Pantai Kartini merupakan destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Jepara. Dengan luas area sekitar 3,5 hektar, Pantai Kartini memiliki suguhan pemandangan indah pasir putih dan ombaknya yang landai sehingga cocok menjadi tempat rekreasi untuk Anda dan keluarga.

Letak Pantai Kartini Jepara

Letak Pantai Kartini berada di Desa Bulu, Kec Jepara, Kab Jepara, Prov Jawa Tengah. Anda yang sedang berlibur di kota Jepara wajib mampir ke sini karena menjadi salah satu obyek wisata andalan di Jepara.

Letak Pantai Kartini Jepara sangat strategis, jaraknya dari Kantor Bupati hanya sekitar 2,5 kilometer ke arah barat dan cukup dekat dari terminal induk Kota Jepara.

Wisatawan tidak akan kesulitan menuju ke Pantai Kartini, aksesnya dapat ditempuh menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Wisatawan dapat bersantai menikmati indahnya pemandangan Pantai Kartini yang memukau dengan memanfaatkan deretan pendopo yang terdapat di sekitar lokasi.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari berjalan menyusuri pantai, berenang, bermain pasir putih di Pantai Kartini, dan banyak lagi.

Rute ke Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini berlokasi sangat strategis dan dekat dari pusat kota Jepara. Rute ke Pantai Kartini Jepara bisa Anda tempuh dari arah kota Semarang dengan melintasi kota Demak menuju ke kota Jepara.

Rute ini bisa dengan mudah Anda tempuh menggunakan sepeda motor, mobil pribadi maupun angkutan umum.

Setibanya di kota Jepara, Anda tidak perlu bingung mencari lokasi Pantai Kartini karena banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke sana. Jaraknya cukup dekat, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 2,5 kilometer.

Setibanya di area wisata Pantai Kartini Anda akan menjumpai dua gerbang masuk. Gerbang pertama menuju dermaga Pantai Kartini yang menjadi akses penyeberangan menuju Pulau Karimun Jawa. Sedangkan gerbang kedua menuju lokasi wisata Pantai Kartini.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini

Wisatawan yang ingin masuk ke kawasan wisata harus membayar harga tiket masuk Pantai Kartini sebesar Rp 5.000 per orang.

Ada tambahan biaya parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dengan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 12.500 untuk bus pariwisata.

Tarif tersebut tentunya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola dan pemerintah daerah setempat.

Kura-kura Ocean Park Pantai Kartini Jepara

Di Pantai Kartini Jepara wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama alamnya saja tapi juga terdapat sejumlah wahana hiburan dan pendidikan.

Beberapa wahana yang tersedia di Pantai Kartini antara lain Kura-kura Ocean Park, wahana permainan anak, kereta mini, catur raksasa, tugu kartini, panggung hiburan, kolam kecek, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga terdapat wahana lain seperti wave house, bianglala, rumah bajak laut, kapal pesiar mini, dan mini bumper boat yang akan menambah keasikan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Kartini.

Kura-kura Ocean Park adalah wahana paling terkenal dan favorit wisatawan yang datang ke Pantai Kartini. Harga tiket masuk Kura-kura Ocean Park Pantai Kartini sebesar Rp 17.500 per orang.

Wahana Kura-kura Ocean Park ini merupakan sebuah akuarium raksasa berbentuk kura-kura yang dapat menjadi wisata edukasi bagi Anda yang ingin mengenal kehidupan bawah laut Indonesia yang beranekaragam.

Kura-kura Ocean Park merupakan bangunan yang terdiri dari dua lantai. Lantai pertama di bagian depan banyak terdapat stand yang menjual aneka cinderamata khas Jepara.

Sementara lantai pertama bagian dalam terdapat taman laut yang berupa akuarium super besar dengan lorong misteri bawah lautnya yang mengagumkan.

Beragam jenis ikan dan mahluk hidup bawah laut bisa Anda temukan di aquarium ini, mulai dari Hiu, Angel Fish, Pari, Dotty Back, Kakap, Kerapu, Jenaha, Triger, Buntal, penyu, hingga terumbu karang.

Selain sebuah aquarium super besar, Anda juga dapat menjumpai 12 buah aquarium dinding, dan aquarium portable sebanyak 4 buah yang berisi aneka ikan air laut dan tawar dengan ukuran kecil.

Ada pula papan informasi touch screen yang akan membantu Anda dalam mengenal lebih jauh tentang kota Jepara.

Spot menarik lainnya juga ada di lantai 1 bagian dalam Kura-kura Ocean Park Jepara, mulai dari touch pool yang berisi ikan air tawar dan kura-kura, hingga fish spa yaitu sebuah kolam yang berisi ribuan ikan kecil jenis Garra Rufa dari Turki.

Sementara di bangunan lantai 2 Kura-kura Ocean Park Jepara terdapat wahana Taman Sains yang terdiri dari Papan Kreatif, air mancur melayang, kipas angin tanpa baling-baling, peraga sensor tepuk dan sensor gerak, simulator pesawat terbang, dan banyak lagi.

Di lantai ini juga ada pertunjukan IMAX Deep Sea 3D yang menarik, Anda bisa mengenal lebih dalam keanekaragaman mahluk hidup bawah laut dalam tayangan tiga dimensi yang terasa amat nyata.

Itulah sejumlah wahana yang dapat Anda nikmati di Pantai Kartini Jepara. Yuk, segera masukkan Pantai Kartini Jepara dalam daftar rencana liburan Anda selanjutnya yah!