Pantai Losari – Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Makassar tanpa singgah di Pantai Losari yang terkenal. Pantai yang sangat terkenal dan menjadi ikon kota Makassar ini merupakan sarana wisata yang ramai dikunjungi oleh warga Makassar maupun wisatawan dari luar daerah.

Sejarah Pantai Losari

Siapapun yang pernah berkunjung ke Pantai Losari pasti terkesan dengan deru ombak dan angin laut di tempat ini. Posisinya yang lepas menghadap ke arah barat, menjadikan Pantai Losari adalah tempat terbaik di Makassar untuk menyaksikan matahari terbenam.


Itulah sebabnya, sejak zaman dahulu Pantai Losari menjadi tempat favorit bagi kalangan bangsawan dan orang-orang Belanda untuk bersantai dan mencari hiburan. Mereka juga yang membangun pantai ini di awal abad 20-an sebagai tempat untuk berwisata dan bersantai.

Pantai Losari berlokasi di dekat Benteng Rotterdam, jalan di depannya dahulu bernama Jalan Boulevard, kemudian berganti nama menjadi Jalan Pasar Ikan dan sekarang lebih dikenal dengan sebutan Jalan Penghibur.

Ketika awal dibuka, terdapat banyak pedagang yang berjualan aneka jenis makanan di sepanjang Pantai Losari. Tempat ini sekaligus menjadi lokasi favorit bagi masyarakat umum untuk memancing ikan dan menikmati suasana pantai yang indah.

Meski belum ada yang dapat memastikan asal kata ataupun arti nama Losari, ada kemungkinan asal kata Losari merupakan serapan dari bahasa Italia atau Latin yang disebut “Rosario”.

Rosario merupakan tradisi menggunakan kalung salib yang biasa dilakukan oleh penganut Katolik Roma. Hal ini bisa dimungkinkan karena dulunya Pantai Losari dibangun oleh orang-orang Belanda yang banyak beragama Katolik.

Posisinya yang berada tepat di depan gereja Katolik pertama di Makassar juga menjadi kemungkinan besar dari cikal-bakal penamaan Pantai Losari yang berasal dari serapan kata Rosario.Namun, memang hingga saat ini belum ada yang dapat memastikan arti kata Losari, dan sejak kapan pantai yang berada di sebelah barat kota Makassar ini dinamakan dengan Pantai Losari.

Bahkan, ada pula yang mengatakan kalau Pantai Losari berasal dari serapan bahasa Jawa, yaitu Los dan Ari. Los artinya toko atau tempat jual beli yang terdiri dari toko-toko.

Sedangkan Ari artinya pelindung dan penyuplai. Tetapi bila dua suku kata tersebut dirangkai dan dikaitkan dengan bahasa Jawa, artinya memang kurang masuk akal. Dan lagi, apa hubungannya orang Makassar memberikan nama untuk daerahnya menggunakan bahasa Jawa?

Lanjut klik angka “2” di bawah ini untuk melihat keindahan pantai losari yang begitu eksotis dan romantis dinikmati bersama pasangan.