Pantai Klayar Pacitan– memang tak setenar Goa Gong dan Pantai Teleng Ria. Namun wisata pantai yang satu ini memiliki kesan tersendiri bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya.Suasana yang masih sepi dan alami, hamparan pasir putih agak kecokelatan yang cantik, serta karang-karang kokoh yang menjorok ke laut, menyajikan keindahan alam yang mempesona di Pantai Klayar.


Bisa dikatakann bahwa di lokasi wisata pantai ini, begitu masih terjaga keasriannya dan belum terkontaminasi dengan berbagai macam sampah yang seringkali merusak pemandangan dan ekosistem di sekitarnya.Pantai Klayar yang memiliki pesona keindahan sekaligus menyimpan berbagai hal unik seperti seruling samudera, patung sphinx, dan mitos sumur tersembunyi. Sejarah dan asal usul pantai Klayar Pacitan bisa disimak dari penjelasan singkat berikut ini.

Pantai klayar berada di sebelah barat Kota Pacitan dengan jarak sekitar 35 km dari pusat kota. Rute ke Pantai Klayar boleh dikatakan sulit sebab mesti melalui jalanan berupa tanjakan dan turunan dengan tikungan berkelok-kelok sehingga wisatawan yang membawa kendaraan pribadi mesti ekstra hati-hati. Sulitnya medan yang dilalui segera terbayarkan saat sampai di lokasi dan mendapat suguhan panorama pantai nan eksotis dihiasi suara hempasan ombak yang cukup kuat.

Sejarah dan Asal Usul Pantai Klayar

Pantai Klayar masuk dalam otoritas Kabupaten Pacitan Jawa Timur dan berbatasan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Pantai dengan pasir putihnya dan lambaian pohon kelapa ini dipagari dengan perbukitan yang menjulang. Dinamakan Pantai Klayar sebab konon ada sebuah perahu yang karena dihempas ombak yang besar maka terdampar di pantai ini. Terdampar yang dalam bahasa Jawa disebut glayar yang kemudian dinamakan Klayar. Akan tetapi ada pula yang mempercayai apabila nama Klayar berasal dari kata bahasa Jawa klayar-kluyur yang artinya berjalan-jalan.

Fenomena dan mitos Pantai Klayar

Ada hal berbau menyeramkan di Pantai Klayar dibalik tebing batu yang menjulang tinggi sehingga sangat berbahaya bagi para pengunjung. Para pengunjung dilarang keras berada di tempat tersebut tanpa disertai penjaga pantai. Pertama adalah seruling samudera. Bukan seruling sebenarnya namun hanya sebuah celah di bebatuan karang yang bisa menyemburkan air laut sangat tinggi dengan suara yang menyerupai seruling yang ditiup.

Saat pas untuk menyaksikan sendiri fenomena ini yaitu selagi air laut mulai pasang yaitu jam 9 pagi dan jam 4 sore. Ketika itu air laut menyemprot dari lubang kecil saat ombak menghempas bebatuan karang. Air laut yang menyembur itu pun saat terkena cahaya matahari akan menampilkan warna-warni bak pelangi. Ketinggian semburan air dapat mencapai 15 meter.

Pengunjung hanya diperbolehkan melihat fenomena ini dari tempat jauh karena berbahayanya ombak yang menghempas tadi. Pantai Klayar pun memiliki tebing batu setinggi 9 meter yang bila diperhatikan dengan seksama ternyata mirip dengan patung Sphinx yang ada di negara Mesir. Tidak dipahat namun tercipta secara alami lantaran tergerus deburan ombak setiap saat selama ribuan tahun. Terakhir adalah tiga lubang air yang dinamakan sumur oleh penduduk setempat.

Ketigannya berada diantara celah batu karang di balik tebing dekat dengan lubang seruling samudera. Mitosnya air sumur tersebut memiliki beberapa khasiat diantaranya memberikan aura kebaikan bagi mereka yang membasuh muka dengan air tersebut. pertama dan terbesar adalah sumur yang dahulu digunakan untuk memandikan dan mengobati kuda yang berlomba.

Keindahan Pantai Klayar

Keindahan Pantai Klayar yang menakjubkan, membuat pantai ini menjadi salah satu wisata andalan yang ada di Kabupaten Pacitan. Anda mungkin tidak akan pernah menemukan tempat dengan keindahan yang mengagumkan selain dari keindahan yang ada di Pantai Klayar.

Berbagai keunikan juga bisa pengunjung saksikan di Pantai Klayar ini mulai dari batu karang raksasa yang berbentuk seperti Sphinx, air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter, hingga bebatuan dengan bentuk yang unik di antara hamparan pasir putih yang luas.

Ombak di Pantai Klayar tergolong cukup besar, wisatawan harus berhati-hati bila ingin menikmati deburan ombak atau berenang di tempat ini.

Selain bermain pasir, berenang, dan berfoto-foto, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pantai Klayar dari atas gardu pandang yang telah disediakan di tempat ini.

Wahana Pantai Kalayar Pacitan

Tak hanya disuguhi pesona keindahan pantai khas laut selatan dan berbagai fenomena alam yang mengagumkan, di pantai Klayar pun mulai ditawarkan beberapa wahana atau aktifitas permainan yang menyenangkan. Pertama yang cukup menarik adalah penyewaan kendaraan ATV (all terrain vehicle) beroda empat dengan tarif yang cukup terjangkau.

Untuk sekali jalan pulang-pergi menyusuri pantai sepanjang tiga km setiap penumpang hanya diharuskan membayar Rp.25 ribu. Kendaraan ini hanya bisa mengangkut 2 penumpang selain sang pengemudi. Wisatawan pun boleh menyewa ATV untuk dikendarai sendiri dengan tarif Rp.150 ribu untuk satu jam.

Kegiatan lain yang juga asyik untuk dilakukan misalnya berfoto-foto mengambil background samudra membiru dan juga tebing berukir patung Sphinx, bersantai di bawah Gazebo kayu, atau mendaki bukit di tepi pantai.

Rute Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kec Donorejo, Kab Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Aksesnya pun sebenarnya cukup mudah, namun sayangnya ada sejumlah jalan yang masih agak rusak sehingga waktu tempunya menjadi lebih lama.

Rute ke Pantai Klayar sangat mudah, Anda dapat melewati kota Wonosari di Gunungkidul bila datang dari arah Yogyakarta. Terus ke timur melewati Pracimantoro dan Giribelah.

Selanjutnya bila telah melewati daerah Punung, tidak jauh akan ada papan nama Pantai Klayar di sebelah kanan jalan. Selanjutnya Anda cukup mengikuti arah papan petunjuk jalan menuju ke Pantai Klayar.

Pantai Klayar Pacitan Google Map

Jalan Menuju Pantai Klayar Pacitan

Bila Anda datang dari arah kota Solo, dapat langsung menuju daerah Pracimantoro.

Lurus terus sampai melewati daerah Giribelah, kemudian belok ke kanan sampai di daerah Kalak. Selanjutnya cukup ikuti rute atau papan petunjuk arah hingga sampai ke Pantai Klayar.

Lokasi Pantai Klayar sangat strategis dan dapat diakses dari berbagai kota. Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin menuju ke Pantai Klayar dapat melalui sejumlah rute paling mudah yang akan kami berikan berikut ini:

1. Rute Pantai Klayar dari Ponorogo

Bila Anda datang dari arah Ponorogo, rute yang dapat ditempuh yaitu dengan melintasi jalur Slahung, Gemaharjo, Arjosari, hingga memasuki ke Kabupaten Pacitan. Kemudian melewati daerah Punung, Goa Gong, dan sampai di lokasi Pantai Klayar.

Jarak tempuh dari Ponorogo ke Pantai Klayar sekitar 110 kilometer dengan lama perjalanan dengan berkendara sekitar 3 jam.

2. Rute Pantai Klayar dari Wonogiri

Jarak dari Wonogiri ke Pantai Klayar sekitar 66 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 49 menit menggunakan kendaraan. Rute yang dapat ditempuh adalah melewati Baturetno, melewati Donorojo, Punung, Goa Gong, hingga tiba di lokasi Pantai Klayar.

3. Rute Pantai Klayar dari Sidoarjo

Sementara bagi wisatawan yang datang dari arah Sidoarjo harus menempuh jarak sekitar 293 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 7 jam 30 menit menggunakan kendaraan.

Rute Pantai Klayar dari Sidoarjo yang dapat dilalui antara lain melintasi Mojokerto, Madiun, Ponorogo, Slahung, Gemaharjo, Arjosari, sampai memasuki Kabupaten Pacitan.

Dari pusat kota Pacitan Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Punung, dan melewati Goa Gong hingga tiba di Pantai Klayar.

4. Rute Pantai Klayar dari Solo

Jarak Pantai Klayar dari Solo sekitar 100 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh perjalanan menggunakan kendaraan 2 jam 41 menit.

Rute Pantai Klayar dari Solo yaitu dengan melewati Pracimantoro. Sampai di pertigaan Giribelah, lalu belok kanan terus hingga tiba di perempatan Kalak.

Ikuti rambu petunjuk yang mengarah ke Pantai Klayar, dari perempatan Kalak Anda masih harus berkendara sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Klayar.

Lanjut klik angka “2” di bawah ini untuk melihat berapa sih harga penginapan di pantai klayar ini? untuk memastikan kroscek anda pas saat menginap di lokasi wisata ini 🙂