Pantai Prigi– Mayoritas pantai di pesisir selatan Pulau Jawa memiliki ombak yang tinggi. Namun, tidak demikian halnya dengan ombak di Pantai Prigi. Setiap ombak yang datang akan dihadang oleh bukit karang di sekitar pantai sehingga pantai ini memiliki ombak yang relatif kecil.

Lokasi Pantai Prigi

Pantai Prigi merupakan salah satu objek wisata alam yang berlokasi di Trenggalek, tepatnya berada di wilayah administratif Desa Tasimadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

Dari pusat kota Trenggalek sendiri, pantai ini berjarak sekitar 48 kilometer. Pantai Prigi menyajikan pemandangan nyiur melambai dan deburan ombak yang indah dari seberang teluk yang menghantam bukit.

pantai prigi image by http://infobudayaindonesia.com

Jalan Menuju Pantai Prigi

Pantai Prigi termasuk salah satu wisata pantai andalan dan sangat populer di Trenggalek. Akses jalannya cukup mulus, fasilitasnya pun cukup memadai.Selain Pantai Prigi, di dekat kawasan ini juga terdapat beberapa wisata lainnya seperti Pantai Karanggongso, Pantai Damai, dan Hutan Wisata Mangrove.

Jalur menuju kawasan pantai di Trenggalek cukup mudah dilalui karena berupa jalan datar yang tersembunyi di balik barisan pegunungan selatan.

Bagi Anda yang berasal dari arah Tulungagung, bisa melewati Jalan Provinsi Tulungagung – Trenggalek. Papan petunjuk arah ke Pantai Prigi lengkap di setiap persimpangan karena tempat ini memang menjadi wisata andalan Kabupaten Trenggalek.

pantai prigi image by http://blog.pergi.com

Saat pertama memasuki Kabupaten Trenggalek, Anda akan menjumpai papan petunjuk arah di pertigaan, beloklah ke kiri mengikuti papan petunjuk tersebut.Ikuti jalan tersebut, terus hingga tiba di Kecamatan Bandung. Mentok di pertigaan, Anda ambil arah ke kanan untuk menuju Pantai Prigi. Bila belok ke kiri Anda akan menuju ke Pantai Popoh.

Selama perjalanan dari pertigaan tersebut, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah sehingga perjalanan Anda tak terasa membosankan. Terdapat gunung yang memiliki bentuk agak unik bernama Gunung Watulimo.

Perjalanan melewati Gunung Watulimo akan mulai berkelok-kelok dengan hutan di samping kiri dan kanannya, ada juga pemukiman namun tidak begitu banyak jumlahnya.

Rute Melewati Wisata Gowa Lowo

Di sini Anda juga akan melewati wisata favorit Trenggalek lainnya yang dinamakan Gowa Lowo. Tempat wisata ini memiliki nilai sejarah yang berhubungan dengan kerajaan Mataram. Jalan masih berkelok meski Anda telah melewati Gowa Lowo.

Selama perjalanan menuju ke Pantai Prigi banyak tanjakan dan turunan serta daerah hutan yang harus dilintasi. Sebaiknya Anda juga berhati-hati karena sering terjadi amblas di sekitar daerah ini. Sekitar 45 menit berkendara, akan terlihat pemandangan laut yang diapit pegunungan.

Anda bisa beristirahat sejenak di tempat ini. Terdapat gardu pandang yang nyaman untuk Anda menikmati pemandangan laut yang diapit bukit tersebut. Selain itu banyak pula warung-warung penjaja makanan dan penjual durian di sekitar tempat ini.

Tidak jauh dari gardu pandang ada air terjun di pinggir jalan yang bisa Anda singgahi untuk berfoto-foto. Namun, hati-hati bila ingin bermain di sini karena air terjun tersebut berlokasi di pinggir tebing yang rawan longsor.

Lanjut perjalanan, tidak jauh lagi kita akan sampai di kawasan wisata pantai Trenggalek. Ambil arah ke kanan bila ingin menikmati wisata Pantai Prigi, Karanggongso, maupun pantai-pantai kecil lainnya.

Namun, bila Anda belok ke kiri maka akan tiba di Pantai Cengkongan, Hutan wisata mangrove dan jembatan galau, serta Pantai Damas.

Peta Pantai Prigi

Pantai Prigi berjarak sekitar 104,414 kilometer dari kota Nganjuk dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan kurang lebih 3 jam. Bila dilihat dari peta, Pantai Prigi berada di titik koordinat -8.297188, 111.739196.

Tiket Masuk Pantai Prigi

Bagi wisatawan yang ingin berenang, bermain air, dan berjalan-jalan menyusuri pasir di Pantai Prigi harus merogoh kocek untuk membayar tiket masuk seharga Rp 6 ribu per orang. Anda juga menyewa perahu di sini dengan tarif sekitar Rp 100 ribu per perahu atau Rp 10 ribu per orang.

Selain wisata alam pantai yang indah, Anda juga dapat mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan yang berada tidak jauh dari pantai. Tentunya Anda dapat belanja ikan laut segar di Tempat Pelelangan Ikan ini dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan di pasar.

Tempat Pelelangan Ikan yang ada di sekitar Pantai Prigi merupakan sentra perekonomian dari warga setempat. Mata pencaharian warga sekitar tidak hanya mengandalkan dari berjualan di sekitar wisata pantai, tapi juga sebagai nelayan yang mencari ikan di laut.

Fasilitas Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi memiliki pasir dengan warna putih kecokelatan. Pantai ini memang salah satu wisata andalan di Kabupaten Trenggalek sehingga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi saat akhir pekan atau musim liburan, suasana di Pantai Prigi akan menjadi sangat ramai.

Sejumlah fasilitas telah disediakan oleh pengelola untuk menambah kenyamanan bagi para pengunjung, mulai dari penginapan, rumah makan, warung dan cafe, tempat olahraga, bumi perkemahan, taman bermain, dan area parkir yang luas.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan mengenai Pantai Prigi untuk Anda. Semoga menambah referensi tempat-tempat wisata pantai bagi liburan Anda dan keluarga.