Pantai Sadranan – Menyajikan panorama pantai yang begitu indah dengan bentangan laut berwarna biru kehijauan dan hamparan pasir putih yang luas, batu karang yang kokoh dihempas gelombang, dan dilengkapi tumbuhan hijau yang indah di sekitar pantai, tentunya menjadi suatu pemandangan eksotis yang sangat menyejukkan mata.

Suasana yang masih sangat sepi dan asri akan Anda jumpai ketika memasuki area pantai. Pantai Sadranan memang belum banyak diketahui dan dikunjungi wisatawan.

Hal ini dapat dimungkinkan karena akses jalannya yang masih sulit sehingga wisatawan akan lebih memilih objek wisata pantai lainnya yang banyak terdapat di Jogja.

Lokasi Pantai Sadranan

Alamat Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Sidoarjo, Kec Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Bila Anda berwisata ke Pantai Krakal atau Pantai Sundak, sempatkanlah untuk mengunjungi juga Pantai Sadranan, karena letaknya tidak begitu jauh dari dua spot wisata tersebut.

Meskipun lokasinya terpencil dan belum banyak diketahui orang, pantai Sadranan menyimpan keindahan tersembunyi yang tak kalah menarik dibandingkan spot wisata pantai lainnya yang ada di Yogyakarta.

Perjalanan ke lokasi Pantai Sadranan cukup menantang dan melelahkan. Semakin dekat dengan lokasi, medan yang harus dilalui akan semakin sulit, berbatu, dan bergelombang.

Rute Pantai Sadranan

Meski kondisi jalannya agak sulit dilalui, Pantai Sadranan ini sebenarnya memiliki rute yang sangat mudah untuk dituju.

Bila Anda datang dari arah kota Yogyakarta, bisa langsung melalui jalan Wonosari ke Gunungkidul. Sesampainya di kota Wonosari, setelah apsar Wonosari, beloklah ke kanan untuk menuju ke arah pantai Baron.

Jika telah sampai di Pantai Baron, Anda masih harus ke arah timur terus, tidak jauh lagi Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju Pantai Sadranan di sebelah kanan jalan.

Tiket Masuk Pantai Sadranan

Pantai Sadranan masih satu kawasan dengan Pantai Krakal, Slili, dan Ngandong. Harga tiket masuk ke Pantai Sadranan sebesar Rp 10 ribu. Harga tersebut sudah termasuk tiket terusan sehingga Anda dapat mengunjungi pantai-pantai lainnya yang terletak di pesisir Gunungkidul.

Biaya Snorkeling di Pantai Sadranan

Pantai Sadranan memiliki keindahan bawah laut yang asik untuk di-explore, cocok bagi Anda yang hobi snorkeling.

Bila Anda tidak membawa peralatannya, jangan khawatir karena di Pantai Sadranan tersedia fasilitas persewaan alat Snorkeling, seperti google, snorkel, sepatu katak, hingga sepatu karet biasa.

Anda juga akan mendapatkan fasilitas jaket pelampung bila takut dan tak bisa berenang. Semua peralatan tersebut dapat disewa dengan tarif Rp 50.000. Cukup murah bukan? Biasanya, durasi persewaan selama 2 jam, namun bila suasana sedang sepi, Anda dapat memakainya sampai puas.

Arus pantai di Sadranan cukup tenang dan aman untuk berenang atau snorkeling. Meskipun begitu, Anda tetap harus mematuhi aturan yang ada.

Pagi hari dan menjelang senja merupakan waktu terbaik untuk pengunjung ber-snorkeling di Pantai Sadranan karena di waktu tersebut matahari tidak bersinar terlalu terik sehingga pemandangan indah bawah laut akan lebih jelas terlihat.

Penginapan Pantai Sadranan

Iklim wisata di Pantai Sadranan terus tumbuh dengan pesat, seiring dengan hal tersebut semakin banyak pula penginapan baru yang bermunculan di sekitar tempat ini.

Anda tidak perlu khawatir terhadap keamanan dan kebersihan penginapan di Pantai Sadranan karena semua sudah terjaga dengan baik. Umumnya penginapan di sekitar kawasan ini memiliki bentuk yang khas, berupa pondok-pondok yang terbuat dari bambu.

Beberapa ada yang letaknya di atas bukit sehingga memiliki visualisasi yang indah dan nyaman saat Anda menginap di sana. Fasilitas yang diberikan juga cukup lengkap, namun memang berbeda-beda tergantung harga menginap yang ditawarkan.

Pastikan Anda bertanya-tanya dahulu kepada pengelola penginapan mengenai kondisi, fasilitas, dan harga yang ditawarkan. Pasalnya harga sewaktu-waktu dapat berubah terutama saat akhir pekan atau masa liburan.

Beberapa penginapan yang kami rekomendasikan antara lain Sadranan Bungalo, De Bambu Bungalow, Sumantri Cottages, Bob Home, dan Shakuntala. Penginapan-penginapan tersebut menawarkan harga menginap yang terjangkau, pemandangan yang indah ke Pantai Sadranan, fasilitas yang cukup lengkap.

Selain snorkeling dan berenang, ada banyak aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa Anda nikmati di pantai Sadranan, seperti bersepeda, rafting wave, dan juga surfing. Semua kegiatan tersebut sudah tersedia tempat persewaan alat-alatnya, jadi Anda tidak perlu membawa banyak peralatan untuk berwisata di Pantai Sadranan. Semua bisa Anda sewa di tempat yang telah tersedia.

Tunggu apalagi, segera rencanakan liburan Anda ke Pantai Sadranan!