Pantai Sine Tulungagung merupakan wisata yang kini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur. Keindahan Pantai Sine Tulungagung yang menawan sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dan berakhir pekan dengan menikmati suasana segarnya alam pantai.

Pesona keindahan pantai ini sangat sedap dipandang dan tentunya akan sangat disayangkan apabila tidak menyambangi Pantai Sine saat berada di Tulungagung.

Foto:[email protected]

Lokasi Pantai Sine Tulungagung

Alamat Pantai Sine Tulungagung berada di Ds Kalibatur, Kec Kalidawir, Kab Tulungagung, Jawa Timur. Anda bisa memanfaatkan google maps untuk menemukan lokasi tersebut dengan mudah.

Pantai Sine Tulungagung merupakan salah satu wisata andalan dari sekian banyaknya obyek wisata yang ada di Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu, pastikan Anda berkunjung ke tempat ini saat berlibur ke Tulungagung.

Rute Pantai Sine Tulungagung

Rute Pantai Sine Tulungagung sangat mudah diakses dari pusat kota Tulungagung. Anda bisa melalui beberapa ruas jalan menuju ke Pantai Sine Tulungagung.

Rute pertama adalah rute yang paling mudah, yaitu melewati perempatan Gragalan, lalu belok kiri dan ikuti jalur tersebut hingga tiba di kecamatan Kalidawir.

Di kecamatan Kalidawir terdapat rambu petunjuk arah menuju ke lokasi Pantai Sine, ikuti rambu tersebut atau belok kiri dan lurus terus mengikuti jalur tersebut hingga sampai di lokasi pantai yang Anda tuju.

Rute yang kedua adalah melalui Pasar Campur Darat. Bila dari arah kota Tulungagung, ketemu perempatan tamanan, lurus saja hingga lampu merah pasar Campur Darat, lalu belok kiri.

Sesampainya di Desa Ngentrong, ada pertigaan. Arah lurus menuju ke Pantai Popoh, sedangkan belok kiri arah menuju ke Kecamatan Tanggung Gunung.

Ikuti jalur utama yang menuju ke Pantai Sine dan Anda akan melewati kawasan perbukitan. Lokasi Pantai Sine Tulungagung berada di balik jalur yang melewati area perbukitan tersebut.

Rute yang kedua ini lebih jauh dan agak memutar bila Anda datang dari arah kota Tulungagung, tapi cenderung lebih dekat bagi Anda yang datang dari arah kota Trenggalek.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Sine Tulungagung, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Sementara memang belum ada angkutan umum yang menuju atau melewati lokasi Pantai Sine Tulungagung, tapi Anda dapat memakai jasa ojeg motor apabila telah tiba di Desa Kalidawir, jaraknya tidak begitu jauh dari sana.

Harga Tiket Masuk Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine Tulungagung bisa dibilang tempat wisata yang ‘irit tapi tetap komplit’. Berwisata ke pantai ini tidak akan menguras ‘uang di kantong’ Anda.

Pasalnya, harga tiket masuk Pantai Sine Tulungagung masih gratis untuk sekarang ini, dan wisatawan hanya akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 3.000 untuk sepeda motor atau Rp 10.000 untuk mobil.

Wah, asik yah! Karena di Pantai Sine Tulungagung kita bisa berekreasi dengan hemat tapi tetap menyenangkan.

Foto IG:@alimobatmabit

Aktivitas Wisata di Pantai Sine Tulungagung

Dengan harga tiket masuk yang gratis, pengunjung tetap dapat melakukan beragam aktivitas wisata yang menyenangkan di Pantai Sine Tulungagung, antara lain:

  • Berkeliling sambil menikmati panorama alam pantai yang indah.
  • Menikmati pemandangan matahari terbit yang eksotik.
  • Menyambangi spot wisata Cemara Sewu, dan Danau Cinta.
  • Berenang atau memancing ikan di pinggir pantai.
  • Berkunjung ke perkampungan nelayan.
  • Bermain dan berkemah di area camping.
  • Berwisata kuliner atau berbelanja ikan di TPI.
  • Bermain sampan, dan mengendarai ATP menyusuri pasir Pantai Sine.

Selain itu pada hari-hari tertentu juga sering diselenggarakan wisata budaya seperti pagelaran tari dan wayang kulit di Pantai Sine Tulungagung.

Bagi wisatawan yang ingin berkeliling sepanjang area Pantai Sine Tulungagung mengendarai ATP bisa memakai jasa sewa ATP yang banyak tersedia di lokasi pantai. Biaya sewa yang dibanderol biasanya sebesar Rp 60.000 per jam.

Fasilitas Pantai Sine Tulungagung

Meski belum dikenai tarif retribusi atau tiket masuk secara resmi, fasilitas di kawasan Pantai Sine Tulungagung sudah terbilang cukup lengkap dan sangat menunjang bagi rekreasi para pengunjung.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di Pantai Sine Tulungagung antara lain area parkir kendaraan yang luas, kamar mandi dan toilet, ruang ganti, rumah makan, mushola, dan masih banyak lagi.

Pokoknya ada banyak hal menarik yang bisa wisatawan nikmati di Pantai Sine Tulungagung. Jangan lupa bawa kamera yah, karena ada banyak keindahan yang bisa Anda abadikan di tempat ini.