Obyek wisata kabupaten Tulungagung di Jawa Timur cukup beragam, utamanya adalah wisata pantai yang memanjang di pesisir laut selatan. Tiap obyek wisata pantai yang dimilikinya memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Seperti yang dimiliki pantai Sine yang berlokasi di desa Kalibatur kecamatan Kalidawir menawarkan suasana pesisir yang begitu cantik dengan perbukitan menghijau yang mengelilinginya.

Pantai Sine Tulungagung merupakan wisata yang kini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur. Keindahan Pantai Sine Tulungagung yang menawan sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dan berakhir pekan dengan menikmati suasana segarnya alam pantai.


Pesona keindahan pantai ini sangat sedap dipandang dan tentunya akan sangat disayangkan apabila tidak menyambangi Pantai Sine saat berada di Tulungagung.

Foto:[email protected]

Lokasi Pantai Sine Tulungagung

Alamat Pantai Sine Tulungagung berada di Ds Kalibatur, Kec Kalidawir, Kab Tulungagung, Jawa Timur. Anda bisa memanfaatkan google maps untuk menemukan lokasi tersebut dengan mudah.

Pantai Sine Tulungagung merupakan salah satu wisata andalan dari sekian banyaknya obyek wisata yang ada di Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu, pastikan Anda berkunjung ke tempat ini saat berlibur ke Tulungagung.

Misteri Pantai Sine

Sebagaimana sebagian besar masyarakat yang tinggal di dekat pantai selatan, di pantai Sine tradisi jawa pun sangat dijunjung tinggi. Pada hari hari tertentu pengunjung dapat menyaksikan penyelenggaraan tradisi turun menurun berupa Larung Sesaji ke laut yang merupakan perwujudan dari rasa terima kasih kepada Tuhan karena hasil laut melimpah yang dianugerahkan.

Kemudian di malamnya warga mengadakan bersih desa dalam bentuk pertunjukan wayang kulit. Ini termasuk sebagai bagian misteri Pantai Sine yang konon bila tak dijalankan, akibatnya musibah akan datang dan juga hasil laut yang sedikit. Misteri Pantai Sine pun tak hanya ini, kabarnya nyi roro kidul yang dipercaya sebagai penguasa pantai selatan akan muncul di malam bulan purnama.

Sejarah Pantai Sine

Pantai Sine dulunya bukan merupakan destinasi wisata yang terkenal. Pantai ini hanya difungsikan oleh masyarakat setempat sebagai tempat buang jangkar dari perahu-perahu nelayan yang pergi melaut mencari ikan.

Dengan berjalannya waktu, banyak warga dari daerah lain yang datang ke pantai ini untuk sekedar melihat panorama alam pantai yang memang sangat indah.

Akhirnya pantai Sine pun menjadi terkenal dan mulai dikelola oleh warga sekitar dengan membentuk Pokdarwis (kelompok sadar wisata) bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat. Berbagai fasilitas pun mulai dilengkapi mulai dari area parkir, warung makan, toilet, mushola dan beberapa lainnya.

Rute Pantai Sine Tulungagung

Rute Pantai Sine Tulungagung sangat mudah diakses dari pusat kota Tulungagung. Anda bisa melalui beberapa ruas jalan menuju ke Pantai Sine Tulungagung.

Rute pertama adalah rute yang paling mudah, yaitu melewati perempatan Gragalan, lalu belok kiri dan ikuti jalur tersebut hingga tiba di kecamatan Kalidawir.Di kecamatan Kalidawir terdapat rambu petunjuk arah menuju ke lokasi Pantai Sine, ikuti rambu tersebut atau belok kiri dan lurus terus mengikuti jalur tersebut hingga sampai di lokasi pantai yang Anda tuju.

Rute yang kedua adalah melalui Pasar Campur Darat. Bila dari arah kota Tulungagung, ketemu perempatan tamanan, lurus saja hingga lampu merah pasar Campur Darat, lalu belok kiri.Sesampainya di Desa Ngentrong, ada pertigaan. Arah lurus menuju ke Pantai Popoh, sedangkan belok kiri arah menuju ke Kecamatan Tanggung Gunung.Ikuti jalur utama yang menuju ke Pantai Sine dan Anda akan melewati kawasan perbukitan. Lokasi Pantai Sine Tulungagung berada di balik jalur yang melewati area perbukitan tersebut.

Rute yang kedua ini lebih jauh dan agak memutar bila Anda datang dari arah kota Tulungagung, tapi cenderung lebih dekat bagi Anda yang datang dari arah kota Trenggalek.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Sine Tulungagung, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Sementara memang belum ada angkutan umum yang menuju atau melewati lokasi Pantai Sine Tulungagung, tapi Anda dapat memakai jasa ojeg motor apabila telah tiba di Desa Kalidawir, jaraknya tidak begitu jauh dari sana.

Fasilitas di Pantai Sine

Fasilitas wisata di Pantai Sine secara umum sudah memenuhi standar seperti lokasi parkir, toilet, mushola, taman-taman, dan sebagainya. Pemandangan pertama di Pantai Sine yang bisa dinikmati adalah deretan perahu nelayan yang sedang berlabuh di tepian pantai. Memang mata pencaharian sebagian besar masyarakat setempat adalah nelayan, tak heran jika di Pantai Sine pun dibangun tempat pelelangan ikan (TPI) meski belum beroperasi secara penuh.

Di dekat pantai Sine pun terdapat sebuah air terjun yang sangat cantik dihiasi pepohonan mangrove dan hutan pinus menghijau. Pantainya dengan hamparan pasir putih bersih sangat cocok untuk tempat bersantai seluruh anggota keluarga sembari memandang lepas ke laut selatan. Pengunjung pun bisa menyewa kendaraan roda tiga (ATP) dengan tarif Rp.60 ribu per jam untuk menyusuri sepanjang pantai Sine.

Pantai Sine pun boleh dikatakan sebagai surganya para pemancing dengan banyaknya jenis ikan yang ada diantara bebatuan karang dan akar-akar mangrove. Bahkan bagi mereka yang suka berpetualang juga bisa mendirikan kemah di sini tepatnya di dekat area TPI yang memiliki lahan terbuka yang luas. Jangan lupa juga, wisata Pantai Sine pun memiliki area hutan cemara yang dinamakan Cemoro Sewu.

Rindangnya hutan cemara di dekat Pantai Sine akan membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati suasana asri dan sejuk sembari menggelar tikar dan menikmati bekal yang dibawa. Di area Cemoro Sewu ada sebuah telaga yang dinamakan dengan Danau Cinta, pengunjung bisa berenang atau berperahu di danau yang indah ini. Perahu bisa disewa dari penduduk setempat yang memang menyediakannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine Tulungagung bisa dibilang tempat wisata yang ‘irit tapi tetap komplit’. Berwisata ke pantai ini tidak akan menguras ‘uang di kantong’ Anda.

Pasalnya, harga tiket masuk Pantai Sine Tulungagung masih gratis untuk sekarang ini, dan wisatawan hanya akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 3.000 untuk sepeda motor atau Rp 10.000 untuk mobil.

Wah, asik yah! Karena di Pantai Sine Tulungagung kita bisa berekreasi dengan hemat tapi tetap menyenangkan.

Foto IG:@alimobatmabit

Aktivitas Wisata di Pantai Sine Tulungagung

Dengan harga tiket masuk yang gratis, pengunjung tetap dapat melakukan beragam aktivitas wisata yang menyenangkan di Pantai Sine Tulungagung, antara lain:

  • Berkeliling sambil menikmati panorama alam pantai yang indah.
  • Menikmati pemandangan matahari terbit yang eksotik.
  • Menyambangi spot wisata Cemara Sewu, dan Danau Cinta.
  • Berenang atau memancing ikan di pinggir pantai.
  • Berkunjung ke perkampungan nelayan.
  • Bermain dan berkemah di area camping.
  • Berwisata kuliner atau berbelanja ikan di TPI.
  • Bermain sampan, dan mengendarai ATP menyusuri pasir Pantai Sine.

Selain itu pada hari-hari tertentu juga sering diselenggarakan wisata budaya seperti pagelaran tari dan wayang kulit di Pantai Sine Tulungagung.

Bagi wisatawan yang ingin berkeliling sepanjang area Pantai Sine Tulungagung mengendarai ATP bisa memakai jasa sewa ATP yang banyak tersedia di lokasi pantai. Biaya sewa yang dibanderol biasanya sebesar Rp 60.000 per jam.

Penginapan di Pantai Sine

Belum ada penginapan di Pantai Sine, bagi para wisatawan yang memang ingin menginap bisa bermalam di rumah-rumah penduduk yang memang sengaja menyewakannya. Tarifnya cukup murah dengan pelayanan dan fasilitas yang cukup ramah dan memuaskan. Soal makanan pun tak perlu khawatir sebab pihak pemilik rumah siap menyediakannya sesuai keinginan wisatawan.

Tiket Masuk ke Pantai Sine

Tiket masuk ke Pantai Sine dibedakan antara siang dan malam. Untuk wisatawan yang datang di pagi dan siang hari hanya akan dikenakan biaya yang dihitung per kendaraan. Motor tarifnya Rp.5.000 dan mobil Rp.10.000. Berbeda untuk tiket masuk ke Pantai Sine di malam hari yang mengenakan biaya Rp.10.000 per orang.

Fasilitas Pantai Sine Tulungagung

Meski belum dikenai tarif retribusi atau tiket masuk secara resmi, fasilitas di kawasan Pantai Sine Tulungagung sudah terbilang cukup lengkap dan sangat menunjang bagi rekreasi para pengunjung.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di Pantai Sine Tulungagung antara lain area parkir kendaraan yang luas, kamar mandi dan toilet, ruang ganti, rumah makan, mushola, dan masih banyak lagi.

Pokoknya ada banyak hal menarik yang bisa wisatawan nikmati di Pantai Sine Tulungagung. Jangan lupa bawa kamera yah, karena ada banyak keindahan yang bisa Anda abadikan di tempat ini.