Pantai Pink Lombok merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Sekaroh, Kec Jerowaru, Kab Lombok Timur. Pantai ini sebenarnya masih menjadi bagian dari Pantai Tanjung Ringgit, tapi Pantai Pink Lombok kemudian menjadi tempat wisata terpisah dengan keunikannya sendiri.

Sejarah Pantai Pink Lombok

Nama sebenarnya dari Pantai Pink Lombok adalah Pantai Tangsi. Pantai ini kemudian lebih terkenal dengan nama Pantai Pink karena warna pasirnya yang didominasi warna merah muda atau pink.

sumber : http://indah-haya.blogspot.co.id

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tangsi diartikan sebagai “Asrama” atau “Barak”. Sejarah Pantai Pink Lombok konon dulunya pernah dijadikan sebagai markas atau barak tentara Jepang.

Hal ini dapat terlihat dari adanya gua rahasia buatan dan sebuah Meriam peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.

Pasirnya yang berwarna pink menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Pantai Pink Lombok. Di Indonesia sendiri hanya ada dua pantai dengan pasir yang berwarna pink. Satunya lagi berada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Jika diperhatikan lebih dekat, warna pink pada pasir pantai ini karena adanya campuran serpihan terumbu karang yang berwarna merah. Proses alam menyatukan serpihan terumbu karang tersebut dengan pasir putih di pantai ini sehingga membentuk warna pink.

Warna pink di Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok semakin jelas terlihat ketika terkena air laut dan terpapar sinar matahari.

Rute Pantai Pink Lombok

Rute menuju Pantai Pink Lombok terletak di Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Rutenya cukup mudah dituju. Terutama lokasinya yang dekat dengan Pantai Tanjung Ringgit akan mudah ditemukan oleh wisatawan yang ingin menuju ke tempat ini.

Cara Menuju Pantai Pink Lombok

Cara mencapai lokasi Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam dari kota Mataram. Jaraknya memang cukup jauh, rutenya yang sama persis dengan rute menuju Pantai Tanjung Ringgit.

Lokasinya bersebelahan, namun dengan pintu masuk yang terpisah, Pantai Pink berada di sebelah kiri kurang lebih 1 kilometer sebelum Pantai Tanjung Ringgit.

Ombak di Pantai Pink cukup tenang dan tidak terlalu besar sehingga aman untuk orang dewasa hingga anak-anak untuk bermain air atau berenang di sini.

sumber : https://jalanterus.id

Anda juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut di perairan Pantai Pink Lombok. Keragaman biota laut dan terumbu karang di Pantai Pink Lombok menyajikan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Tiket Masuk Pantai Pink Lombok

Semenjak banyak orang yang mengetahui keindahan Pantai Pink Lombok, tempat wisata ini pun kian ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Pink Lombok juga sudah masuk dalam daftar khusus kunjungan wisatawan ke Indonesia karena pesona pasir pantainya yang berwarna merah muda.

Namun ada pula beberapa wisatawan yang mengeluh karena mahalnya harga tiket masuk ke Pantai Pink Lombok.

Harga tiket masuk Pantai Pink Lombok yang sebesar Rp 10 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 50 ribu untuk wisatawan asing, dikabarkan tidak sebanding dengan fasilitas yang ada di kawasan wisata ini.

Akan tetapi menurut pihak pemda yang mengelola tempat ini, pemberlakuan tiket masuk Pantai Pink Lombok tidaklah mengada-ada. Tiket masuk tersebut sudah sesuai dengan aturan Perda Propinsi Nusa Tenggara Barat No 6 tahun 2016 tentang pemberlakuan tiket masuk di kawasan wisata.

Kabarnya, pihak pemda akan meninjau kembali dan menyiasati agar tiket masuk Pantai Pink tidak memberatkan wisatawan yang datang berkunjung. Terutama terkait dengan penambahan fasilitas dan infrastruktur yang ada di Pantai Pink Lombok.

Penginapan di Pantai Pink Lombok

Sayangnya, di sekitar Pantai Pink Lombok memang belum terdapat Hotel maupun penginapan. Bagi wisatawan yang ingin bermalam dapat mencari penginapan di sekitar Jerowaru yang jaraknya memang agak jauh.

Selain bermain di dan berfoto di sekitar pantai, Anda juga dapat berkeliling menikmati keindahan alam laut di sekitarnya dengan menyewa perahu nelayan setempat. Di sekitar Pantai Pink ini juga terdapat gugusan pulau kecil yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari bibir pantai.

Tarif sewa perahu nelayan di sini relatif terjangkau, yaitu hanya Rp 10 ribu per orang dengan kapasitas perahu bisa mencapai 10 atau 12 orang.

Nah, bagaimana dengan beragam keindahan yang ditawarkan Pantai Pink Lombok? Tertarik berwisata ke tempat ini?