Pantai Teleng Ria  – merupakan salah satu obyek wisata yang lumayan populer di Pacitan, Jawa Timur. Keindahan Pantai Teleng Ria semakin tampak ketika Anda naik ke perbukitan di sekitar kawasan wisata ini.


Selain itu, Pantai Teleng Ria juga terkenal dengan ombaknya yang tidak begitu besar sehingga cocok untuk diarungi oleh para peselancar pemula.

Lokasi Pantai Teleng Ria Pacitan

Lokasi Pantai Teleng Ria beralamat di Jl WR Supratman, Teleng, Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur dengan koordinat GPS -8.220346,111.080865.

pantai teleng ria image by http://pacitantrip.com

Jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota Pacitan, yaitu sekitar 3 kilometer saja. Pantai yang termasuk salah satu gugusan pantai di selatan Pulau Jawa ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia, namun demikian ombak di pantai ini tidaklah begitu besar sehingga tetap aman bagi yang ingin berenang atau bermain air laut di Pantai Teleng Ria.

Rute ke Pantai Teleng Ria

Di antara pantai lainnya yang ada di Pacitan, Pantai Teleng Ria adalah pantai yang jaraknya paling dekat dengan pusat kota dengan waktu tempuh hanya sekitar 10 menit saja.

Rute perjalanan menuju ke Pantai Teleng Ria bila Anda datang dari arah Yogyakarta adalah melalui kota Wonosari dengan menyusuri jalan di jalur selatan Pulau Jawa. Waktu tempuhnya dari kota Yogyakarta sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan.

Sedangkan bila Anda datang dari arah kota Solo, rute perjalanan ke Pantai Teleng Ria bisa memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan melewati jalur kota Wonogiri.

Sementara rute perjalanan ke Pantai Teleng Ria bila Anda datang dari arah kota Surabaya adalah dengan melewati sejumlah kota mulai dari Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, hingga Ponorogo. Waktu tempuh dari kota Surabaya adalah sekitar 6 jam perjalanan menggunakan kendaraan.

Harga Tiket Masuk Pantai Teleng Ria Pacitan

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke kawasan wisata Pantai Teleng Ria perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 dengan tambahan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000.

Beragam aktivitas wisata yang menarik dapat Anda lakukan di Pantai Teleng Ria Pacitan, mulai dari berenang, berjemur, atau sekadar berjalan menyusuri pantai sambil menikmati keindahan panorama alam di tempat ini.

Selain itu berbagai aktivitas olahraga juga banyak dilakukan oleh wisatawan yang datang ke Pantai Teleng Ria, seperti bermain voli pantai, sepakbola, bersepeda, atau sekadar joging.

pantai teleng ria image by http://hapizdarmawan2.blogspot.co.id

Beberapa pengunjung ada yang asik memancing ikan di sekitar pantai. Ada pula rombongan keluarga, sekolah maupun organisasi yang mengadakan aktivitas berkemah di sekitar pantai ini. Pokoknya fasilitas di obyek wisata Pantai Teleng Ria ini cukup lengkap sehingga ada banyak aktivitas yang wisatawan bisa lakukan di tempat ini.

Hal lainnya yang menarik dari Pantai Teleng Ria adalah pemandangannya yang sangat indah dan mempesona. Letaknya yang dikelilingi oleh dua perbukitan dengan kombinasi alam pantai dan pegunungan menyajikan lanskap yang sangat unik dan eksotis.

Tak hanya itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah palung-palung di tengah laut yang membentuk tiga garis lurus dari atas bukit yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi pantai.

Sejarah Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria memiliki relief yang relatif landai dengan luas kawasan wisata sekitar 40 hektar, membentuk garis pantai yang panjangnya hingga 2,5 kilometer.

Bersebelahan dengan Pantai Teleng Ria terdapat pantai lain bernama Pantai Temperan yang mana keduanya dipisahkan oleh Sungai Teleng. Di Pantai Temperan memang tidak begitu ramai oleh wisatawan karena fokus utama di pantai ini adalah kegiatan perikanan.

Anda dapat menjumpai pelabuhan perikanan di Pantai Temperan. Sembari berwisata di Pantai Teleng Ria, wisatawan bisa sekaligus berbelanja aneka ikan hasil tangkapan nelayan di Pantai Temperan.

Pegunungan Limo yang mengapit lokasi Pantai Teleng Ria menciptakan keindahan panorama yang unik. Tebing-tebing tinggi berdiri mengitari pantai membentuk pola huruf “U” yang seolah menjadi pelindung bagi keberadaan Pantai Teleng Ria.

Tebing-tebing inilah yang menjadi pelindung dari ombak besar untuk sampai ke lokasi pantai. Itulah mengapa ombak di Pantai Teleng Ria tidak terlalu besar dan cukup aman bagi pengunjung yang ingin berenang atau baru belajar berselancar.

Berselancar di Pantai Teleng Ria

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk belajar berselancar, Pantai Teleng Ria merupakan lokasi yang cocok bagi peselancar pemula. Di sini Anda bisa menyewa papan selancar dengan biaya Rp 50.000.

Sekalian saja mengambil kursus selancar kilat dengan biaya Rp 20.000. Mulailah pengalaman berselancar Anda dengan belajar di Pantai Teleng Ria! Selamat mencoba.