Pantai Nampu  – menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Wonogiri dan menarik untuk dikunjungi. Pasir pantainya yang putih, dihiasi dengan karang-karang yang indah membuat Pantai Nampu berpotensi besar untuk menjadi wisata alam yang populer di kalangan wisatawan.

Lokasi Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu atau Pantai Nampu Paranggupito Wonogiri ini adalah wisata pantai yang berlokasi di Dsn Dringo, Ds Gunturharjo, Kec Paranggupito, Kab Wonogiri, Jawa Tengah. Dari pusat kecamatan Paranggupito jaraknya sekitar 15 kilometer. Pantai Nampu masih belum banyak dikenal oleh wisatawan dikarenakan akses transportasi menuju ke lokasi yang masih agak sulit.

Bahkan, sampai sekarang belum tersedia angkutan umum yang melewati Pantai Nampu sehingga bagi wisatawan yang ingin menuju ke lokasi disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

pantai nampu mage by https://backpackerjakarta.com

Rute Pantai Nampu dari Solo

Bagi Anda yang ingin menuju ke Pantai Nampu dari arah kota Solo, rute yang dapat ditempuh ialah menuju ke Kabupaten Wonogiri terlebih dahulu. Selanjutnya ada dua alternatif rute perjalanan untuk sampai ke Kecamatan Paranggupito, yaitu melalui jalur Pracimantoro, atau Jalur Baturetno.

Nantinya, di perempatan Giribelah kedua jalur tersebut akan bertemu, dan Anda dapat menerukan perjalanan menuju ke selatan. Jarak Pantai Nampu dari perempatan Giribelah masih sekitar 25 kilometer lagi. Anda cukup mengikuti jalan tersebut terus hingga sampai ke lokasi wisata Pantai Nampu.

Jadi, alur rutenya secara singkat adalah sebagai berikut:

Dari arah kota Solo ke Wonogiri, terus ke Baturetno, Giriwoyo, Girintontro, Giribelah, Paranggupito, Gunturharjo, Dringo, hingga tiba di Pantai Nampu.

Rute Pantai Nampu dari Sukoharjo

Rute ke Pantai Nampu dari Sukoharjo, kurang lebih hampir sama. Acuannya sama saja yaitu pusat kota Wonogiri, lalu melalui Baturetno, Giriwoyo, Paranggupito, terus hingga ke Desa Gunturharjo, Dringo, dan sampai di Pantai Nampu.

Jarak dari Sukoharjo ke Pantai Nampu sekitar 85 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan.

Pantai yang masih sangat asri ini merupakan alternatif wisata yang tepat bagi Anda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan. Akses jalan menuju ke Pantai Nampu memang agak sulit, Anda akan menemui banyak jalan bergelombang, tanjakan dan tikungan tajam sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke lokasi dan menikmati pesona keindahan Pantai Nampu Wonogiri diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Pantai Nampu memang belum secara resmi menjadi obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah, sehingga pengelolaannya masih dilakukan oleh masyarakat setempat. Itulah sebabnya harga tiket masuk ke wisata ini masih relatif murah.

Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang tersedia. Meskipun harga tiket masuknya tergolong murah, fasilitas yang tersedia sudah lumayan memadai.

Keindahan Alam Pantai Nampu

Berbicara mengenai keindahan pemandangan alam di Pantai Nampu, terdapat tebing batu di masing-masing sisi pantai yang nampak seperti sebuah corong. Adanya tebing batu ini semakin menguatkan nuansa keheningan dan kesunyian bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nampu.

Suasana yang masih sepi dan asri membuat Anda dapat melakukan banyak aktivitas di sini. Waktu liburan Anda bersama keluarga akan semakin berkesan dengan suguhan pemandangan alam Pantai Nampu yang elok dengan hamparan pasir putih dan garis pantainya yang panjang.

pantai nampu image by http://www.panorlens.com

Dari area parkir menuju bibir pantai, Anda masih harus berjalan menuruni bukit melalui berpuluh-puluh anak tangga. Namun, rasa lelah dan penat selama perjalanan akan segera terobati ketika Anda sampai di bibir pantai.

Sejumlah aktivitas wisata bisa Anda lakukan di Pantai Nampu, mulai dari bermain pasir putih yang lembut, bermain air, mencari hewan-hewan kecil di pinggir pantai, hingga berselfie atau berfoto bersama keluarga.

Di sekitar lokasi pantai juga terdapat warung-warung kecil yang menjual aneka minuman dan makanan ringan. Saat hari biasa, hanya sedikit saja penjual yang ada di sini. Tapi ketika hari libur tiba, kondisi pantai akan cukup ramai sehingga ada lebih banyak penjual yang menjajakan makanan-minuman di sekitar Pantai Nampu.