Pantai Ngobaran  – termasuk dalam gugusan wisata pantai di kawasan pesisir Kabupaten Gunungkidul. Ketika laut surut, wisatawan dapat berjalan-jalan menyusuri pantai melewati karang-karang yang ditumbuhi rumput laut dan ganggang laut.

Di pagi hari, banyak nelayan yang mencari rumput laut di tempat ini. Sejumlah ikan juga cukup menggoda untuk ditangkap karena terjebak di antara cekungan karang. Pemandangan indah Pantai Ngobaran bisa Anda nikmati dari atas bukit yang ada di lokasi.

Suasananya masih alami dan bersih dari sampah, sehingga pengunjung yang datang pun akan betah untuk berada di sini.

pantai ngobaran image by https://www.ragamtempatwisata.com

Suasana mistis juga akan menyambut Anda setibanya di Pantai Ngobaran. Bau menyan dan wewangian samar-samar tercium. Di kawasan wisata ini memang banyak bangunan yang biasa digunakan untuk peribadatan, atau bersemedi oleh umat Hindu.

Sejarah Pantai Ngobaran

Bagian sejarah kerajaan Majapahit ada di Pantai Ngobaran. Pantai ini menjadi titik akhir perjalanan kerajaan Majapahit yang sempat berjaya di seluruh Nusantara.

Lemahnya sistem pemerintahan dan pesatnya perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Pesisir Utara Jawa pada abad ke-15 menjadi akhir dari kerajaan Majapahit yang dahulu berpusat di Trowulan, Jawa Timur.

Di atas tebing tampak sebuah bangunan pura kejawen yang mungkin akan mengingatkan Anda pada Pura Ulu Watu yang ada di Pulau Bali.

Bisa dikatakan, Pantai Ngobaran menjadi satu-satunya pantai yang banyak terdapat pura. Di tepian laut kawasan Pantai Ngobaran, memang banyak terdapat pura meskipun beberapa bangunan belum selesai pengerjaannya.

pantai ngobaran image by www.pegipegi.com

Di sebelah pura kejawen, ada sebuah bukit karang yang agak tinggi. Anda bisa naik ke bukit untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Ngobaran dari atas bukit tersebut. Pantai-pantai lain yang terdekat pun akan terlihat dari sana.

Di atas bukit terdapat bangunan yang suasananya agak tertutup. Hanya orang-orang tertentu yang ingin melakukan peribadatan saja yang boleh masuk.

Berjalan menuruni bukit sekaligus menyusuri dinding tebing karang yang cukup tinggi Anda akan merasakan kembali suasana mistis di Pantai Ngobaran.

Terdapat sebuah petilasan bernama Petilasan Wono Pantai Ngobaran yang letaknya di ujung jalan bukit tersebut. Petilasan berupa tanah lapang berukuran sekitar 4×2 meter ini di jaga oleh seorang juru kunci. Anda juga akan melihat beberapa sesaji di bagian tepinya.

Selain menjadi tempat wisata, Pantai Ngobaran juga menjadi tempat peribadatan umat Hindu yang cukup sakral. Wisatawan juga harus berhati-hati dalam berperilaku di tempat ini. Banyak pura di sekitar lokasi yang tidak boleh sembarang dimasuki karena menjadi tempat peribadatan yang sakral.

Hal unik lainnya di Pantai Ngobaran ialah upacara Melasti yang biasanya diselenggarakan setahun sekali sebagai perayaan umat Hindu di Pantai Ngobaran. Keunikan ini pula yang membuat iklim wisata di pantai ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Lokasi Pantai Ngobaran

Lokasi Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai Ngobaran menjadi saksi sejarah akhir dari kejayaan Majapahit di bumi Nusantara.

Pantai Ngobaran termasuk dalam paket wisata yang terdiri dari tiga pantai yang lokasinya berdekatan, yaitu Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, dan Pantai Ngrenehan. Artinya, Anda hanya perlu membayar satu kali tiket masuk untuk dapat menikmati wisata di ketiga pantai tersebut. Wah, kita jadi bisa liburan dengan lebih hemat nih di kawasan pantai ini?

Rute Pantai Ngobaran

Lokasi Pantai Ngobaran yang terletak di sebelah barat kota Wonosari membuat rute menuju ke tempat ini agak berbeda dengan rute menuju ke kawasan pantai-pantai lainnya di pesisir Gunungkidul seperti Pantai Baron, Kukup, ataupun Pantai Krakal.

Rute termudah untuk dilalui ke Pantai Ngobaran adalah melewati Hutan Pendidikan Wanagama, lalu belok kanan menyusuri jalur menuju ke Kawasan Suaka Margasatwa Paliyan.

Perjalanan diteruskan menuju jalan baru yang menghubungkan Pantai Parangtritis dengan Pantai Baron, lalu Anda cukup mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke Pantai Ngobaran. Rutenya sangat mudah dilalui, banyak petunjuk arah yang disediakan khusus bagi wisatawan.

Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wisata Pantai Ngobaran satu paket dengan dua wisata pantai lainnya yang berdampingan, yaitu Pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan.

Bagi pengunjung yang ingin ke Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan, dan pantai Ngrenehan cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang.

Sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, biasanya akan dikenai biaya parkir. Namun, tidak ada tarif resmi untuk biaya parkir tersebut, umumnya sekitar Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.