Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan) merupakan salah satu obyek wisata pantai yang ada di Jember, Jawa Timur. Kecantikan pemandangan pantai yang terletak di pesisir selatan Jawa ini memang mengagumkan sehingga makin banyak saja wisatawan yang berwisata ke Pantai Papuma.

Keindahan Pantai Papuma nampak jelas dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih dengan beberapa batu karang besar menghiasi di sekitar tepi dan tengah laut. Selain itu, Anda juga dapat menikmati suasana matahari terbenam nan eksotis di Pantai Papuma saat menjelang senja.


Foto IG : @amalurrijal

Lokasi Pantai Papuma

Lokasi Pantai Papuma berada di Desa Lojejer, Kec Wuluhan, Kab Jember. Lokasinya cukup mudah dijangkau hanya saja akses jalannya memang masih kurang memadai. Anda dapat menuju Pantai Papuma menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

  • Nama Obyek Wisata: Pantai Papuma Jember
  • Lokasi: Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur
  • Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 7.000

Peta Pantai Papuma Jember

Untuk memudahkan wisatawan menemukan lokasi Pantai Papuma Jember, berikut ini kami berikan gambar petanya untuk Anda.

Jalan Menuju Pantai Papuma

Jarak tempuh Pantai Papuma dari pusat kota Jember sekitar 45 kilometer dengan lama perjalanan kurang lebih 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga dapat menuju ke Pantai Papuma menggunakan transportasi umum seperti ojek, taksi, ataupun mobil sewaan.

Bila ingin menuju ke Pantai Papuma menggunakan kendaraan pribadi, pengemudi harus sudah berpengalaman karena akses jalannya memang agak sulit. Jalan menuju Pantai Papuma banyak terdapat tikungan, dan naik-turun bukit yang cukup curam.

sumber : https://aengaeng.com

Sebagai acuan rute menuju Pantai Papuma, Anda harus terlebih dahulu menuju kota Ambulu, terus lurus hingga melihat bukit besar yang terdapat tanda petunjuk arah menuju Pantai Papuma, tidak jauh lagi Anda akan segera tiba di Pantai Papuma.

Sebelum berangkat menuju ke Pantai Papuma, persiapkan dulu sarana transportasi apa yang hendak Anda gunakan sehingga wisata Anda ke pantai ini akan menjadi lebih menyenangkan.

Tiket Masuk Pantai Papuma

Harga tiket masuk ke Pantai Papuma sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 7.000 pada hari biasa, dan Rp 15.000 pada hari libur.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 1.000 untuk sepeda motor, dan Rp 6.000 untuk mobil dan sejenisnya.

Pantai Papuma menawarkan suasana yang romantis, cocok bagi pasangan yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati pemandangan indah alam pantai nan asri.

Tak hanya bagi para pasangan saja, Pantai Papuma juga menjadi tempat yang asik untuk Anda menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Hotel di Pantai Papuma Jember

Ambulu Hotel Jember adalah hotel paling dekat dari lokasi Pantai Papuma. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari Pantai Papuma.

Letaknya berada di kota Ambulu dengan akses dekat SPBU dan terminal Bus. Hotel ini menawarkan pelayanan istimewa dengan fasilitas yang unggul sehingga dapat menjamin kenyamanan Anda selama menginap di Hotel Ambulu Jember.

Alamat tepatnya berada di Jalan Manggar No 200, Ambulu, Jember, Jawa Timur. Tarif menginap di tempat ini juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 90 per malamnya.

Selain hotel, di sekitar Pantai Papuma juga ada beberapa penginapan yang dikelola oleh warga sekitar. Biasanya penginapan tersebut berupa homestay, cocok bagi Anda yang berlibur ke Pantai Papuma bersama rombongan ataupun keluarga.

Tarif penginapan yang ditawarkan cukup bervariasi, tergantung fasilitas yang ditawarkan. Sebagai gambaran untuk tarif paling murah penginapan di sekitar Pantai Papuma berkisar Rp 260.000 – Rp 300.000 per malam.

Fasilitas dari penginapan dengan tarif segitu biasanya terdiri dari satu kamar untuk 2 orang, AC, televisi, dan kamar mandi dalam.

Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Pantai Papuma Jember, mungkin akan tercengang dengan keindahan panorama alamnya yang begitu mengagumkan.

Udara di tempat wisata ini sangat sejuk dengan anginnya yang khas alam pantai. Pengunjung yang datang pastinya akan betah berlama-lama di Pantai Papuma Jember.

Wisatawan juga boleh berenang di laut, namun tetap harus memperhatikan batas-batas area yang aman, karena memang ada area yang dilarang untuk mandi bagi wisatawan.

Alam perbukitan yang mengelilingi Pantai Papuma menambah asri suasana di tempat ini. Selain untuk aktivitas wisata, Pantai Papuma juga cocok untuk dijadikan lokasi berkemah dan juga outbond.

Nah, tunggu apalagi. Segera jadwalkan liburan Anda bersama teman atau keluarga ke Pantai Papuma.