Pantai Siung merupakan obyek wisata di Gunung Kidul dengan panorama alam yang indah dan tempatnya berolahraga panjat tebing.

Panjat tebing di Pantai Siung telah mendunia dan lumayan terkenal di Asia Tenggara. Banyak wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara yang datang ke Pantai Siung untuk menikmati serunya panjat tebing di tempat ini.

Lokasi Pantai Siung

Pantai Siung juga terkenal dengan tempat wisatanya yang indah dan bersih. Lokasi Pantai Siung terletak di kawasan Desa Purwodadi, Kec Tepus, Kab Gunungkidul, Yogyakarta. Anda dapat menemukan lokasi Pantai Siung pada GPS dengan titik koordinat -8.181655,110.682799.

Letaknya yang berada di bebatuan besar dan pegunungan membuat panorama Pantai Siung sangat indah dan menjadi tempat favorit bagi para atlet panjat tebing.

Pemandangan Pantai Siung yang lebih eksotis dapat Anda nikmati dari atas bukit yang berada di sebelah timur pantai ini. Tampak jelas keindahan hamparan pasir putih yang luas dengan beberapa tanaman pandan khas pinggiran pantai dari atas bukit tersebut.

Rute ke Pantai Siung

Rute ke Pantai Siung sangat mudah dituju. Bagi wisatawan yang datang dari arah kota Yogyakarta harus menempuh jarak kurang lebih 80 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 2 jam berkendara.

Rute yang dapat Anda tempuh bila datang dari arah kota Yogyakarta antara lain:

Dari Yogyakarta melintasi ringroad Jalan Wonosari, perempatan Sampaan, Pasar Piyungan, Bukit Bintang, Patuk, Sambipitu, sampai di Gading (lapangan terbang) ada pertigaan belok kiri menuju arah kota Wonosari.

Kemudian lurus terus melintasi Playen, Siono, ada bundaran lurus saja sampai melewati kantor Pemda Gunungkidul, dan Pasar Wonosari. Sesudah pasar Wonosari di pertigaan ke dua, belok kanan menuju Jalan Baron, melintasi Karangrejek terus sampai tiba di mulo ada pertigaan belok kiri ikuti papan petunjuk arah menuju Pantai Siung.

Setibanya di Tepus, ada pertigaan. Belok kanan menuju ke Pantai Indrayanti, sedangkan belok kiri menuju ke Pantai Siung dan Wediombo.

Ambil arah ke kiri, melewati Gesing dan sesampainya di desa Purwodadi ada pertigaan, belokkan kendaraan ke kanan menuju Pantai Siung. Dari pertigaan tersebut lokasi Pantai Siung sudah dekat dan tidak lama lagi Anda akan tiba di lokasi.

Tiket Masuk Pantai Siung

Wisatawan yang ingin masuk ke kawasan wisata Pantai Siung akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orang. Harga tiket masuk Pantai Siung relatif terjangkau mengingat ada banyak keseruan dan keindahan yang bisa Anda nikmati di pantai ini.

Bahkan harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke 2 kawasan wisata pantai lainnya, yaitu Pantai Jogan, dan Pantai Nglambor.

Pengelola wisata Pantai Siung juga sudah menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, mulai dari kamar mandi, kamar ganti, toilet, area parkir, mushola, pendopo, hingga penginapan.

Di Pantai Siung ini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang bisa Anda kunjungi untuk membeli hasil tangkapan laut para nelayan setempat.

Penginapan Pantai Siung

Sementara bagi wisatawan yang ingin menginap, di Pantai Siung memang belum terdapat cottage ataupun hotel. Tapi Anda bisa memanfaatkan pondok pemanjat yang berbentuk rumah panggung untuk menginap.

Kapasitas rumah panggung ini bisa untuk 12-15 orang. Dan tentunya Anda harus bermalam di tempat ini bersama wisatawan lainnya yang hendak melakukan panjat tebing di Pantai Siung.

Selain rumah panggung tersebut, wisatawan sebaiknya membawa tenda dari rumah bila ingin menginap di Pantai Siung. Di sini Anda dapat berkemah pada camping ground yang tersedia dan terletak di balik tebing karang.

Keindahan Pantai Siung Gunungkidul

Pantai Siung merupakan obyek wisata dengan potensi alam yang mengagumkan. Meskipun wisata ini tidak setenar Pantai Baron, namun di kalangan olahragawan panjat tebing, Pantai Siung merupakan destinasi utama yang wajib dikunjungi.

Pantai Siung memang lebih terkenal di kalangan para pemanjat tebing. Bahkan, nama Pantai Siung sebagai kawasan wisata panjat tebing sudah begitu mendunia dan terkenal se-Asia Tenggara.

Pantai Siung cukup luas untuk wisatawan yang ingin melakukan berbagai aktivitas wisata. Kondisi pantai memang tidak terlalu ramai dan cenderung sepi sehingga Anda bisa berekreasi dengan leluasa di Pantai Siung.

Pesona keindahan di Pantai Siung terbentuk karena adanya batu karang di sebelah timur dan barat yang berukuran raksasa. Hal ini pula yang menjadi awal mula penamaan Pantai Siung.

Karang berbentuk siung itu letaknya agak menjorok ke laut, deburan ombak yang menghantam ke batu karang menyajikan keindahan yang begitu mempesona di Pantai Siung.

Wisatawan juga dapat naik ke atas deretan tebing karst yang berada di sebelah barat Pantai Siung. Tebing inilah yang biasa dijadikan para pemanjat untuk melakukan olah raga.