Pantai Watu Karung  – merupakan salah satu dari sekian banyak wisata Pantai yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Tak hanya menyajikan pemandangan laut biru dan pasir putih nan lembut, Pantai Watu Karung juga memiliki ombak besar yang banyak diburu oleh para peselancar.

Lokasi Pantai Watu Karung

Alamat Pantai Watu Karung berlokasi di Desa Watukarung, Kec Pringkulu, Kab Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer dari pusat kota Pacitan. Sayangnya akses jalan menuju Pantai Watu Karung masih tergolong sulit.

Pasalnya, jalan yang harus dilalui cukup sempit, kadang ada yang berlubang, dan belum ada transportasi umum yang melintasi wisata Pantai Watu Karung.

pantai watu karung image by https://medium.com

Rute Menuju Pantai Watu Karung

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Pantai Watu Karung ada dua rute yang bisa dilalui, antara lain melalui rute Pacitan – Solo, dan Rute jalan pintas melalui Desa Sedeng.

Rute Pantai Watu Karung Lewat Jalur Pacitan-Solo

Rute yang pertama melalui jalur Pacitan-Solo, acuannya adalah arah ke Pantai Teleng Ria atau Kecamatan Pringkuku. Dari sini, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Desa Watukarung sampai tiba di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Sampai di TPI, lokasi Pantai Watu Karung sudah sangat dekat. Wisatawan bisa bertanya kepada warga setempat untuk mengetahui jalan mana yang mengarah ke Pantai Watu Karung.

Rute Pantai Watu Karung Melalui Desa Sedeng

Sementara untuk rute yang kedua adalah melalui jalan pintas Desa Sedeng. Waktu tempuh perjalanan ke wisata Pantai Watu Karung akan lebih cepat dengan melalui rute ini. Sepanjang perjalanan Anda akan banyak menjumpai rambu papan petunjuk arah yang menuju ke lokasi Pantai Watu Karung.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati bila mengambil rute ini karena kondisi jalan banyak terdapat tanjakan curam dan tikungan tajam. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, dan pengemudi adalah orang yang berpengalaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Karung

Masuk ke Pantai Watu Karung wisatawan akan dikenai harga tiket masuk. Biaya tiket masuk ke Pantai Watu Karung pada ‘hari biasa’ adalah Rp 3.000 untuk dewasa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, harga tiket masuk Pantai Watu Karung sedikit berbeda, yaitu Rp 5.000 untuk dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Penginapan Pantai Watu Karung

Di sekitar Pantai Watu Karung juga terdapat penginapan yang bisa Anda gunakan bila ingin bermalam dan menikmati suasana pantai.

Penginapan-penginapan tersebut umumnya berupa homestay dikelola oleh penduduk setempat. Ada pula homestay yang dikelola oleh orang asing yang tinggal di sana sebagai peselancar.

Berikut ini kami berikan rekomendasi sejumlah penginapan di Pantai Watu Karung yang nyaman dengan harga yang terjangkau.

penginapan di watu karung image by http://watukarunghomestayricy.blogspot.co.id/

Penginapan Edy’s Homestay

Edy’s Homestay adalah salah satu penginapan di Pantai Watu Karung yang bertarif terjangkau. Alamatnya berada di Jl Watukarung-Pacitan KM 2, Watukarung. Jaraknya memang tidak begitu dekat dengan pantai, namun tempat ini sangat nyaman dan tarif per malamnya pun cukup terjangkau.

Pasir Putih Homestay

Bila Anda mencari penginapan yang lokasinya dekat dengan pantai, Pasir Putih Homestay adalah rujukan yang cocok untuk Anda. Tersedia fasilitas yang cukup lengkap, kamar yang luas dan teras di tempat ini. Tarif menginap di Pasir Putih Homestay cukup terjangkau, mulai dari Rp 300 ribuan.

eHomestay Surfing Pacitan (Made’s House)

Penginapan eHomestay Surfing Pacitan berjarak hanya 5 menit dari pantai. Penginapan ini lokasinya cukup strategis dan menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap bagi pengunjung. Tarif menginap di tempat ini mulai dari Rp 130 ribuan. Biasanya ada diskon bila Anda menginap di sini dalam jangka waktu yang lebih lama.

Watukarung Prapto Homestay

Penginapan Watukarung Prapto Homestay berjarak sekitar 4 menit berkendara dari lokasi pantai. Harga per kamarnya juga lumayan terjangkau, mulai dari Rp 200 ribuan. Dengan harga segitu, penginapan ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Selain penginapan, berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan juga lengkap tersedia di Pantai Watukarung, mulai dari toilet, kamar ganti, persewaan selancar, tempat ibadah, dan lain-lain.