Pantai Klayar Pacitan– memang tak setenar Goa Gong dan Pantai Teleng Ria. Namun wisata pantai yang satu ini memiliki kesan tersendiri bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya.

Suasana yang masih sepi dan alami, hamparan pasir putih agak kecokelatan yang cantik, serta karang-karang kokoh yang menjorok ke laut, menyajikan keindahan alam yang mempesona di Pantai Klayar.

Bisa dikatakann bahwa di lokasi wisata pantai ini, begitu masih terjaga keasriannya dan belum terkontaminasi dengan berbagai macam sampah yang seringkali merusak pemandangan dan ekosistem di sekitarnya.

Keindahan Pantai Klayar

Keindahan Pantai Klayar yang menakjubkan, membuat pantai ini menjadi salah satu wisata andalan yang ada di Kabupaten Pacitan. Anda mungkin tidak akan pernah menemukan tempat dengan keindahan yang mengagumkan selain dari keindahan yang ada di Pantai Klayar.

Berbagai keunikan juga bisa pengunjung saksikan di Pantai Klayar ini mulai dari batu karang raksasa yang berbentuk seperti Sphinx, air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter, hingga bebatuan dengan bentuk yang unik di antara hamparan pasir putih yang luas.

Ombak di Pantai Klayar tergolong cukup besar, wisatawan harus berhati-hati bila ingin menikmati deburan ombak atau berenang di tempat ini.

Selain bermain pasir, berenang, dan berfoto-foto, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pantai Klayar dari atas gardu pandang yang telah disediakan di tempat ini.

Rute Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kec Donorejo, Kab Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Aksesnya pun sebenarnya cukup mudah, namun sayangnya ada sejumlah jalan yang masih agak rusak sehingga waktu tempunya menjadi lebih lama.

Rute ke Pantai Klayar sangat mudah, Anda dapat melewati kota Wonosari di Gunungkidul bila datang dari arah Yogyakarta. Terus ke timur melewati Pracimantoro dan Giribelah.

Selanjutnya bila telah melewati daerah Punung, tidak jauh akan ada papan nama Pantai Klayar di sebelah kanan jalan. Selanjutnya Anda cukup mengikuti arah papan petunjuk jalan menuju ke Pantai Klayar.

Pantai Klayar Pacitan Google Map

Jalan Menuju Pantai Klayar Pacitan

Bila Anda datang dari arah kota Solo, dapat langsung menuju daerah Pracimantoro.

Lurus terus sampai melewati daerah Giribelah, kemudian belok ke kanan sampai di daerah Kalak. Selanjutnya cukup ikuti rute atau papan petunjuk arah hingga sampai ke Pantai Klayar.

Lokasi Pantai Klayar sangat strategis dan dapat diakses dari berbagai kota. Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin menuju ke Pantai Klayar dapat melalui sejumlah rute paling mudah yang akan kami berikan berikut ini:

1. Rute Pantai Klayar dari Ponorogo

Bila Anda datang dari arah Ponorogo, rute yang dapat ditempuh yaitu dengan melintasi jalur Slahung, Gemaharjo, Arjosari, hingga memasuki ke Kabupaten Pacitan. Kemudian melewati daerah Punung, Goa Gong, dan sampai di lokasi Pantai Klayar.

Jarak tempuh dari Ponorogo ke Pantai Klayar sekitar 110 kilometer dengan lama perjalanan dengan berkendara sekitar 3 jam.

2. Rute Pantai Klayar dari Wonogiri

Jarak dari Wonogiri ke Pantai Klayar sekitar 66 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 49 menit menggunakan kendaraan. Rute yang dapat ditempuh adalah melewati Baturetno, melewati Donorojo, Punung, Goa Gong, hingga tiba di lokasi Pantai Klayar.

3. Rute Pantai Klayar dari Sidoarjo

Sementara bagi wisatawan yang datang dari arah Sidoarjo harus menempuh jarak sekitar 293 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 7 jam 30 menit menggunakan kendaraan.

Rute Pantai Klayar dari Sidoarjo yang dapat dilalui antara lain melintasi Mojokerto, Madiun, Ponorogo, Slahung, Gemaharjo, Arjosari, sampai memasuki Kabupaten Pacitan.

Dari pusat kota Pacitan Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Punung, dan melewati Goa Gong hingga tiba di Pantai Klayar.

4. Rute Pantai Klayar dari Solo

Jarak Pantai Klayar dari Solo sekitar 100 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh perjalanan menggunakan kendaraan 2 jam 41 menit.

Rute Pantai Klayar dari Solo yaitu dengan melewati Pracimantoro. Sampai di pertigaan Giribelah, lalu belok kanan terus hingga tiba di perempatan Kalak.

Ikuti rambu petunjuk yang mengarah ke Pantai Klayar, dari perempatan Kalak Anda masih harus berkendara sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Klayar.

Lanjut klik angka “2” di bawah ini untuk melihat berapa sih harga penginapan di pantai klayar ini? untuk memastikan kroscek anda pas saat menginap di lokasi wisata ini 🙂