumkan di tempat ini. Tentunya tarif tiket masuk tersebut sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Fasilitas di Pantai Wedi Ombo Gunungkidul

Berbagai fasilitas sudah lengkap disediakan oleh pengelola bagi wisatawan yang berkunjung wisata Pantai Wedi Ombo, Gunungkidul. Beberapa di antaranya seperti toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat, tempat ibadah, dan warung-warung makan dengan aneka kuliner yang lezat.

Namun, sayangnya di Pantai Wediombo belum terdapat penginapan ataupun hotel sehingga pengunjung yang datang dari luar kota tidak dapat menginap dan menikmati suasana Pantai Wediombo di malam hari.

Penginapan terdekat hanya ada di Pantai Indrayanti yang letaknya memang tidak begitu jauh dari pantai Wediombo. Spot wisata paling favorit bagi wisatawan di Pantai Wedi Ombo ada pada kolam alaminya. Kolam yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter ini terbentuk secara alami dari susunan batu karang.

Selain berenang dan mandi di kolam alami, aktivitas lainnya yang menjadi favorit wisatawan di Pantai Wediombo adalah berfoto, dan menikmati sunset di sore hari. Apalagi posisi pantai ini hampir menghadap ke barat dengan sempurna.Suasana matahari terbenam juga semakin indah dengan adanya tebing karang yang agak menjorok di pantai ini, tentunya menjadi kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk berfoto-foto selfie maupun foto bersama keluarga.