Pantai Srau  – merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang favorit di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Meski Pantai Srau tak setenar Pantai Klayar, namun tempat ini tetap menjadi wisata yang menarik dan saat ini tengah populer di kalangan wisatawan.


Pantai ini menyajikan pemandangan alam yang mempesona, pasirnya yang putih dan lembut serta deburan ombak yang riuh akan membuat wisata Anda di Pantai Srau akan lebih mengesankan.

Lokasi Pantai Srau

Pantai Srau berlokasi di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Diperlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat kota Pacitan. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Pantai Srau masih belum begitu banyak didatangi pengunjung.

pantai srau image by https://dolandolen.com

Keistimewaan lainnya dari Pantai Srau adalah keindahan alam pantainya yang begitu menawan, bahkan tidak kalah dengan jejeran pantai yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jalan Menuju Pantai Srau Pacitan

Akses Pantai Srau memang masih cukup tersembunyi, hanya ada sedikit rambu papan petunjuk yang akan mengarahkan wisatawan ke lokasi.

Rambu petunjuk arah mulai terlihat sesudah Anda melintasi jalur utama yang menuju ke Pantai Teleng Ria. Anda akan melewati daerah perkampungan yang kondisi jalannya mulai sempit, naik-turun, dan berliku.

Bila Anda berpapasan dengan kendaraan besar sebaiknya lebih berhati-hati karena jalannya memang cukup sempit. Anda cukup mengikuti jalan perkampungan tersebut untuk sampai ke lokasi Pantai Srau.

Rute Pantai Srau dari Solo

Bagi Anda yang datang dari arah kota Solo, rute yang bisa dilewati ialah melalui Sukoharjo, hingga Ngadirojo. Dari daerah Ngadirojo, lanjutkan perjalanan melintasi Baturetno, Giriwoyo, hingga sampai di Kecamatan Pringkulu.

Kemudian teruskan perjalanan menuju ke Desa Candi, setelah itu cukup ikuti rambu papan petunjuk arah yang akan mengantarkan Anda sampai ke Pantai Srau.

Perjalanan dari kota Solo hingga tiba di Pantai Srau memerlukan waktu tempuh sekitar 3,5 jam sampai 4 jam. Perjalanan akan melalui jalur pegunungan hingga ke perkampungan yang sempit dan berliku.

Namun, kondisi aspalnya cukup mulus, dan Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Srau

Bagi pengunjung yang datang ke lokasi Pantai Srau tentunya harus mengeluarkan biaya untuk tiket masuk ke kawasan pantai. Harga tiket masuk ke Pantai Srau amat terjangkau, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja.

Harga tiket masuk itupun sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk mengetahui informasi lebih jelas mengenai harga tiket masuk ke Pantai Srau, Anda bisa coba menghubungi pihak pengelola di nomor kontak 08211417080.

Jam operasional wisata Pantai Srau adalah buka setiap hari selama 24 jam, oleh sebab itu banyak pula wisatawan yang memanfaatkan jam operasional tersebut untuk acara berkemah di Pantai Srau.

Pantai Srau Sunset

Terdapat tiga bagian pantai yang ada di wisata Pantai Srau, yaitu bagian timur, tengah, hingga ke barat. Pengunjung yang datang saat pagi hari biasanya menyambangi bagian timur Pantai Srau untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit di sini.

Sedangkan saat sore hari, pengunjung juga dapat menikmati ‘Pantai Prau Sunset’ dari bagian barat Pantai Srau. Betul-betul pantai yang unik bukan? Kita bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam sekaligus di satu lokasi.

Nah, sebelum Anda menikmati keindahan matahari terbenam di bagian barat, ada baiknya menyambangi bagian tengah Pantai Srau terlebih dahulu. Bagian tengah ini memiliki pemandangan indah hamparan pantai yang luas dan mempesona.

pantai srau image by https://tanjungyanugroho.wordpress.com

Tebing-tebing menjulang tinggi dengan bentuknya yang menjorok ke laut menambah eksotis pemandangan yang bisa Anda nikmati di Pantai Srau. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar, sehingga pengunjung dilarang berenang di kawasan Pantai Srau.

Ombak besar di Pantai Srau menjadi favorit bagi wisatawan yang gemar berselancar. Gulungan ombak besar akan membawa peselancar melaju dengan cepat di atas laut Pantai Srau.

Ketika air laut sedang surut, pengunjung banyak yang memanfaatkannya untuk berfoto dan berselfie di atas batu karang dan mengabadikan momen indah mereka saat berwisata ke Pantai Srau.

Penginapan di Pantai Srau Pacitan

Dengan berbagai pesona keindahan yang ditawarkan di Pantai Srau, cukup disayangkan tempat ini belum terdapat hotel maupun penginapan yang memadai.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Pantai Srau dapat menjadikan rumah warga sekitar sebagai Homestay. Tarif yang ditawarkan cukup beragam, biasanya sekitar Rp 60 ribu sampai Rp 130 ribu per malamnya.

Selain bermalam di rumah warga, pengunjung juga dapat berkemah di area pantai. Banyak kok yang melakukan kemah di Pantai Srau. Kemah kan enggak harus selalu di kawasan hutan atau pegunungan, kemah di kawasan pantai juga seru lho!