Wilayah Gunungkidul Yogyakarta populer dengan rangkaian pantainya dengan panorama eksotis. Pantai Sedahan adalah salah satunya, obyek wisata ini menawarkan ‘gerbang’ laut yang sangat menawan, suasana yang damai, bersih dan cocok untuk camping. Pantai Sedahan termasuk dalam wilayah administrasi desa Jepitu Kecamatan Girisubo Gunungkidul yang berjarak kurang-lebih 80 km dari Yogyakarta.

Pantai Sedahan adalah salah satu pantai yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa. Bagi penggemar wisata pantai, deretan pantai di pesisir selatan Pulau Jawa memang selalu menjadi lokasi favorit karena menyajikan pemandangan alam yang cantik dan menawan.


Nah, Pantai Sedahan adalah salah satunya. Seperti apa keindahan yang ditawarkan oleh wisata pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Keindahan Pantai Sedahan

Pantai Sedahan nampaknya belum dikelola secara maksimal sebagai tempat wisata, bisa dilihat dari akses ke lokasi yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Foto IG:@dwiriyantoo

Pantai ini sangat terkenal dengan surganya para pemancing. Bahkan, banyak pengunjung yang rela datang dari jauh ke Pantai Sedahan hanya untuk tujuan memancing.

Tak hanya itu, Pantai Sedahan juga sering dikunjungi wisatawan yang ingin berkemah sambil menikmati suasana malam di Pantai Sedahan. Meski areanya tidak terlalu luas, Pantai Sedahan tetap menjadi tempat yang asik untuk bermain dan melakukan berbagai aktivitas wisata.

Lokasinya yang agak sulit diakses membuat keindahan panorama di Pantai Sedahan masih tampak alami dan asri. Keindahan Pantai Sedahan terlukis dari adanya dua buah tanjung yang mengapit pantai ini layaknya sebuah pantai yang diapit oleh dua buah gunung.

Foto IG:@tomtom_duwek

Kondisi laut di Pantai Sedahan sangat bersih dan bening. Bahkan Anda dapat melihat ikan-ikan yang sedang menari dari atas permukaannya. Pantai Sedahan juga sering dijadikan tempat bertelurnya para penyu, hal inilah yang juga menjadi keistimewaan tersendiri di pantai ini.

Beberapa penyu langka ada yang bertelur di tempat ini dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Pantai Sedahan. Terutama saat akhir pekan, Anda akan menjumpai banyak wisatawan yang datang dan mendirikan tenda di area pantai.

Misteri Pantai Sedahan

Untuk para penikmat wisata pantai, Gunungkidul tak akan pernah membuat kecewa. Meski tidak berbagai kegiatan berlibur dapat dilakukan seperti berenang atau snorkeling. Pantai Sedahan adalah salah satu rangkaian pantai-pantai yang dimiliki Gunungkidul. Lokasi Pantai Sedahan kurang-lebih 4 km dari Pantai Wediombo yang berada di sebelah timur.

Sementara di sebelah barat adalah Pantai Greweng. Sebagaimana pantai pantai lain di rangkaian laut selatan, pantai Sedahan pun memiliki misterinya sendiri. Pantai dengan panjang 100 meteran ini diapit oleh dua tebing batu kapur menjulang tinggi. Pantainya sendiri masih sangat alami, bersih tanpa sampah bertebaran di sana sini.

Misteri Pantai Sedahan yang termasuk pantai laut selatan selalu dikaitkan dengan Nyai Roro Kidul. Syahdan pantai ini menurut ceritanya pernah digunakan oleh presiden pertama RI Soekarno untuk bertapa selama tujuh hari tujuh malam di sebuah goa dekat pantai. Konon Bapak Proklamator tersebut bertapa tak sendirian namun ditemani oleh Nyai Roro Kidul yang menguasai seluruh pantai selatan.

Alamat Pantai Sedahan

Alamat Pantai Sedahan berada di Pendowo, desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Pantai Sedahan diapit Pantai Greweng dan Pantai Wediombo.

Lokasi Pantai Sedahan

Pantai Sedahan Gunungkidul berlokasi di Ds Jepitu, Kec Girisubo, Kab Gunungkidul, Prov DI Yogyakarta. Sejumlah obyek wisata terkenal di Gunungkidul seperti Pantai Wediombo, Pantai, Jungwok, Pantai Watu Lumbung, dan Gunung Api Purba Batur berada satu jalur dengan Pantai Sedahan.

Pantai Sedahan berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan berkendara. Bagi yang ingin menggunakan GPS, titik koordinat Pantai Sedahan berada di -8.197772,110.720714.

Tidak jauh dari lokasi Pantai Sedahan, ada juga wisata pantai lainnya seperti Pantai Wediombo di sebelah barat, dan Pantai Greweng yang berada tepat di sebelahnya.

Mitos Pantai Sedahan

Pantai Sedahan yang menyambung dengan pantai Greweng dan Wediombo memiliki mitos berbau mistis. Ada satu mitos yang berkembang dari pantai-pantai tersebut. Kabarnya di jalan setapak menuju pantai tepatnya di rerimbunan pohon ada yang dinamakan pasar gaib.

Namanya saja gaib pastinya pasar para jin itu tak bisa dilihat dengan mata manusia meski beberapa orang yang lewat mengaku bisa merasakan aura aneh. Pasar gaib dari cerita yang berkembang merupakan tempat berkumpulnya para jin penunggu pantai. Lokasi tersebut sendiri sudah diberikan tali pembatas agar tak ada orang yang memasukinya. Terlepas dari benar tidaknya cerita itu yang pasti untuk menuju pantai, pengunjung harus melewati jalan setapak beraura mistis tersebut.

Rute Pantai Sedahan

Rute menuju Pantai Sedahan tidaklah sulit. Dari arah manapun Anda datang dapat menjadikan Desa Jepitu atau pertigaan Jepitu sebagai acuannya.

Bila Anda datang dari arah kota Yogyakarta, terdapat dua rute yang paling mudah dan cepat. Rute pertama yang bisa Anda lalui adalah sebagai berikut:

Yogyakarta, melewati Piyungan, Patuk, Gading (lapangan terbang), Siono, kota Wonosari, Jalan Baron, Tepus, Ndakbong, Purwodadi, Balong, hingga ke pertigaan Jepitu lalu belok kanan. Jalur ini akan mengantarkan Anda ke Pantai Sedahan, dan pantai lainnya yaitu Wediombo, Jungwok, dan Watu Lumbung.

Sedangkan untuk rute kedua jalur yang bisa Anda lalui adalah sebagai berikut:

Dari Yogyakarta, melewati Bantul, Parangtritis, Panggang, Saptosari, Baron, Kukup, Indrayanti, Ndakbong, ketemu pertigaan masih lurus ke arah Pantai Wediombo. Sampai di pertigaan Jepitu, lalu belok kanan, setelah melewati TPR ada pertigaan, belok kiri lalu lurus terus dan Anda akan segera tiba di Pantai Sedahan.

Pada rute kedua di atas, Anda akan melintasi daerah pinggiran pantai. Bila Anda ingin menjelajahi semua wisata pantai lainnya bisa melewati rute yang kedua.

Sementara bagi wisatawan yang datang dari arah kota Solo, Pantai Sedahan berjarak sekitar 90 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Acuannya tetap sama yaitu pertigaan Jepitu. Dari pertigaan tersebut, lokasi Pantai Sedahan sudah sangat dekat dan mudah ditemukan.

Fasilitas Pantai Sedahan

Begitu tiba di lokasi para pengunjung langsung disambut hempasan khas ombak pantai Selatan yang kencang berikut angin yang bertiup cukup kencang dan lepas. Panorama pantai Sedahan memang sangat luar biasa dengan dua tebing karang rimbun pepohonan yang mengapitnya. Pantai Sedahan pun memiliki hamparan pasir putih bersih nan lembut yang siap menyambut para pengunjung yang ingin bermain-main dengannya.

Hanya saja perlu selalu diingat oleh para pengunjung agar tak terlalu ke tengah sebab ombak besar bisa tiba-tiba datang tanpa disadari yang akan menyapu apa saja yang dilaluinya. Belum banyak fasilitas Pantai Sedahan yang tersedia. Bahkan untuk sekedar membeli makanan dan minuman pun belum ada yang permanen.

Bahkan toilet dan tempat sholat pun belum tersedia. Karena itu bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke sana atau malah merencanakan hendak camping agar membawa perbekalan yang cukup termasuk air minum dan makanan. Selain sebagai lokasi terbaik berkemah, pantai Sedahan pun katanya merupakan spot terbaik memancing selain Pantai Greweng di sebelah kanannya.

Camping Pantai Sedahan

Tak cuma melihat pemandangan alam pantai dan laut, ada berbagai aktifitas yang dapat dikerjakan di Pantai Sedahan. Seperti memancing atau camping. Berkemah di tepi pantai Sedahan memang tengah digilai para pelancong khususnya anak muda.

Di samping menikmati panorama pantai sepuasnya, traveler juga tidak dipusingkan dengan akomodasi, cukup dengan mendirikan tenda langsung di tempat. Namun di sini traveler harus membawa peralatan berkemah sendiri termasuk kebutuhan makanan dan minuman.

Makin asyik jika camping di pantai Sedahan ini dilakukan rame-rame sehingga bisa saling membantu satu sama lain. Perlu diketahui bahwa di pantai Sedahan tak ada sumber air tawar yang dekat dengan pantai sehingga traveler harus mengambilnya dari sumur yang agak jauh. Kebersihan pun harus tetap dijaga bila camping di sini termasuk membawa pulang sampah yang dihasilkan selama berkemah di sana.

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan

Tertarik untuk berkunjung Pantai Sedahan? Meski tempat ini belum dikelola secara penuh sebagai tempat wisata, pengunjung yang datang tetap diharuskan membayar tiket masuk ke Pantai Sedahan. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 5 ribu per orang.