Pantai Kondang Merak merupakan salah satu pantai dengan ombak yang landai di pesisir selatan Jawa. Ada banyak daya tarik wisata di tempat ini sehingga membuat Pantai Kondang Merak selalu ramai dikunjungi wisatawan.


Lokasi Pantai Kondang Merak

  • Nama Tempat Wisata: Pantai Kondang Merak
  • Alamat: Desa Sumberbening, Kec Bantur, Kab Malang, Prov Jawa Timur
  • Tiket Masuk: Rp 5.000 (weekday) dan Rp 10.000 (weekend)
  • Jam Operasional: 24 jam setiap hari.

Pantai Kondang Merak terletak di pesisir selatan Pulau Jawa dan langsung menghadap ke Samudera Hindia. Sementara lokasi Pantai Kondang Merak secara administratif berada di Desa Sumberbening, Kec Bantur, Malang, Jawa Timur.

https://jonosbrothers.wordpress.com/lokasi-wisata/pantai-kondang-merak/

Bila Anda pernah berkunjung ke Pantai Balekambang, lokasinya tidak jauh dari Pantai Kondang Merak yaitu sekitar 4 kilometer.

Lokasi Pantai Kondang Merak juga tidak begitu jauh dari obyek wisata pantai terkenal lainnya di Jawa Timur, seperti Pantai Bajul, dan Pantai Selok.

Hal menarik di Pantai Kondang Merak ialah adanya jejeran batu karang yang menjulang tinggi di sekitar perairan pantainya, menyajikan pemandangan alam yang indah nan eksotis di tempat ini.

Mayoritas pantai di pesisir selatan Pulau Jawa berombak besar dan ganas, namun tidak demikian di Pantai Kondang Merak. Ombak di pantai ini cenderung landai dan aman bagi wisatawan yang ingin bermain air ataupun berenang.

Pasir putih nan halus terhampar di pantai seluas 800 meter ini. Dihiasi sejumlah bebatuan berlumut, karang, spons, dan kerang-kerang di sekitar pantainya.

Pengunjung dapat menemukan banyak biota laut di sela-sela karang sekitar pantai, mulai dari ikan-ikan kecil, kerang, gurita kecil, hingga kepiting membuat aktivitas wisata Anda akan semakin seru saat berada di Pantai Kondang Merak.

Rute Pantai Kondang Merak

Jalan menuju Pantai Kondang Merak sama dengan rute ke Pantai Balekambang. Hanya saja bila dari arah pusat kota Malang, Pantai Balekambang jaraknya lebih dekat dibandingkan Pantai Kondang Merak.

Bila wisatawan datang dari arah pusat kota Malang, rute ke Pantai Kondang Merak harus melalui Kepanjen dan Pagak terlebih dahulu. Kemudian barulah sampai di Kecamatan Bantur, dan lokasi Pantai Kondang Merak sudah tidak begitu jauh dari sini.

Rute lainnya juga dapat ditempuh dari arah Terminal Arjosari. Jika lewat jalur ini, wisatawan akan melewati Turen dan Gondang sebelum sampai di Kecamatan Bantur dan daerah Kondang Merak.

Sampai di Kecamatan Bantur, Anda akan menjumpai pertigaan dimana untuk menuju Pantai Kondang Merak, ambillah jalan lurus. Sedangkan jika Anda belok kiri akan menuju ke Pantai Bajul Mati.

Di sepanjang jalur ini banyak terdapat papan petunjuk arah menuju Pantai Kondang Merak, wisatawan tidak perlu khawatir atau takut tersesat.

Dari pertigaan di Kecamatan Bantur jalan yang akan dilalui agak cukup sulit. Jalurnya sempit dengan kondisi jalan berbatu dan tidak rata. Di kanan-kiri jalan juga banyak terdapat pepohonan besar dan semak belukar yang lebat.

Tiket Masuk Pantai Kondang Merak

Harga tiket masuk ke Pantai Kondang Merak relatif terjangkau. Pengunjung hanya akan dikenai tarif sebesar Rp 5.000 pada hari biasa (weekday), dan Rp 10.000 pada di akhir pekan atau hari libur (weekend).

Selain biaya tiket masuk, pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Berbagai aktivitas wisata dapat Anda lakukan di Pantai Kondang Merak, mulai dari berenang, snorkeling, scuba diving, berfoto, atau sekadar santai menikmati pemandangan alam pantai.

https://jonosbrothers.wordpress.com/lokasi-wisata/pantai-kondang-merak/

Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar perairan Pantai Kondang Merak.

Anda yang senang camping dan ingin menikmati suasana malam di alam terbuka juga dapat berkemah di sekitar area pantai.

Penginapan Pantai Kondang Merak

Ada banyak pilihan penginapan di sekitar Pantai Kondang Merak, mulai dari hotel, resort, villa, hingga homestay, semua tersedia di dekat tempat ini.

Kisaran harga penginapan di Pantai Kondang Merak cukup bervariasi, mulai dari yang paling murah Rp 100.000 atau yang paling mahal sampai di atas Rp 1.000.000 per malam.

Sambil berlibur ke Pantai Kondang Merak, Anda juga bisa berwisata belanja di pusat kota Malang. Ada banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk Anda berburu oleh-oleh maupun kuliner khas kota Malang.

Selamat berlibur!