Pantai Watu Dodol Banyuwangi, Wisata Alam Banyuwangi Terunik – Banyuwangi punya segudang wisata pantai, karena itu tidak salah jika Banyuwangi memiliki julukan sebagai sunrise of Java. Ada banyak wisata pantai menarik yang bisa dikunjungi di Banyuwangi. Salah satu wisata pantai menarik yang bisa dikunjungi di Banyuwangi yaitu wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi.
Pantai Watu Dodol Banyuwangi ini letaknya berada di utara kota Banyuwangi. Pantai Watu Dodol ini mendapatkan penamaan berasal dari dua kata yaitu watu dan dodol. Watu yang dalam bahasa Jawa memiliki arti batu sementara dodol adalah jenang. Konon batu itu berasal dari jualannya kyai Semar yang terjatuh di tempat tersebut sedangkan berasnya tumpah menjadi pasir yang bersih di sekitar pantai. Hal yang aneh lagi dari wisata ini adalah terdapatnya celah batu tumbuh pohon kelor. Dan konon kayu kelor ini digunakan kyai Semar untuk memikul dodol yang patah. Lebih dari itu Pantai Watu Dodol memiliki banyak daya tarik. Dan berikut ini informasinya!
Akses Menuju Objek Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi
Objek wisata Pantai Watu Dodol di Banyuwangi ini lokasinya berada di wilayah kecamatan Kalipuro Banyuwangi. Letaknya berada di perlintasan jalur Banyuwangi dan Situbondo dan membuat objek wisata ini sangat mudah diakses baik dari arah Situbondo maupun dari arah Banyuwangi kota.
Objek wisata Pantai Watu Dodol di Banyuwangi ini berada di wilayah kecamatan Kalipuro – Banyuwangi. Letaknya berada di perlintasan jalur Banyuwangi dan Situbondo membuat objek wisata ini sangat mudah diakses baik dari arah Situbondo maupun dari arah Banyuwangi kota. Dari arah Banyuwangi kota ke objek wisata Pantai watu Dodol ini dapat Anda tempuh dengan jarak kurang lebih 14 km ke arah utara atau sekitar 5 km dari pelabuhan ketapang.
Daya Tarik Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi
Ada banyak hal yang menjadi daya tarik dari objek wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi. Beberapa daya tarik tersebut salah satunya batu besar hitam. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah batu besar hitam yang menjadi simbol watu dodol. Adanya batu besar berwarna hitam ini berdiri tegak tepat di tengah jalan dengan ketinggian 10 meter dan memiliki diameter 15 meter. Batu besar ini menjadi pusat perhatian siapapun yang melewatinya.
Anda juga bisa menikmat indahnya selat Bali dengan perahu di Pantai Watu Dodol Banyuwangi ini. Di sekitar pantai memang terdapat beberapa perahu yang dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling laut. Perahu ini disewakan dengan tarif sekitar Rp 5000,00 per orang.
Itulah salah satu wisata pantai di Banyuwangi yang sangat layak untuk dikunjungi. Semoga informasi yang kali ini kami berikan untuk Anda mengenai Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi bermanfaat.