Pantai Tanjung Lesung merupakan obyek wisata di Pandeglang, Banten yang sekarang ini tengah trend di kalangan traveler.

Namanya mungkin terdengar agak aneh. Namun, pantai ini dinamakan Tanjung Lesung karena dataran pantainya yang sedikit menjorok ke laut dan tampak seperti lesung atau alat penumbuk padi tradisional.


sumber : https://travel.kompas.com/

Lokasi Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung berada di Tanjung Jaya, Panimbung, Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasinya memang cukup jauh bila ditempuh dari Jakarta, jaraknya sekitar 180 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam berkendara.

Pantai Tanjung Lesung memiliki keunikan dan keindahan panorama tersendiri. Perpaduan antara pasir putih yang bersih dan air lautnya yang jernih Pantai Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan oleh para traveler.

Rute Menuju Pantai Tanjung Lesung

Rute menuju lokasi wisata Pantai Tanjung Lesung cukup mudah dijangkau. Anda bisa melintasi tol Jakarta-Merak, dan keluar di pintu tol Serang Timur. Kemudian sesudah melewati kota Serang, lanjutkan perjalanan menuju arah Pandeglang. Terus melewati daerah Labuan, hingga tiba di Pantai Tanjung Lesung.

Rute berikutnya bisa juga Anda keluar di pintu tol Cilegon, selanjutnya menyusuri pesisir Anyer Carita, melewati Labuan, hingga tiba di Pantai Tanjung Lesung.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

  • Nama Tempat Wisata: Pantai Tanjung Lesung
  • Harga Tiket Masuk: Rp 40.000 (Gratis untuk anak usia bayi sampai balita)
  • Tarif Parkir: Rp 5.000

Aktivitas Wisata Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung menawarkan beragam aktivitas wisata yang bisa pengunjung nikmati bersama teman maupun keluarga. Dengan garis pantai sepanjang 15 kilometer, ada banyak aktivitas wisata yang bisa Anda nikmati di tempat ini, antara lain:

Menikmati Pemandangan Sunset dan Sunrise

Di Pantai Tanjung Lesung Anda dapat menikmati matahari tenggelam dari balik anak Krakatau. Begitu pula jika Anda datang di pagi hari. Terbitnya matahari akan menemani Anda saat jogging di Pantai Tanjung Lesung.

sumber : http://jalan2.id

Snorkeling dan Diving Menyaksikan Keindahan Biota Laut

Bagi Anda yang senang melakukan Snorkeling maupun Diving untuk menyaksikan pemandangan bawah laut, Pantai Tanjung Lesung merupakan tempat yang cocok.

Anda juga dapat menyelam di sekitar Pulau Liwungan yang jaraknya hanya 30 menit dari Pantai Tanjung Lesung. Tempat ini juga merupakan salah satu lokasi konservasi terumbu karang yang ada di Indonesia.

Naik Banana Boat

Bersama teman maupun keluarga naik Banana Boat memberikan keseruan tersendiri saat memacu kecepatan mengelilingi perairan di Pantai Tanjung Lesung.

Mendayung Kano

Anda juga dapat menelusuri laut Pantai Tanjung Lesung dengan santai menggunakan Kano. Di tempat ini Anda bisa menyewa kano.

Memacu Kecepatan Naik Jetski

Di Pantai Tanjung Lesung juga ada persewaan Jetski untuk Anda yang senang dengan olahraga air yang menantang.

Memancing Ikan di Dermaga

Khusus bagi Anda yang hobi memancing bisa pergi ke pinggir dermaga dan memancing ikan di sekitar tempat tersebut.

Menonton Pertunjukan Seni

Suasana tetap ramai saat malam hari di Pantai Tanjung Lesung. Saat momen tertentu biasanya diadakan pertunjukan seni yang agak ekstrim, seperti debus, hingga tarian dengan api.

Menikmati Sajian Kuliner Khas Pantai

Nah, bagi Anda yang hobi berwisata sambil kuliner. Di Pantai Tanjung Lesung banyak terdapat warung makan dan restoran yang menyajikan menu seafood. Selain restoran seafood, ada juga beberapa restoran yang tidak menyajikan menu seafood.

Penginapan Dekat Tanjung Lesung

Bermalam di Pantai Tanjung Lesung memberikan pengalaman menarik tersendiri. Wisatawan tidak perlu bingung mencari penginapan dan hotel di sekitar Pantai Tanjung Lesung karena banyak tersedia di sekitar tempat wisata ini.

Berikut ini sejumlah hotel dan penginapan yang bisa menjadi referensi Anda untuk menginap saat berlibur di Pantai Tanjung Lesung:

  • Kalicaa Villa Tanjung Lesung
  • Mutiara Carita Cottages
  • Villa Bora-bora Kalicaa
  • Blue Wahale Sanctuary Hotel
  • Penginapan Bunar Tunggal
  • Green Coral Beach Camping Ground
  • Jaemun Hotel
  • Lucia Cottages
  • Cindewulung Bed and Resto
  • Villa Roca Layung
  • Bali De Anyer Hotel dan Resto
  • Villa Stephanie
  • Sambolo Beachfront Gate-H
  • Wira Carita Hotel
  • Sunset View Carita Hotel

Dan masih banyak lagi penginapan lainnya yang ada di dekat Pantai Tanjung Lesung. Semoga informasi di atas dapat membantu dalam persiapan Anda berlibur bersama keluarga ke Pantai Tanjung Lesung.