Pantai Soge – Takjub! Mungkin itu kesan pertama yang paling pas untuk menggambarkan panorama keindahan Pantai Soge yang terbentang menghadap Samudera Hindia. Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya menjadi daya tari bagi siapapun yang melintasi Pantai Soge dari Jalur Lintas Selatan Kabupaten Pacitan.


Tak jarang banyak wisatawan sengaja menepikan kendaraannya sejenak untuk menikmati angin pantai dan pemandangan deburan ombaknya sambil berselfie ria mengabadikan momen dari pinggir jalan raya tersebut.

Kendati bisa dinikmati dari pinggir jalan raya, rasanya tak lengkap bila tidak turun ke pantainya langsung. Cobalah turun sejenak ke Pantai nya. Anda akan semakin takjub ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Hamparan pasir pantai yang berwarna putih nan lembut dan deburan ombak biru kehijauan yang berpadu dengan birunya langit seakan memperjelas keindahan yang diciptakan Tuhan untuk pantai ini.

pantai soge image by http://pacitanparadise99.blogspot.co.id

Tak sekedar pantainya saja yang mempesona, namun masih ada satu lagi tempat yang sangat unik di Pantai Soge. Di pantai ini terdapat sebuah danau kecil dengan muara sungai yang berkelok mengitari pasir putih yang membentang sepanjang 150 meter. Danau ini terbentuk dari proses air laut yang tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat air surut dan terpisah oleh gundukan pasir pantai yang yang berada di tengahnya pesisir pantai.

Danaunya tidak terlalu luas, namun di danau ini Anda bisa bermain air, bermain kejar-kejaran tanpa takut terseret ke pantai ataupun sekedar bersantai di bawah pohon kelapa sembari menikmati pemandangan pantai.

Ingin bermain lebih seru lagi ? Anda bisa menyewa speedboat kecil dengan merogoh kocek Rp 15.000 saja setelah itu Anda bisa mengitari muara sungai tersebut dengan beberapa kali putaran.

Lokasi Pantai Soge

Berbicara tentang Pacitan, tentunya tidak terlepas dari membicarakan tempat kelahiran mantan orang nomor satu di Indonesia, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Ya, Pantai Soge berada di kota Pacitan, tepatnya di Sidomulyo, Ngadirojo, kabupaten Pacitan.

Infrastruktur jalan menuju Pantai Soge yang sudah bagus kerap dijadikan para komunitas bikers sebagai destinasi untuk menjajal aspal jalanan sampai menuju Pantai Soge.

Rute Jalan Menuju Pantai Soge

Ketika akan sampai di Pantai Soge, Anda akan dimanjakan terlebih dahulu dengan pemandangan alam yang indah dengan jajaran tebing batu yang dihiasi dengan pepohonan hijau nan rindang seakan membuat perjalanan semakin menyenangkan sampai menuju Pantai Soge.

Apalagi jika Anda berkendara melalui Jalur Lingkar Selatan, Anda pasti akan melewati sebuah jembatan yang mirip dengan Sidney Harbour Bridge.  Jembatan yang menghubungkan Jalur Lingkar Selatan (JLS) ini dijadikan ikon Kabupaten Pacitan dan diberi nama Jembatan Soge. Jembatan ini seakan menjadi menu pembuka bagi wisatawan yang melalui Jalur Lingkar Selatan sebelum menikmati keindahan Pantai Soge.

Rute Pantai Soge dari Dalam Kota

Adapun rute yang dapat Anda gunakan untuk bisa menuju Pantai Soge bila dari Pacitan sendiri, yaitu :

Rute dari Kota Pacitan : Jl. Brigjen Katamso – Jl. Dr. Sutomo – Jl. Basuki Rahmat – Jl. Raya Pacitan – Ponorogo – Jl. Kh. Maghribi – Jl. Pacitan – Lorok – Jl. Raya Pentung Jetak – Arah Sidomulyo – Pantai Soge

Rute dari Teminal Bus Pacitan : Jl. Letjen Soeprapto – Jl. Kedawung – Jl. Kh. Maghribi – Jl. Pacitan – Lorok Jl. Raya Pentung Jetak – Jl. Pentung – Lorok – Arah Sidomulyo – Pantai Soge

Rute Pantai Soge dari Luar Kota

Bagi Anda yang berasal dari luar kota Pacitan, anda bisa menggunakan transportasi bus dari Terminal Bus Pacitan dan mengikuti rute diata. Namun, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi saja atau dengan menyewa sepeda motor karena selain waktu Anda akan menjadi lebih fleksibel untuk berlama-lama di Pantai Soge.

Nah, untuk dari luar kota Pacitan, terdapat beberapa rute yang bisa Anda gunakan untuk bisa sampai di Pantai Soge, diantaranya :

1. Rute Pantai Soge Dari Surabaya

Rute dari kota Surabaya: Jl. Kusuma Bangsa – Jl. Raya Malang – Surabaya – Jl. Raya Madiun – Surabaya – Jl. Mager Sari -Ngares Kidul – Jl. Raya Gedek – Ploso – Jl. Nasional III – Jl. Gandusari-durenan – Jl. Gandusari – Kedunglurah Trenggalek – Ambil arah Jl. Raya Dongko – Kampak – Jl. Panggul – Dongko – Jl. Lorok – Pacitan – Jl. Hadiwarno – Sidomul – Sidomulyo – Pantai Soge

2. Rute Pantai Soge Dari Ponorogo

Rute dari Ponorogo: Jl. KBP. Duryat – Jl. Banda – Jl. Diponegoro – Jl. Raya Pacitan – Ponorogo – Jl. Mrayan- Jl. Ngrayun – Mrayan – Jl. Wonokarto-Ponorogo – Jl. Lorok – Pacitan – Jl. Hadiwarno – Sidomul – Sidomulyo – Pantai Soge

3. Rute Pantai Soge Dari Semarang

Rute dari kota Semarang: Jl. Dr. Wahidin – Jl. Semarang – Surakarta – Jalan Tol Tembalang – Ungaran – Jalan Tol Ungaran – Bawen – Jl. Lingkar Selatan Salatiga – Jl. Semarang – Surakarta arah Jl. Kates Boyolali – Jl. Raya Jatinom – Boyolali – Jl. Penggung-Jatinom – Jl. Jogja-Solo – Jl. Mlese-Cawas – Jl. Raya Trucuk – Jalan Tembus Barepan – Jl Weru-Cawas – Jl. Pracimantoro – Wonogiri – Jl. Nasional III arah Pacitan – Jl. Kh. Maghribi – Jl. Pacitan – Lorok – Jl. Raya Pentung Jetak – Sidomulyo – Pantai Soge

pantai soge image by https://justibell.wordpress.com

4. Rute Pantai Soge Dari Solo

Rute dari kota Solo : Jl. DR. Radjiman – Jl. Baki-Solo – Jl. Taya Solo – Wonogiri – Jl. Wonogiri – Ngadirojo – Jl. Wonogiri – Pacitan – Jl. Raya Solo-Pacitan –Jl. Pacitan – Lorok – Jl. Raya Pentung Jetak – Sidomulyo – Pantai Soge

5. Rute Pantai Soge Dari Yogyakarta

Rute dari kota Yogyakarta : Jl. Kenari – Jl. Kusumanegara – Jl. Gedong Kuning – Jl. Wonosari – Jl. Nasional III – Jl. Jend. Sudirman Pacitan – Jl. Kh. Maghribi – Jl. Pacitan-Lorok – Jl Raya Pentung Jetak – Sidomulyo – Pantai Soge

Harga Tiket Masuk Pantai Soge

Untuk menikmati keindahan Pantai Soge, pengelola hanya mengenakan tarif retribusi Rp 2.000 saja. Sebuah nominal yang kecil untuk pantai seindah Pantai Soge.

Jika Anda berada di Pantai Soge dan masih memiliki cukup waktu dan tenaga untuk jalan-jalan, ada baiknya Anda juga berwisata ke Pantai Pidakan yang jaraknya hanya 7 km dari Pantai Soge. Di pantai ini Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan bersantai samba menunggu matahari tenggelam.