Pantai Tanjung Kait merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tangerang yang bisa Anda jadikan referensi untuk berekreasi di akhir pekan.

Terdapat rumah-rumah makan panggung yang bisa Anda jadikan tempat untuk bersantai sambil menikmati suasana dan pemandangan laut yang menenangkan pikiran.


sumber : https://medium.com

Alamat Tanjung Kait

  • Nama obyek wisata: Pantai Tanjung Kait.
  • Alamat: Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.
  • Jam buka: setiap hari selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk: gratis.

Perairan di sekitar Pantai Tanjung Kait memiliki jumlah ikan yang berlimbah, itulah sebabnya tempat ini juga terkenal dengan spot wisata memancing yang favorit bagi penikmat hobi memancing.

Sejarah Tanjung Kait

Di area wisata Pantai Tanjung Kait terdapat sebuah kelenteng yang amat bersejarah. Kelenteng ini telah berdiri sejak dua abad yang silam, dan sempat lolos dari terjangan tsunami akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Kelenteng yang menjadi bagian dari sejarah Tanjung Kait ini bernama Tjoe Soe Kong (Qing Shui Zhu Shi) atau dikenal juga dengan sebutan Kelenteng Tanjung Kait. Saat terjadi letusan Gunung Krakatau, banyak penduduk yang mengungsi di sekitar kelenteng.

Kisah kelenteng yang luput dari tsunami ini kemudian diabadikan oleh kelompok gambang keromong dalam sebuah lagu Gambang Kramat Karam sampai sekarang.

Keunikan lain dari kelenteng Tanjung Kait adalah adanya tempat pemujaan terhadap tokoh lokal seperti Dewi Neng, yang tak hanya di ziarahi oleh masyarakat tionghoa saja, tapi juga penduduk Betawi dan Sunda.

Kelenteng Tanjung Kait harus tetap dilestarikan karena tidak hanya menjadi bangunan cagar budaya, tapi juga simbol dari kekayaan wisata Provinsi Banten yang masyarakatnya terkenal agamis dan juga pluralis.

Peta Tanjung Kait

Peta Tanjung Kait dapat Anda lihat pula lokasinya di GPS dengan titik koordinat -6.012991, 106.537482. Pantai Tanjung Kait menjadi salah satu pantai terujung di Tangerang yang berjarak sekitar 29,5 kilometer dari pusat Kota Tangerang.

Rute ke Tanjung Kait

Ada dua rute ke Tanjung Kait yang bisa Anda tempuh, yaitu melalui tol dalam kota, dan Jalan Daan Mogot. Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Pantai Tanjung Kait, ada baiknya perhatikan informasi rute perjalanan yang akan kami sampaikan berikut ini:

Rute Melalui Tol Dalam Kota

Rute ke Tanjung Kait paling mudah adalah dengan melewati tol dalam kota, bukan melalui jalan kota Tangerang. Dari sana, Anda bisa masuk ke tol bandara dan keluar di pintu tol Dadap.

Selanjutnya ikuti jalan dari pintu keluar tersebut sekitar 23 kilometer dengan melewati Jalan Raya Salembaran, Jalan Raya Kalibaru, Jalan Desa Sukawati, hingga Jalan Tanjung Anom.

Lalu Anda akan menyusuri jalan di tepian laut, melintasi pemukiman, dan jalan sempit di tengah persawahan. Setelah itu, Anda akan menjumpai gerbang masuk kelenteng Tanjung Kait di sebelah kanan jalan. 500 meter lagi kelenteng, Anda akan segera tiba di lokasi wisata Pantai Tanjung Kait.

Rute Melalui Jl Daan Mogot

Selain melalui rute tol dalam kota, wisatawan dapat menuju ke Tanjung Kait melalui rute Jalan Daan Mogot, kemudian belok kanan setelah melewati Penjara Anak-anak Tangerang. Belok kiri melintasi Jl Buroq, Jl Dr. Sitanala, dan belok kiri lagi melintasi Jl Jembatan Pintu Sepuluh.

Setelah menyeberangi jembatan, belok kanan ke Jalan Sangego Raya, selanjutnya ikuti Jalan Sangego Raya, belok kiri untuk menyeberangi jembatan, lalu setelahnya belok kanan.

Teruskan perjalanan hingga melintasi Jl Kalibaru dan Jl Desa Sukawati. Dari sini Anda bisa meneruskan perjalanan menuju ke Pantai Tanjung Kait sesuai dengan rute yang telah kami sampaikan di atas.

Spot Mancing Tanjung Kait

Mayoritas pengunjung yang datang ke Tanjung Kait bertujuan untuk memancing. Itulah mengapa tempat ini disebut sebagai spot wisata mancing favorit.

Spot mancing Tanjung Kait yang terkenal berada di Jalan Naval Radar Station Tanjung Kait. Anda bebas memilih tempat mancing di atas bagan-bagan yang telah disediakan.

foto IG:@fitrizakiyah30

Namun bila ingin memancing di atas bagan, Anda harus membayar sewa terlebih dahulu kepada pemilik bagan. Harga sewanya bervariasi, untuk bagan di laut dangkal sekitar Rp 20.000.

Sedangkan untuk memancing di bagan tengah, harga sewanya sekitar Rp 40.000 – Rp 50.000, sudah termasuk ongkos antar jemput dengan menggunakan perahu motor.

Di spot mancing Tanjung Kait Anda dapat menaklukkan berbagai jenis ikan yang ada di sini. Mulai dari ikan kuro, sembilang, hingga ikan samge. Jenis ikan ini biasanya banyak ada di bagan pinggir.

Sedangkan bila Anda memancing di bagan tengah, ada lebih banyak lagi jenis ikan yang dapat Anda pancing, seperti kerapu, jenaha, dan lain-lain.

Penginapan Murah di Tanjung Kait

Wisatawan juga tidak perlu bingung mencari penginapan murah di Tanjung Kait, karena di sekitar tempat ini ada hotel yang lumayan terkenal yaitu Hotel Tanjung Kait. Alamatnya berada di Jalan Raya Tanjung Kait RT 005 / RW 002, Kec Mauk, Tj Anom, Tangerang. Telp (021) 59330541.

Hotel Tanjung Kait merupakan penginapan murah di Pantai Tanjung Kait. Meskipun tarifnya murah, namun sangat nyaman dari segi fasilitas maupun pelayanan yang diberikan.

Sudah siap untuk berwisata mancing di Tanjung Kait? Yuk, kita menuju spot mancing di Tanjung Kait!