Pantai Watu Leter  – terletak di Kabupaten Malang, tepatnya di Dusun Rowotrate, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Lokasi Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Goa Cina, bahkan untuk masuk ke pantai watu leter anda harus memarkirkan kendaraan anda di Pantai Goa Cina dan berjalan sekitar 100 meter ke pantai watu leter.

Asal Usul Nama Pantai

Asal – usul nama Pantai Watu Leter diambil dari salah satu tebing di pantai ini yang ujungnya terlihat lebih datar. dalam bahasa jawa disebut “Leter”. Tebing yang tampak datar tersebut juga terlihat lebih menonjol diantara tebing lainnya yang ada di pantai tersebut, sehinngga sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Pantai Ngleter.

Meskipun pantai ini bersebelahan dengan Pantai Goa Cina, namun pantai ini terlihat lebih sepi pengunjung daripada Pantai Goa Cina maupun Pantai Sendang Biru. Hal ini mungkin dikarenakan akses jalan menuju pantai ini masih belum diperhatikan oleh pemerintah.

pantai watu leter image by http://piknikasik.com

Namun, bagi traveler yang senang menjelajah ke tempat wisata yang anti mainstream biasanya tidak begitu memperdulikan bagus tidaknya akses jalan menuju ke lokasi, yang terpenting bagi mereka pengalaman baru menjelajahi tempat – tempat wisata dengan menyenangkan.

Jika melihat pesona keindahannya, pantai ini sangatlah nyaman untuk menikmati waktu jalan-jalan. Pasalnya, landscape pantai ini seperti kolam besar yang dikelilingi dengan pepohonan dan bukit serta lingkungannya yang bersih dari sampah otomatis selama beraktivitas di pantai ini akan membuat siapapun betah berlama – lama di pantai ini. Selain itu karena pantai ini berada di Malang, tentunya angina pantai yang ada di pantai ini tidaklah panas. Justru sejuknya udara Malang menjadikan panasnya terik matahari tak terlalu menyengat kulit.

Kawasan Pelepasan Penyu Abu Abu

Karena suasana pantainya yang masih sepi dari pengunjung, pantai ini pun terpilih sebagai kawasan pelepasan penyu abu – abu serta menjadi kawasan pelestarian ekowisata. Jika upaya pelestarian penyu berhasil, kedepannya wisatawan dapat melihat dari dekat kehidupan penyu – penyu tersebut saat momen bertelur.

Pasir putih di pantai ini sangat memungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Pantai ini memiliki karakter batu karang yang terdapat di sepanjang pantai. artinya, jika ke pantai ini wisaatawan bisa melakukan aktivitas apasaja kecuali berenang. Ombaknya yang kencang khas ombak pantai Malang Selatan beberapa kali pantai ini sudah menelan korban jiwa. jadi harus berhati-hati ketika bersenang-senang disini dan tetap harus mengutamakan keselamatan.

Lokasi Pantai Watu Leter

Secara administratif Pantai Watu Leter terletak di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sedangkan perjalanan menuju Pantai Watu Leter tidak lah sulit. Jaraknya yang hanya 60 km dari kota Malang bisa ditempuh dengan waktu 2 jam saja. Bahkan perjalanan tidak akan terasa melelahkan karena selama di perjalanan menuju Pantai Watu Leter akan terlihat pemandangan di kanan kiri  terhampar indahnya hijau pepohonan dan hutan dengan udaranya yang menyegarkan.

Rute Menuju Pantai Watu Leter

Jika berangkat dari kota Malang, ambillah jalan menuju ke arah Malang Selatan yang menuju Sumbermanjing Wetan. Setelah itu ikuti saja papan penunjuk jalan menuju Pantai Sendang Biru dan nanti anda akan menemukan pertigaan yang memiliki papan penunujuk jalan menuju Pantai Bajulmati dan Goa CIna. Lokasi pantai Watu Leter ini tak jauh dari Pantai Goa Cina.

Jika berkendara langsung menuju pantai ini, maka akses selanjutnya memang sulit ditempuh. pasalnya, medan jalanan ke pantai ini lebih sempit dan masih bertanah. Pengunjung harus melewati hutan bakau, jalan bebatuan dan rumput liar. setelah anda melewati itu semua barulah dari sini pantai watu leter sudah mulai terlihat. kamu bisa memarkirkan kendaraan lalu untuk mencapai lokasi ini anda masih harus turun ke bawah sekitar 1,5 meter.

Karena medan jalannya yang masih sulit, bagi wisatawan yang ingin melewati jalan yang lebih aman sebaiknya dari Pantai Goa Cina saja. Setelah tiba di Pantai Goa Cina, parkirkan lah kendaraan di lokasi pantai tersebut lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter ke arah barat yang biasanya memakan waktu sekitar 20 menit ke Pantai Watu Leter.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Leter

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Watu Leter akan dikenakan tarif Rp 10.000 per orang. Biaya parkir motor Rp 5.000 sedangkan untuk parkir mobil biayanya Rp 10.000. ada biaya parkir tambahan sebesar Rp 3000  jika memutuskan camping di Pantai Watu Leter.

Untuk Fasilitasnya, Pantai Watu Leter belum memiliki sarana yang memadai seperti, musholla, warung makan dan toilet. Jadi pastikan untuk urusan perbekalan harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Pantai Watu Leter. Selamat berlibur!