Pantai Pasir Panjang – pantai ini adalah destinasi wisata dengan ciri khas bentuk pantai yang melengkung sepanjang 700 meter dan menghadap langsung ke lautan lepas. Pantai Pasir Panjang juga memiliki ombak yang besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang.

Jika berjalan-jalan ke sebelah kiri pantai maka akan ditemukan sebuah teluk seluas 100 meter dengan hamparan pasir putih yang halus dan bersih bagaikan kulit para putri. Karena keindahannya itu masyarakat setempat menyebutnya Teluk Putri.

Selain Teluk Putri, di pantai ini juga terdapat sebuah muara sungai dengan air yang masih jernih dan rasanya pun tawar tidak seperti air laut. Konon, muara sungai ini bersumber dari Sendang Kemulyan.

pantai pasir panjang malang image http://amabell.blogspot.co.id

Tak jauh dari muara sungai dan teluk putri, terdapat makam keramat, yaitu Gunung Kumbang yang biasanya ramai diziarahi masyarakat pada saat hari besar keagamaan umat islam, yaitu di Hari Maulid dan Pantai ini akan lebih ramai dari biasanya ketika acara ritual Upacara Labuhan. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat Kedung Salam dengan membawa beraneka ragam sesaji dengan diiringi kesenian Jaranan serta iring-iringan yang menggunakan pakaian adat. Sesaji tersebut diarak mulai dari pesanggrahan Ngliyep menuju Gunung Kombang yang jaraknya kurang lebih 300 meter melalui sebuah jembatan.

Perpaduan keindahan pantai dan kebudayaan masyarakat setempat inilah yang menjadikan Pantai Pasir Panjang semakin kaya akan pesonanya.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Pasir Panjang, seperti bermain voli dan olahraga. Puas bermain di bibir pantai, pengunjung pun bisa bersantai sambil berjemur menikmati angina pantai.

Semua keindahan dan keseruan selama di Pantai Pasir Panjang ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di pantai. Bahkan bagi yang ingin bermalam bisa mendirikan tenda untuk berkemah.

Penginapan di Pantai Pasir Panjang

Dengan luasnya kurang lebih 10 hektar ini, Pantai Pasir Panjang terdiri dari hutan lindung, area wisata, fasilitas penginapan dan juga lahan parkir luas.

Pantai ini pun memiliki beberapa penginapan yang disewakan dengan tarif mulai dari Rp 50.000 untuk short time hingga Rp 75.000 untuk menginap semalam.

Selain itu pengunjung tak perlu khawatir dengan perbekalan karena terdapat beberapa warung yang menjual aneka makanan berat untuk pengunjung Pantai Pasir Panjang.

Kesimpulannya, Pantai Pasir Panjang adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu berjalan-jalan bersama keluarga, pasangan maupun teman.

Lokasi Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Ngliyep berada di kawasan Malang Selatan. Tepatnya berada di Dusun Ngliyep, Desa Kedung Salam, Kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang.

Pantai ini masih berdekatan dengan pantai Balekambang, Sendangbiru dan Goa Cina. Artinya, Pantai Pasir Panjang memiliki kesamaan dengan pantai lainnya, yaitu ombaknya yang besar.

Jarak tempuh dari kota malang menuju Pantai Pasir Panjang sekitar 52 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam berkendara. Medan jalan menuju lokasi pantai pun sudah beraspal, namun tetap harus berhati-hati selama berkendara karena masih terdapat beberapa titik jalan yang berlubang dan bergelombang.

Rute Menuju Ke Pantai Pasir Panjang

Rute termudah menuju Pantai Pasir Panjang dari kota Malang adalah dengan melewati arah menuju Kepanjen, Pagak lalu Donomulyo.

Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Ngliyep. Pantai Pasir Panjang berada di wiayah yang bersebelahan dengan Pantai Ngliyep yang hanya dibatasi bukit kecil.

Konon, di tahun 1980-an Pantai Pasir Panjang dan Pantai Ngliyep merupakan destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Kedua pantai ini lebih dulu dikenal daripada pantai Balekambang dan Pantai Sendang Biru. Dan menurut cerita, pantai ini ditemukan pertama kali oleh seorang perantau asal Jogjakarta bernama Mbah Atun pada tahun 1919 dan dibuka secara resmi pada tahun 1951.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang, pengunjung hanya akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.000 saja dan setelah itu pengunjung bebas melakukan berbagai aktivitas selama berada di pantai selama masih menjaga kebersihan lingkungan dan tata krama.