Pantai Sedahan adalah salah satu pantai yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa. Bagi penggemar wisata pantai, deretan pantai di pesisir selatan Pulau Jawa memang selalu menjadi lokasi favorit karena menyajikan pemandangan alam yang cantik dan menawan.


Nah, Pantai Sedahan adalah salah satunya. Seperti apa keindahan yang ditawarkan oleh wisata pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Keindahan Pantai Sedahan

Pantai Sedahan nampaknya belum dikelola secara maksimal sebagai tempat wisata, bisa dilihat dari akses ke lokasi yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Foto IG:@dwiriyantoo

Pantai ini sangat terkenal dengan surganya para pemancing. Bahkan, banyak pengunjung yang rela datang dari jauh ke Pantai Sedahan hanya untuk tujuan memancing.

Tak hanya itu, Pantai Sedahan juga sering dikunjungi wisatawan yang ingin berkemah sambil menikmati suasana malam di Pantai Sedahan. Meski areanya tidak terlalu luas, Pantai Sedahan tetap menjadi tempat yang asik untuk bermain dan melakukan berbagai aktivitas wisata.

Lokasinya yang agak sulit diakses membuat keindahan panorama di Pantai Sedahan masih tampak alami dan asri. Keindahan Pantai Sedahan terlukis dari adanya dua buah tanjung yang mengapit pantai ini layaknya sebuah pantai yang diapit oleh dua buah gunung.

Foto IG:@tomtom_duwek

Kondisi laut di Pantai Sedahan sangat bersih dan bening. Bahkan Anda dapat melihat ikan-ikan yang sedang menari dari atas permukaannya. Pantai Sedahan juga sering dijadikan tempat bertelurnya para penyu, hal inilah yang juga menjadi keistimewaan tersendiri di pantai ini.

Beberapa penyu langka ada yang bertelur di tempat ini dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Pantai Sedahan. Terutama saat akhir pekan, Anda akan menjumpai banyak wisatawan yang datang dan mendirikan tenda di area pantai.

Lokasi Pantai Sedahan

Pantai Sedahan Gunungkidul berlokasi di Ds Jepitu, Kec Girisubo, Kab Gunungkidul, Prov DI Yogyakarta. Sejumlah obyek wisata terkenal di Gunungkidul seperti Pantai Wediombo, Pantai, Jungwok, Pantai Watu Lumbung, dan Gunung Api Purba Batur berada satu jalur dengan Pantai Sedahan.

Pantai Sedahan berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan berkendara. Bagi yang ingin menggunakan GPS, titik koordinat Pantai Sedahan berada di -8.197772,110.720714.

Tidak jauh dari lokasi Pantai Sedahan, ada juga wisata pantai lainnya seperti Pantai Wediombo di sebelah barat, dan Pantai Greweng yang berada tepat di sebelahnya.

Rute Pantai Sedahan

Rute menuju Pantai Sedahan tidaklah sulit. Dari arah manapun Anda datang dapat menjadikan Desa Jepitu atau pertigaan Jepitu sebagai acuannya.

Bila Anda datang dari arah kota Yogyakarta, terdapat dua rute yang paling mudah dan cepat. Rute pertama yang bisa Anda lalui adalah sebagai berikut:

Yogyakarta, melewati Piyungan, Patuk, Gading (lapangan terbang), Siono, kota Wonosari, Jalan Baron, Tepus, Ndakbong, Purwodadi, Balong, hingga ke pertigaan Jepitu lalu belok kanan. Jalur ini akan mengantarkan Anda ke Pantai Sedahan, dan pantai lainnya yaitu Wediombo, Jungwok, dan Watu Lumbung.

Sedangkan untuk rute kedua jalur yang bisa Anda lalui adalah sebagai berikut:

Dari Yogyakarta, melewati Bantul, Parangtritis, Panggang, Saptosari, Baron, Kukup, Indrayanti, Ndakbong, ketemu pertigaan masih lurus ke arah Pantai Wediombo. Sampai di pertigaan Jepitu, lalu belok kanan, setelah melewati TPR ada pertigaan, belok kiri lalu lurus terus dan Anda akan segera tiba di Pantai Sedahan.

Pada rute kedua di atas, Anda akan melintasi daerah pinggiran pantai. Bila Anda ingin menjelajahi semua wisata pantai lainnya bisa melewati rute yang kedua.

Sementara bagi wisatawan yang datang dari arah kota Solo, Pantai Sedahan berjarak sekitar 90 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Acuannya tetap sama yaitu pertigaan Jepitu. Dari pertigaan tersebut, lokasi Pantai Sedahan sudah sangat dekat dan mudah ditemukan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan

Tertarik untuk berkunjung Pantai Sedahan? Meski tempat ini belum dikelola secara penuh sebagai tempat wisata, pengunjung yang datang tetap diharuskan membayar tiket masuk ke Pantai Sedahan. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 5 ribu per orang.