Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai primadona di Lombok. Lokasi wisata dengan bentangan pantai sejauh 10 kilometer ini selalu menjadi tujuan utama banyak wisatawan ketika menyambangi Pulau Lombok. Pantai Senggigi selalu menjadi favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara.


Lokasi Pantai Senggigi

Lokasi Pantai Senggigi berlamat di sebelah barat laut Kota Mataram, Kab Lombok Barat, Prov Nusa Tenggara Barat. Letak Pantai Senggigi berada di sebelah barat laut pesisir Pulau Lombok. Pantai ini memang selalu menjadi andalan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok.

Pantai yang juga menjadi ikon Pulau Lombok ini memiliki pasir pantai yang putih bersih dengan gradasi berwarna hitam yang indah. Belum lengkap rasanya bila Anda berlibur ke Lombok tanpa mampir ke Pantai Senggigi.

sumber :https://kompaswisata.com

Rute Menuju Pantai Senggigi

Rute menuju Pantai Senggigi sangat mudah dijangkau, jaraknya sangat dekat dengan kota Mataram. Perjalanan ke Pantai Senggigi dari Bandara Selaparang Mataram hanya memerlukan waktu sekitar setengah jam bila kondisi jalan sedang lancar. Wisatawan bisa naik taksi, angkutan umum, ataupun menyewa kendaraan untuk menuju ke Pantai Senggigi.

Bila Anda datang dari arah kota Mataram, naiklah angkutan umum dengan jurusan Ampean, umumnya tarif hanya sekitar Rp 5s.000 per orang. Dari Ampean, wisatawan harus naik lagi angkutan umum yang menuju ke Pantai Senggigi dengan tarif sekitar Rp 3.000 per orang.

Sesampainya di lokasi Pantai Senggigi, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai yang mempesona. Laut birunya yang jernih berpadu dengan warna pasir pantainya yang putih dan hitam.

Selain itu, di sekitar kawasan pantai juga terdapat banyak warung, dan rumah makan yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantai di pinggir pantai sambil menikmati sajian kulinernya yang lezat. Ada pula deretan penjual aksesori untuk Anda berbelanja oleh-oleh khas Pantai Senggigi.

Keindahan Pantai Senggigi

Keindahan Pantai Senggigi makin terlukis dengan adanya pemandangan alam pegunungan yang berpapasan dengan muka pantai.

Sejumlah wisatawan tampak sedang melakukan berbagai aktivitas wisata di sekitar Pantai Senggigi. Ada yang berenang, berjemur, berselancar, atau sekadar jalan-jalan menyusuri pantai sambil menikmati pemandangan.

Tidak hanya pemandangan alam pantainya saja yang mengesankan, panorama bawah lautnya pun sangat mempesona dan eksotis.

Wisatawan dapat mengintip keindahan karang bawah laut di Pantai Senggigi dengan melakukan Snorkeling. Tak hanya karang bawah lautnya saja yang indah, tapi juga beragam biota laut yang ada di dalamnya, sungguh pemandangan yang sangat luar biasa.

Foto:[email protected]_26

Menjelang sore, jangan beranjak dulu! Masih ada keindahan lain yang bisa Anda nikmati di Pantai Senggigi. Pemandangan matahari terbenam atau sunset di pantai ini pun tak boleh dilewatkan. Abadikan keindahan pemandangan senja di Pantai Senggigi dengan berfoto atau selfie.

Di Pantai Senggigi juga terdapat Pura Batu Bolong yang juga menjadi ikon wisata lain di pantai ini yang cukup terkenal. Pura Batu Bolong merupakan sebuah karang yang menjorok ke laut dan terdapat lubang di tengahnya. Tempat ini menjadi salah satu spot yang menarik bagi para wisatawan untuk berfoto.

Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke lokasi wisata Pantai Senggigi diharuskan untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuk Pantai Senggigi sebesar Rp 15.000 per orang. Tentunya harga yang relatif terjangkau bila mengingat ada banyak pengalaman menarik yang bisa kita dapatkan di Pantai Senggigi.

Berbagai fasilitas penunjang wisata juga telah tersedia lengkap di Pantai Senggigi. Sejumlah fasilitas yang terdapat di Pantai Senggigi di antaranya penginapan, restoran, cafe, pedagang aneka makanan dan minuman, serta acara live music yang sering diadakan pada waktu tertentu di pantai ini.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin berbelanja aksesoris ataupun aneka cinderamata khas Pantai Senggigi dapat mengunjungi pasar seni yang lokasinya tepat menghadap ke arah pantai.

Setelah puas bermain, dan berkeliling menikmati indahnya Pantai Senggigi, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner khas Lombok yang banyak dijual di sepanjang pantai. Harganya cukup variatif, ada yang murah dan ada juga yang cukup mahal.

Bermalam di Pantai Senggigi akan membuat liburan Anda di Lombok semakin berkesan. Anda bisa langsung menuju ke penginapan atau hotel yang banyak terdadapat di sekitar kawasan Pantai Senggigi. Fasilitas dan tarif menginapnya pun beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Keunikan lain yang bisa Anda temukan di Pantai Senggigi adalah kendaraan tradisional Mataram yang bisa disebut Cidomo. Mau coba berkeliling Pantai Senggigi naik Cidomo? Dijamin deh, pasti seru!