Pantai Popoh adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Tulungagung. Panorama alam yang begitu indah dapat pengunjung nikmati saat berada di Pantai Popoh.

Keindahan alam di Pantai Popoh membuat banyak pengunjung betah berada di sini, bahkan seringkali pengunjung yang datang memilih untuk menginap 2 sampai 3 hari di Pantai Popoh agar dapat menikmati keindahan serta kenyamanan di tempat ini lebih lama.


Lokasi Pantai Popoh Tulungagung

Lokasi Pantai Popoh Tulungagung tepatnya berada di Jalan Raya Pantai Prigi – Watulimo, Ds Besole, Kec Besuki, Kab Tulungagung, Jawa Timur 66382, Indonesia.

Foto:[email protected]_jcw

Kabupaten Tulungagung sendiri letaknya bersebelahan dengan Trenggalek dan Blitar. Wisatawan dapat menjangkau Pantai Popoh dari beberapa kota lainnya seperti Surabaya ataupun Malang.

Pantai Popoh Tulungagung merupakan obyek wisata yang asik untuk Anda dan keluarga yang ingin mengisi waktu liburan bersama. Terutama bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat nyaman tapi dengan biaya yang hemat.

Rute Pantai Popoh Tulungagung

Bagi wisatawan luar kota yang ingin berkunjung ke Pantai Popoh dengan naik kendaraan umum, bisa menggunakan bus umum dan terlebih dahulu menuju ke terminal Tulungagung. Atau bisa juga naik kereta api dan turun di Stasiun Tulungagung.

Untuk selanjutnya, Anda akan lebih mudah menuju ke Pantai Popoh dengan menyewa kendaraan yang banyak tersedia di beberapa titik sekitar terminal dan stasiun Tulungagung.

Angkutan umum di wilayah Tulungagung tergolong cukup jarang. Akan lebih mudah bagi wisatawan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor jika ingin cepat sampai ke Pantai Popoh.

Rute Pantai Popoh Tulungagung jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Sebagian besar akses jalan yang tersedia sudah lumayan bagus sehingga makin memudahkan wisatawan untuk langsung menuju ke Pantai Popoh.

Begitu pula dengan rambu petunjuk arah yang sudah banyak tersedia di beberapa ruas jalan menuju Pantai Popoh. Setibanya di Kecamatan Besuki, Anda dapat meneruskan perjalanan memasuki Desa Besole.

Di jalur ini, Anda harus berkendara dengan hati-hati karena kondisi jalannya lumayan berkelok-kelok. Pemandangan indah kawasan hutan yang hijau sudah bisa Anda nikmati sepanjang jalan ini.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi GPS atau Google Map agar lebih mudah menemukan rute perjalanan menuju ke Pantai Popoh.

Tidak jauh dari lokasi Pantai Popoh juga terdapat dua pantai lainnya yang cukup indah dan tak boleh terlewat untuk dikunjungi, yaitu Pantai Prigi dan Pantai Sidem. Dengan demikian Anda bisa menyambangi tiga pantai sekaligus hanya dalam waktu sehari.

Tiket Masuk Pantai Popoh Tulungagung

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke kawasan wisata Pantai Popoh, tentunya diharuskan membayar retribusi dengan harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja. Harga tiket masuk ini terbilang sangat terjangkau, mengingat ada banyak keseruan yang bisa Anda nikmati di Pantai Popoh.

Sementara untuk biaya parkir kendaraan di lokasi Pantai Popoh juga sangat terjangkau, antara lain sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Di sekitar lokasi wisata Pantai Popoh juga terdapat banyak penginapan yang bisa Anda gunakan untuk merasakan suasana malam yang indah di sini.

Masing-masing penginapan menawarkan tarif bermalam yang bervariasi, namun jangan khawatir karena masih tetap terjangkau dan lebih hemat dibandingkan penginapan di tempat wisata lainnya di kawasan pesisir pantai selatan.

Keindahan Pantai Popoh

Ada banyak sekali aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Pantai Popoh. Anda tidak usah takut kemalaman, karena kawasan Pantai Popoh buka selama 24 jam, setiap hari Senin-Minggu.

Foto:[email protected]_ardan

Anda bisa mengabadikan momen keindahan di banyak spot foto yang sangat instagramable di Pantai Popoh. Birunya air laut berpadu dengan waktu terbenamnya matahari akan menyajikan pemandangan luar biasa indah yang tak boleh Anda lewatkan untuk berfoto dan berselfie.

Wistawan dapat menikmati pemandangan indah sambil bersantai dan berkuliner di sekitar rumah makan seafood yang ada di Pantai Popoh. Aneka ragam kuliner olahan laut bisa Anda santap di warung-warung makan yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

Salah satu rumah makan yang lumayan favorit di Pantai Popoh adalah Warung Mak Yah, di sini tersedia berbagai menu masakan ikan laut yang bisa Anda nikmati.

Cobalah mencicipi lezatnya kepiting saus asam manis atau udang goreng krispi yang menjadi andalan di warung makan Mak Yah ini.

Bagaimana, sudah puas dengan menu kulinernya? Sekarang waktunya berkeliling lagi di sekitar Pantai Popoh. Jangan lupa untuk menyambangi pusat kerajinan marmer yang cukup terkenal di Pantai Popoh, bernama Campur Darat.

Ada beraneka macam kerajinan marmer yang cantik bisa Anda beli di tempat ini. Sambil lihat-lihat, ingat pula membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Selain itu, Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatannya di tempat ini.

Bagaimana, pasti Anda sekarang sedang membayangkan betapa serunya bisa berwisata ke Pantai Popoh. Yuk, segera rencanakan liburan Anda ke Pantai Popoh!